ETIKA DALAM PEMANFAATAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) PADA GENERASI Z DI PONDOK PESANTREN SYARIFUL ANAM KOTA CIREBON
Abstract views: 624DOI:
https://doi.org/10.36456/abadimas.v7.i02.a7916Keywords:
Etika, Artificial Intelligence (AI), Pesantren Syariful AnamAbstract
Pada abad post modern ini, teknologi telah menjadi komponen kunci dalam mendefinisikan manusia dan masyarakat. Kehadiran teknologi, terutama dalam bentuk teknologi informasi dan komunikasi seperti Artificial Intelligence (AI), telah mempengaruhi berbagai aspek kehidupan manusia. Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah untuk memberikan pemahaman dasar tentang teknologi AI pada santri di pesantren Syariful Anam, sehingga para santri dapat lebih memahami cara kerjanya dan potensi pemanfaatannya serta meningkatkan kesadaran tentang etika dan memberikan wawasan tentang dampak teknologi AI secara luas dan memberikan perspektif yang lebih holistik. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini yaitu dengan memberikan seminar sebagai upaya interaktif dan diskusi untuk menyampaikan informasi dan pengetahuan kepada peserta. Hasil dari kegiatan pengabdian ini menunjukkan bahwa peserta, termasuk Generasi Z, menunjukkan antusiasme dan kesadaran yang tinggi tentang pentingnya etika dalam pemanfaatan teknologi AI. Dengan pemahaman etika yang mendalam tentang penggunaan teknologi AI, Generasi Z diharapkan dapat menjadi pemimpin masa depan yang tidak hanya cerdas secara teknologi, tetapi juga memiliki kesadaran etika yang tinggi
Downloads
References
Desfira Amelia, Windayani, M. P., & Tuti Syafrianti, M. P. (2021). Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Supervisi Pendidikan Terhadap Kinerja Guru di SDN 014 Simpang Tetap Darul Ihsan. Wibawa : Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(2), 52–64. https://doi.org/10.57113/wib.v1i2.65
Farisi, S. Al. (2018). Model Integrasi Studi Islam: Sains Dan Budaya Nusantara Di Pesantren Kholaf. Jurnal Penelitian Agama, 19(1), 106–116. https://doi.org/10.24090/jpa.v19i1.2018.pp106-116
Franz Magnis Suseno. (2005). Etika Dasar: Masalah-Masalah Pokok Filsafat Moral. Kanisius.
Gultom, J. M. P. (2022). Peran Teolog dalam Membangun Humanisasi Peradaban Era Society 5.0. TEMISIEN: Jurnal Teologi, Misi, Dan Entrepreneurship, 2(2). https://doi.org/https://doi.org/10.9876/temisien.v2i2.72
Hidayatulloh, T., Saputra, H., & Saumantri, T. (2023). Peran Pesantren Tarekat Roudhoh Al-Hikam dalam Mengembangkan Tradisi Intelektual Islam dan Moderasi Beragama di Indonesia. Dialog, 46(1), 38–52. https://doi.org/https://doi.org/10.47655/dialog.v46i1.702
Istiqomah Rahmawati, Moh. Ariz Iqramullah, & Zulkarnain. (2021). Pemanfaatan Facebook sebagai media pembelajaranpendidikan agama islam pada masa pandemi Covid-19. At Turots: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 1–11. https://doi.org/10.51468/jpi.v3i1.56
Kuntowijoyo. (2010). Islam Sebagai Ilmu Epistemologi, Metodologi, dan Etika. Tiara Wacana.
Kurt, Y., Sinkovics, N., Sinkovics, R. R., & Yamin, M. (2020). The role of spirituality in Islamic business networks: The case of internationalizing Turkish SMEs. Journal of World Business, 55(1), 101034. https://doi.org/10.1016/j.jwb.2019.101034
Makridakis, S. (2017). The forthcoming Artificial Intelligence (AI) revolution: Its impact on society and firms. Futures, 90, 46–60. https://doi.org/10.1016/j.futures.2017.03.006
Marcinkiewicz-Wilk, A. (2016). Homo technicus - a man in the information society. Edutainment, 1(1).
Munawar, Z., Herdiana, Y., Suharya, Y., & Indah Putri, N. (2021). Pemanfaatan Teknologi Digital Di Masa Pandemi Covid-19. TEMATIK, 8(2), 160–175. https://doi.org/10.38204/tematik.v8i2.689
Mutaqin, F. M., Jubaedah, I., Koestianto, H., & Setiabudi, D. I. (2022). Efektif Artificial Intelligence (AI) Dalam Belajar dan Mengajar. Seroja : Jurnal Pendidikan, 1(2). https://doi.org/https://doi.org/10.572349/seroja.v1i2.582
Rachmawati, D. (2019). Welcoming Gen Z in Job World (Selamat Datang Generasi Z di dunia kerja). Proceeding Indonesian Carrier Center Network (ICCN) Summit 2019, 1(1).
Saumantri, T. (2022). Rekonstruksi Psikoanalisis Humanis Dialektik Erich Fromm Dalam Pendidikan Pesantren. Rausyan Fikr: Jurnal Ilmu Studi Ushuluddin Dan Filsafat, 18(1), 111–133. https://doi.org/https://doi.org/10.24239/rsy.v18i1.880
Saumantri, T. (2023). Hyper Religiusitas di Era Digital: Analisis Paradigma Postmodernisme Jean Baudrillard Terhadap Fenomena Keberagamaan di Media Sosial. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 20(1), 107–123. https://doi.org/https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v20i1.646
Saumantri, T., & Bisri, B. (2023). Moderasi Beragama Perspektif Etika (Analisis Pemikiran Franz Magnis-Suseno). JURNAL ILMIAH FALSAFAH: Jurnal Kajian Filsafat, Teologi Dan Humaniora, 9(2), 98–114. https://doi.org/10.37567/jif.v9i2.2295
Vaishya, R., Javaid, M., Khan, I. H., & Haleem, A. (2020). Artificial Intelligence (AI) applications for COVID-19 pandemic. Diabetes & Metabolic Syndrome: Clinical Research & Reviews, 14(4), 337–339. https://doi.org/10.1016/j.dsx.2020.04.012
Vitezić, V., & Perić, M. (2021). Artificial intelligence acceptance in services: connecting with Generation Z. The Service Industries Journal, 41(13–14), 926–946. https://doi.org/10.1080/02642069.2021.1974406
Zis, S. F., Effendi, N., & Roem, E. R. (2021). Perubahan Perilaku Komunikasi Generasi Milenial dan Generasi Z di Era Digital. Satwika : Kajian Ilmu Budaya Dan Perubahan Sosial, 5(1), 69–87. https://doi.org/10.22219/satwika.v5i1.15550
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Theguh, Bisri Bisri, Fuad Nawawi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.