Pendampingan Digital Marketing Dalam Upaya Pengembangan Usaha Berbasis Teknologi Pada Sentra Wisata Kuliner Deles
Abstract views: 345DOI:
https://doi.org/10.36456/abadimas.v6.i01.a6017Keywords:
Pendampingan, Pelatihan, Digital MarketingAbstract
Sentra Wisata Kuliner (SWK) Deles merupakan salah satu SWK yang merupakan binaan dari Pemerintah Kota Surabaya. SWK Deles berdiri sejak tahun 2015 dan berlokasi di Jalan Arief Rahman Hakim No.14, Keputih, Sukolilo, Kota Surabaya, Jawa Timur. Fasilitas yang dimiliki oleh SWK Deles terdapat kurang lebih 33 stand kios, toilet umum, mushola, tempat parkir, gazebo dan free wifi. Permasalahan yang terjadi adalah Lokasi dari SWK Deles sebenarnya sangat strategis dimana dekat dengan perkantoran dan tempat kuliah akan tetapi lokasi yang terlalu kedalam dari jalan sehingga para pengunjung akan kesusahan melihat keberadaan SWK Deles ini. Hal tersebut mengakibatkan berkurangnya pendapatan para pedagang di SWK Deles. Selain itu kondisi tersebut diperparah pada Masa Pandemi yang terjadi secara global. Kondisi ini membuat SWK ini terdampak sangat besar dalam sisi penjualan. Penghasilan yang di dapat oleh para pedagang malah semakin menurun. Dalam mengatasi permasalahan yang dihadapi oleh mitra tersebut, tim pelaksana melaksanakan (1) Pendampingan terkait HPP, Manajemen Keuangan, Manaemen Kewirausahaan dan Pendampingan Media Promosi Digital (2) meningkatkan penjualan mitra dengan menggunakan food delivery online platform.
Downloads
References
Handayani, R. (2020). Sosialisasi Penghitungan Harga Pokok Penjualan dan Harga Jual Produk Pada Industri Lettering dan Olahan Makanan di Kota Surakarta. Jurnal Pengabdian Masyrakat Kewirausahaan Indonesia, 1-8.
Krisna Warmayana, I. G. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing dalam Promosi Pariwisata pada Era Industri 4.0. Jurnal Pariwisata Budaya, 81-92.
Macpal, B., Morasa, J., dan Tirayoh V. (2014). Analisis Perhitungan Harga Pokok Penjualan Barang Produksi Pada Jepara Meubel Di Kota Bitung. Jurnal EMBA, Vol.2 No.3,1495-150.
Mulyadi, 2015. Akuntansi Biaya. Yogyakarta : Sekolah Tinggi Ilmu Manajeman YKPN
Rafiah, K. K., & Kirana, D. H. (2019). Analisis Adopsi Media Sosial Sebagai Sarana Pemasaran Digital Bagi UMKM Makanan dan Minuman di Jatinangor. Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah , 188-198.
Tresnawati, Y., & Prasetyo, K. (2018). Pemetaan Konten Promosi Digital Bisnis Kuliner Kika's Catering di Media Sosial. PRofesi HUMAS, 102-119.
Widyastuti, R., Kardiyem, & Farliana, N. (2019). Simple Accounting Model For Food UMKM, Semarang City. Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 165-171.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 hariadi yutanto, Kadek Pranetha Prananjaya, Tatik Suryani, Dian Oktarina, Thomas Hanandry Dewanto, Harlina Meidiaswati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.