PELATIHAN PENULISAN ESAI PADA SISWA ANGGOTA JURNALISTIK DAN LITERASI MAN 5 JOMBANG

 Abstract views: 281

Authors

  • Lailatus Sa'adah STKIP PGRI Jombang
  • Rosi Anjarwati STKIP PGRI Jombang

DOI:

https://doi.org/10.36456/abadimas.v6.i02.a6359

Keywords:

menulis esai, ekstra jurnalistik, ekstra literasi

Abstract

Menulis esai merupakan kegiatan yang memerlukan ketrampilan kompleks, sehingga tidak banyak siswa memiliki ketertarikan untuk menulis esai. Meskipun kenyataannya siswa dituntut untuk dapat menulis gagasan agar dapat mengerjakan berbagai tugas menulis di sekolah, namun waktu dan kesempatan mengembangkan ketrampilan menulis esai tidak banyak. Tujuan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini adalah memberikan wawasan dan ketrampilan menulis esai melalui pelatihan dan pendampingan penulisan esai pada siswa seluruh anggota ektrakurikuler jurnalistik dan literasi MAN 5 Jombang. Setelah diberikan pelatihan, siswa akan melakukan praktek secara terbimbing dan dilakukan pendampingan sampai tercapainya tujuan. Kegiatan diikuti oleh 16 siswa dan didampingi oleh guru pembina ekstrakurikuler jurnalistik dan literasi. Seluruh peserta mampu menyerap materi pengetahuan tentang menulis esai, namun dalam kegiatan praktik menulis esai, masih ditemukan beberapa kendala. Pendampingan dilakukan selama satu bulan dengan memonitor kemajuan melalui pembelajaran jarak jauh serta membantu mencarikan solusi apabila ditemukan kendala. Kendala yang muncul diantaranya adalah tentang bagaimana menulis thesis statement, menetukan posisi secara konsisten apakah berada pada posisi setuju atau tidak. Para peserta juga mengalami kesulitan bagaimana mengembangkan paragrap isi terutama pada penulisan sanggahan atau rebattle. Dengan penjelasan dan bimbingan dalam proses pendampingan, masalah tersebut dapat teratasi dengan baik. Dapat disimpulkan bahwa dengan adanya kegiatan pelatihan penulisan essai, siswa anggota jurnalistik dan literasi MAN 5 Jombang dapat menghasilkan tulisan esai yang lebih baik.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Chesla, E. L. (Ed.). (2006). Write better essays in just 20 minutes a day (2nd ed). LearningExpress.

Dalman. (2014). Ketrampilan Menulis. PT. Raja Grafindo Persada.

Ekasari, A. D., Nuryatin, A., & Suwito, W. (2014). Peningkatan keterampilan menulis puisi melalui strategi pikir plus dengan menggunakan media gambar peristiwa. 9.

Ka-kan-dee, M., & Kaur, S. (2015). Teaching strategies used by Thai EFL lecturers to teach argumentative writing. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 208, 143–156. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.11.191

Khaerotin, R. (2019). Pengembangan multimedia interaktif 3d aurora presentation untuk keterampilan menulis bahasa arab. al Mahāra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 5(1), 1–18. https://doi.org/10.14421/almahara.2019.051-01

Nugraha, A. P., Ms, Z., & Bintoro, T. (2018). Hubungan Minat Membaca dan Kemampuan Memahami Wacana dengan Keterampilan Menulis Narasi. Indonesian Journal of Primary Education, 2(1), 19. https://doi.org/10.17509/ijpe.v2i1.11647

Surlani, I., Musthafa, B., & Damaianti, V. S. (2019). Penerapan metode latihan terbimbing bermedia cerita bergambar untuk meningkatkan kemampuan menulis cerpen siswa MTS negeri Jatibarang Indramayu tahun pelajaran 2014 – 2015. Jurnal Tuturan, 8(1), 47. https://doi.org/10.33603/jt.v8i1.2682

Wijayanti, S. H. (2012). Kecenderungan siswa SMA di Bekasi dalam memilih topik esai ditinjau dari perspektif gender. 24(2), 14.

Downloads

Published

2023-01-28