PENINGKATAN KETERAMPILAN GURU MATEMATIKA SMP DALAM PENGELOLAAN DISTANCE LEARNING SEBAGAI PERLUASAN RAGAM PEMBELAJARAN DI KABUPATEN JEMBER
Abstract views: 143DOI:
https://doi.org/10.36456/abadimas.v5.i02.a3976Keywords:
Pandemik Covid-19, Distance learning, MoodleAbstract
Pandemik Covid-19 yang terjadi pada tahun 2020 telah berdampak secara signifikan pada semua bidang, salah satunya bidang pendidikan. Guru tidak lagi bisa melakukan proses pembelajaran secara tatap muka di kelas. Oleh karena itu guru dituntut untuk dapat melakukan proses belajar mengajar secara daring. Pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola distance learning menggunakan Moodle. Rangkaian kegiatan diawali dengan proses instalasi moodle, proses perancangan pembelajaran, pembuatan konten, pembuatan forum interaksi, serta manajemen pengelolaan (desain, fitur, dan lain-lain) serta evaluasi.
Peserta pengabdian kepada masyarakat ini adalah guru Matematika SMP yang tergabung dalam MGMP Matematika wilayah barat Kabupaten Jember sebanyak 30 orang dan semuanya dapat mengikuti pelatihan dari awal sampai akhir. Selain itu, peserta mampu membuat dan mengembangkan e-learning beserta kontennya menggunakan Moodle. Lebih lanjut diperolah peningkatan ketrampilan dan pengetahuan guru dalam mengelola distance learning menggunakan Moodle sebesar 33,09 %.
Downloads
References
Darmawan, A. (2014). Pemilihan Sistem Learning Management System (LMS) Metode AHP Menggunakan Criterium Decision Plus 3.0. Faktor Exacta, 7(3), 260–270.
Depdiknas. (2003). Media Pembelajaran. Jakarta : Depdiknas.
Ellis, R. K. (2009). A Field Guide to Learning Management Systems. USA : American Society for Training and Development (ASTD) Learning Circuits.
Elvanny Myori, D., Hidayat, R., Eliza, F., & Fadli, R. (2019). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Penguasaan Teknologi Informasi dan Komunikasi melalui Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android. JTEV (Jurnal Teknik Elektro Dan Vokasional), 5(2), 102–109.
Farasonalia, R. (2019). Menteri Tenaga Kerja: 23 Juta Pekerja Indonesia Terdampak Otomatisasi di Era Revolusi Industri 4.0. Https://Regional.Kompas.Com/ Read/2019/11/26 /16501841/Menteri-Tenaga-Kerja-23-Juta-Pekerja-Indonesia-Terdampak-Otomatisasi-Di-Era (Diakses 12 Maret 2020).
Jaelani, A., Kuswandari, I., & Alfiniyah, C. (2019). Peningkatan Profesionalitas Guru Dalam Penyusunan Evaluasi Berbasis Thinking Analysis Bagi Guru Matematika. Jurnal Penamas Adi Buana, 3(2), 51–56. https://doi.org/10.36456/penamas.vol3.no2.a2221
Kahfi, A. (2020). Tantangan Dan Harapan Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid 19. Dirasah, 03(2), 137–154.
Kaplan, A. M., & Haenlein, M. (2016). Higher education and the digital revolution: About MOOCs, SPOCs, social media, and the Cookie Monster. Business Horizons, 59(4), 441–450. https://doi.org/10.1016/j.bushor.2016.03.008
Karam, M., Fares, H., & Al-Majeed, S. (2021). Quality assurance framework for the design and delivery of virtual, real-time courses. Information (Switzerland), 12(2), 1–19. https://doi.org/10.3390/info12020093
Makdori, Y. (2020). Nadiem: Wabah Covid-19 Momentum Guru Kembangkan Pembelajaran Jarak Jauh. Https://Www.Liputan6.Com/News/Read/4210349/ Nadiemwabah-Covid-19-Momentum-Guru-Kembangkan-Pembelajaran-Jarak-Jauh, (Diakses 20 April 2020).
Manyika, J., Chui, M., Peter Groves, Farrell, D., Kuiken, S. Van, & Doshi, E. A. (2013). The McKinsey Global Institute. In McKinsey Global Institute.
Nasution, M. K. M. (2005). Penguasaan Sains dan Teknologi. Pengajaran Berbantuan Komputer (PBK), Ilmu Komputer DanTeknologi Informasi, BK-1, May 2005, 1–14.
Yuangga, K. D., & Sunarsi, D. (2020). Pengembangan Media Dan Strategi Pembelajaran Untuk Mengatasi Permasalahan Pembelajaran Jarak Jauh Di Pandemi Covid- 19. Guru Kita, 4(3), 51–58.
Zabolotniaia, M., Cheng, Z., Dorozhkin, E. M., & Lyzhin, A. I. (2020). Use of the LMS Moodle for an effective implementation of an innovative policy in higher educational institutions. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 15(13), 172–189. https://doi.org/10.3991/ijet.v15i13.14945
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Abdulloh Jaelani, Auli Damayanti, Cicik Alfiniyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.