PENDAMPINGAN PEMBUATAN MEDIA PROMOSI PRODUK UMKM UNTUK MENDUKUNG DAYA SAING DIGITAL MARKETING DI ERA GLOBAL PADA KOMUNITAS SAHABAT UMKM

 Abstract views: 218

Authors

  • Rachmadita Dwi Pramesti Politeknik Negeri Jakarta
  • Anggi Anggarini
  • MRR Tiyas Maheni DK
  • Dwi Agnes Natalia Bangun
  • Susilawati Susilawati
  • Andriyanto Andriyanto

DOI:

https://doi.org/10.36456/abadimas.v5.i02.a4404

Keywords:

media promosi, produk UMKM, digital marketing, Sahabat UMKM

Abstract

Dengan semakin meningkatnya pengguna internet, potensi digital marketing melalui pemanfaatan sosial media memiliki peluang lebih besar dalam memasarkan sebuah produk. Para pelaku UMKM perlu memanfaatkan sosial media sebagai media promosi demi meraih pasar yang lebih luas. Hanya saja belum semua anggota Komunitas Sahabat UMKM melakukan penjualan online dengan menggunakan media sosial dikarenakan masih asing/gagap dalam menggunakan dan memahami media sosial sebagai sarana penjualan online, sedangkan yang sudah melakukan penjualan secara online(menggunakan Instagram) menyatakan bahwa media yang dimiliki kurang mampu bersaing dikarenakan desainnya kurang menarik dengan tampilan foto produk yang masih sederhana. Berdasarkan hal tersebut, maka dilakukan pendampingan pembuatan desain media promosi digital marketing, workshop teknik pengambilan foto produk dan workshop teknik editing foto produk. Kegiatan ini dilakukan secara hybrid yaitu melakukan pendampingan pelatihan secara online dan offline dengan UMKM. Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat ini terlihat anggota Komunitas Sahabat UMKM mulai memahami konsep, arti, dan fungsi desain promosi yang kompetitif untuk mendukung daya saing digital marketing produk mereka di era global dan mampu melakukan foto produk serta mengeditnya menjadi sebuah foto produk dengan tampilan yang menarik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aditya, Riski. Pengertian Teori Pendampingan. http://www.bintans.web.id/2010/12/pengertian -pendampingan.html.

Arifudin, O. 2020. PKM Pembuatan Kemasan, Peningkatan Produksi Dan Perluasan Pemasaran Keripik Singkongdi Subang Jawa Barat. INTEGRITAS : Jurnal Pengabdian, Vol 4(No 1), 21–36.

Damayanti, F. 2020. Perilaku konsumen dan perkembangannya di era digital. Bandung: Widina Bhakti Persada.

Pasaribu, R. 2020. Optimalisasi Media Online Sebagai Solusi Promosi Pemasaran UMKM Di Semarang Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Komunikasi dan Media, 01 (01), 33 - 44.

D.Purwana, R. Rahmi, S.Aditya. 2017. Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani. Vol 1. No 1. https://doi.org/10.21009/JPMM.001.1.01.

Kaniawati, K. dan A .Sudjatmoko. 2018. Penerapan Strategi Digital Marketing Terhadap Pengembangan Usaha Jus Honje Didesa/Kecataman Mangunjaya Kabupaten Pengandaran.Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat Berbasis Kearifan Lokal. Vol I. No I. ISBN: 978-602-0942-25-4.

Kotler, Philip. 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jakarta : Erlangga.

Sari, S. W. 2015. Pendampingan Pengembangan Geblek Pedas Pada Wirausaha Pembuatan Geblek Di Dusun Dusun Balong V, Desa Banjarsari, Kecamatan Samigaluh, Kulon Progo, Yogyakarta. Jurnal Inovasi Dan Kewirausahaan, 4(3), 206– 210.

Tambajong, G. 2013. Bauran Pemasaran Pengaruhnya Terhadap Penjualan Sepeda Motor Yamaha Di Pt. Sarana Niaga Megah Kerta Manado. Jurnal EMBA, 1(1), 1291–1301.

Downloads

Published

2022-01-28