PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PENYUSUNAN BUKU AJAR PADA KELOMPOK KERJA GURU RA KECAMATAN TEMBELANG

 Abstract views: 98

Authors

DOI:

https://doi.org/10.36456/abadimas.v7.i02.a7829

Keywords:

menulis buku ajar, kelompok kerja guru, raudhatul athfal

Abstract

Menulis buku ajar merupakan ketrampilan yang seharusnya dimiliki oleh guru untuk meningkatkan profesionalitasnya. Buku ajar guru dapat diterbitkan dan dipasarkan dalam berbagai format. Meskipun demikian, tak banyak guru yang tertarik untuk menulis buku ajar. Beberapa faktor yang menjadi penghambat motivasi guru dalam menulis buku ajar antara lain kurangnya pemahaman guru tentang teknik penulisan buku, kurangnya ide, dan kurangnya waktu luang. Untuk mengatasi hal tersebut diperlukan pelatihan teknik penyusunan buku ajar. Pelatihan dan pendampingan menulis ini akan diberikan oleh orang-orang yang memiliki pengalaman membuat buku teks. Program pelatihan menulis buku ajar terdiri dari beberapa kegiatan, antara lain kiat-kiat agar termotivasi menulis buku ajar, menulis kalimat dalam narasi buku, dan mencari media gambar sebagai media yang digunakan dalam buku. Tujuan PKM ini adalah memberikan wawasan dan ketrampilan menulis buku ajar melalui pelatihan dan pendampingan penulisan buku ajar pada Kelompok Kerja Guru (KKG) Raudhatul Athfal Kecamatan Tembelang. Hal ini dilakukan agar 1) memberi bekal KKG RA dengan pengetahuan tentang menulis buku ajar; 2) meningkatkan ketrampilan menulis buku ajar. Setelah diberikan pelatihan, KKG RA akan melakukan praktek secara terbimbing dan dilakukan pendampingan sampai tercapainya tujuan. Luaran yang dicapai dalam program ini adalah dihasilkannya sebuah buku ajar oleh KKG RA Kecamatan Tembelang

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Lailatus Sa'adah, STKIP PGRI Jombang

A lecturer of English Department at STKIP PGRI Jombang

References

Kosasih, E. (2021). Pengembangan bahan ajar. Bumi Aksara.

Lathiifah, I. J., Apriani, F., & Agustine, P. C. (2019). Pelatihan pembuatan bahan ajar untuk pembelajaran matematika dengan pendekatan matematika realistik Indonesia. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 15(2), 85–94. https://doi.org/10.20414/transformasi.v15i2.1255

Mukhibat, M., Fitri, N. F., & Hartati, A. S. (2018). Pendampingan Implementasi Kurikulum 2013 untuk Peningkatan Mutu Pembelajaran Guru-guru (POKJA RA) Poncol di Magetan. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 2(1), 83–101. https://doi.org/10.21009/JPMM.002.1.06

Munawir, M., Aisyah, A. N., & Rofi’ah, I. (2022). Peningkatan Kemampuan Guru Melalui Sertifikasi. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2), 324–329. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2.360

Nugraheni, Y. T. (2020). Pengembangan bahan ajar tarikh islam untuk siswa kelas viii smp muhammadiyah boarding school yogyakarta. POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, 6(2), 155. https://doi.org/10.24014/potensia.v6i2.9654

Rh, S., Polonia, B. S. E., & Jumiar, A. D. (2023). Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Penulisan Buku Ajar bagi MGMP IPA SMP.

Sitepu, J. M., & Nasution, M. (2018). Kreativitas Pembuatan Media Pembelajaran Big Book Pada Guru-Guru RA Di Kecamatan Medan Maimun.

Sitohang, C., & Sibuea, A. M. (2015). Pengembangan Buku Ajar Berbasis Kontekstual dengan Tema “Sehat itu penting.” Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 2(2).

Trianto. (2011). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Kencana Prenada Media Group.

Utari, D. S., & Rianto, R. (2021). Pelatihan Menulis Buku dari 0 – Terbit: Upaya Mendukung Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru dan Budaya Literasi.

Downloads

Published

2024-01-30