PENDAMPINGAN USAHA PENGEMBANGAN PRODUK KOMODITAS DI DESA TAMBAKSARI PASURUAN MELALUI MEDIA ONLINE

 Abstract views: 69

Authors

  • Hari Minantyo Fakultas Pariwisata . Universitas Ciputra Surabaya
  • Ivana Grasielda
  • Imelda Agustina Ngawi
  • Regina Clara Kuncoro

DOI:

https://doi.org/10.36456/abadimas.v5.i02.a4268

Keywords:

Pengembangan produk komoditas, perencanaan bisnis, media online.

Abstract

Pengembangan produk komoditas menjadi produk olahan merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan. Karena dengan mengolah produk komoditas menjadi produk olahan dapat menambah nilai jual dari produk tersebut. Selain itu, pengolahan produk komoditas menjadi produk olahan juga dapat membantu untuk mengatasi hasil panen berlebih sehingga bisa menghindari terbuangnya hasil komoditas tersebut. Desa Tambaksari merupakan salah satu desa wisata yang menghasilkan kopi, pisang, keladi dan singkong. Kendala yang di alami saat ini adalah kurangnya pengetahuan untuk mengolah produk komoditas, serta strategi yang harus dilakukan untuk memasarkan produk. Pendampingan yang diberikan bertujuan untuk membantu menjawab permasalahan dari masyarakat di Desa Tambaksari. Pada saat pendampingan yang diberikan pengetahuan dan pelatihan mengenai pengolahan produk, strategi memasarkan produk menggunakan media online khususnya Facebook & Tokopedia, pengetahuan mengenai jenis jenis packaging, serta bagaimana jenis packaging yang sesuai dengan persyaratan untuk perizinan PIRT (Pangan Industri Rumah Tangga). Pendampingan ini menggunakan metode FGD (focused group discussions) untuk mengetahui permasalahan masyarakat Desa Tambaksari, dilanjutkan dengan menggunakan metode kuantitatif untuk menganalisa informasi yang telah terkumpul. Hasil pendampingan mendapatkan respon yang sangat baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alwafi, f., & magnadi, r. H. (2016). Pengaruh persepsi keamanan, kemudahan bertransaksi, kepercayaan konsumen terhadap toko, dan pengalaman berbelanja, terhadap minat beli secara online pada situs jual beli tokopedia. Com (doctoral dissertation, fakultas ekonomika dan bisnis).

Riyanto, J., & Supriyanto, S. (2020). Analisa Sistem Aplikasi Marketplace Facebook Dalam Pengembangan Dunia Bisnis. Jurnal Media Informatika Budidarma, 4(4), 940-946.

Budiana, B., & Amin, N. M. F. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Secara Online. Ecopreneur: Jurnal Program Studi Ekonomi Syariah, 2(1), 26-41.

Rifandia, F., & Sastika, W. (2018). Studi Komparasi: Efektivitas Iklan Umkm Wina Supersnack Melalui Media Sosial Instagram Dan Facebook Di Kota Cimahi 2018. eProceedings of Applied Science, 4(3).

Hendrawan, A. (2019). Pengaruh marketing digital terhadap kinerja penjualan produk umkm asti gauri di kecamatan bantarsari cilacap. Jurnal Administrasi Dan Kesekretarisan, 4(1), 50-61.

Downloads

Published

2022-01-28

Most read articles by the same author(s)