PELATIHAN PENGOLAHAN DATA HASIL PENGUKURAN WATERPASS, THEODOLIT, TOTAL STATION BAGI GURU TEKNIK KONSTRUKSI DAN PROPERTI SMK WILAYAH KABUPATEN JOMBANG & SEKITARNYA

 Abstract views: 580

Authors

  • Elizabeth Titiek Winanti Universitas Negeri Surabaya
  • Indiah Kustini Universitas Negeri Surabaya
  • R Endro Wibisono Universitas Negeri Surabaya
  • Djoni Irianto Universitas Negeri Surabaya
  • Danayanti Azmi Dewi Nusantara Universitas Negeri Surabaya
  • Nurhayati Aritonang Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.36456/abadimas.v5.i02.a4598

Keywords:

Pengolahan data, pengukuran dengan alat Waterpass, Theodolit, Total Station.

Abstract

Pelatihan di latar belakangi untuk menyamakan kompetensi kelulusan siswa pada mata pelajaran tersebut, terkait adanya perkembangan operasional  alat dan pengembangan alat dari manual ke idital.  Sebagai masalah 1) Guru sebagai pendidik selalu berusaha menyiapkan lulusan SMK sebagai tenaga kerja dikonstruksi, 2) selalu menyesuaikan diri dari perkembangan teknologi pada pekerjaan lapangan, 3) pentingnya fungsi alat UT  di lapangan sebagai alat sarana penetapan titik duga, cek kelurusan, ketegakan yang dikehendaki pada bangunan gedung. Tujuan PKM:1) menyamakan pemahaman kompetensi mata pelajaran tersebut bagi kelulusan SMK, 2) memberi pemahaman informasi perkembangan teknologi alat pengukuran, 3) pemahaman operasional dan pengolahan data alat pengukuran di lapangan yang hasil pengukurannya sangan berfungsi untuk pembangunan. Rumusan masalah pelatihan 1) bagaimanakah peningkatan pemahaman mengolah  data hasil pengukuran  waterpass, theodolit, total station 2) bagaimanakah kepuasan materi dan pemateri pada pelatihan. Metode pelatihan ceramah, mengerjakan tugas, pemberian pre tes dan post tes serta pengisian angket kepuasan. Hasil Pelatihan:1) pemahaman materi, peserta sudah mempunyai kemapuan  cukup karena menjawab pertanyaan dengan benar 58 %, 2) Peningkatan pemahaman setelah pelatihan  ada kenaikan sedikit sekitar 18 % 3) Pemahaman materi operasional alat total stasion sebesar  40 %, 4)Peserta 95 % menyatakan sangat puas pada materi yang diberikan. 5)Kepuasan pada pemateri pelatihan 88 %.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amir, Zulfahmi. (1998). Dasar-Dasar Pengukuran Terristris dan Pemetaan Situasi. Padang: Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Andalas.

http://www.smkn1kudu.sch.id/

Muhamadi, Mansur. 1987. Ilmu Ukur Tanah I. Surabaya: Fatek Widya

Russel C. Brinker & Paul R. Wolf, (1986). Dasar-Dasar Pengukuran 1 & 2 Jakarta: Erlangga.

Slamet Basuki. (2011). Ilmu Ukur Tanah. UGM press

Suyono. (2018). Pengukuran Topografi dan Teknik Pemetaan

Wongsotjitro. (1980). Ilmu Ukur Tanah. Jogyakarta: Kanisius

Downloads

Published

2022-01-28