PELATIHAN MICROSOFT PROJECT BAGI GURU-GURU SMK DI WILAYAH KERJA 4 PROVINSI JAWA TIMUR

 Abstract views: 230

Authors

  • Heri Suryaman Universitas Negeri Surabaya
  • Hendra Wahyu Cahyaka Universitas Negeri Surabaya
  • Krisna Dwi Handayani Universitas Negeri Surabaya
  • Mas Suryanto H.S. Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.36456/abadimas.v5.i02.a4597

Keywords:

Pelatihan Guru SMK, Pelatihan Microsoft Project

Abstract

Guru wajib dan mampu berkembang menghadapi perkembangan teknologi. Pola pengajaran yang mampu mengubah peserta didik dari tidak bisa menjadi bisa memang baik. SMK di wilayah kerja 4 Jawa Timur telah bersepakat memerlukan pelatihan secara rutin untuk meningkatkan skill baik dalam hal materi bidang studi. Tujuan kegiatan pelatihan Microsoft project ini yaitu : (1) Peningkatan kompetensi professional bagi guru; dan (2) Peningkatan kerja sama antara SMK dengan Universitas Negeri Surabaya. Metode pelaksanaan kegiatan pada pelatihan yaitu pembuatan kurva “S” yang lebih detail menggunakan program Microsoft Project bagi guru-guru di SMK di Wilayah Kerja 4 Provinsi Jawa Timur. Kegiatan pelatihan Microsoft Project, meliputi: (1) Ceramah / penjelasan, Tanya jawab  secara daring; (2) Diskusi dengan menuangkan pokok pikiran berkaitan dengan pembelajaran materi dan praktek Rencana Anggaran Belanja (RAB); (3) Praktek mengoperasikan Microsoft Project dipandu oleh Tim PKM; dan (4) Evaluasi hasil kegiatan pelatihan. Kegiatan pelatihan Microsoft Project secara daring ini sebagai alternative solusi pelaksanaan PKM di masa pandemic Covid-19. Capaian keberhasilan setiap peserta pelatihan sebanyak 38 guru rata-rata sebesar 82%. Terjadi peningkatan kompetensi professional bagi guru setelah mengikuti pelatihan. Selain itu juga, dengan terselenggaranya pelatihan ini dapat memberikan peningkatan kerja sama SMK se-wilayah kerja 4 Provinsi Jawa Timur dan Universitas Negeri Surabaya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arief, M., Churiyah, M., Basuki, A., Adi, B., & Gunawan, A. (2020). Peningkatan Kompetensi Guru SMK Kabupaten Malang Melalui Pelatihan E-Filing. Jurnal Graha Pengabdian, 2(1), 71–77. http://journal2.um.ac.id/index.php/jgp/article/download/12161/5184

Cahyono, K. E., & Suryawirawan, O. A. (2021). Pelatihan Pengelolaan Persediaan, Pemasaran Dan Pembukuan Sederhana Untuk UMKM Desa Pakis Kecamatan Kunjang Kabupaten Kediri. Jurnal Abadimas Adi Buana, 4(2), 122–126. https://doi.org/10.36456/abadimas.v4.i2.a2685

Eliza, F., Asnil, A., & Husnaini, I. (2019). Peningkatan Kompetensi Guru SMK Melalui Pelatihan Software Engineering. Jtev (Jurnal Teknik Elektro Dan …, 5(2), 67–74. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jtev/article/view/106640

Hidayat, W. N., Sutikno, T. A., Dwi, C., Kartikasari, I., & Firdaus, A. F. (n.d.). PENINGKATAN KETERAMPILAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY visi khusus . Visi yang ingin diwujudkan dari ketiga sekolah ini ialah informasi kepada siswa terkait subjek pelajaran . Hal ini berarti media menjadi.

Kustiandi, J., Jaelani, M. I., Khumairoh, N., & ... (2020). Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Melalui Pelatihan Diferensiasi Produk Olahan Susu Sapi Desa Ngembal. Jurnal Graha Pengabdian, 2(3), 242–249. http://journal2.um.ac.id/index.php/jgp/article/view/14993

Prihatiningsih, R., Wardani, A., Ningsih, G., Ni, I., & Anggara, M. K. M. (n.d.). KOPI UNTUK MENINGKATKAN PEREKONOMIAN mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2 ( Rahajeng , 2010 ). pengolahan , sehingga tidak mempunyai nilai jual yang tinggi . Menurut Hartini.

Sopandi, T. (2021). Pelatihan Daring Pemanfaatan Jerami Padi Sebagai Media Tumbuh Pada Budidaya Jamur Merang. Jurnal Abadimas Adi Buana, 4(2), 79–90. https://doi.org/10.36456/abadimas.v4.i2.a2689

Wena, M., Suparno, S., & Pribadi, P. (2019). Pelatihan Penanaman Nilai-Nilai Etika Bisnis Bagi Praktisi Usaha Jasa Konstruksi. Jurnal Graha Pengabdian. http://journal2.um.ac.id/index.php/jgp/article/view/11058

Downloads

Published

2022-01-28