ETIKA DALAM PEMANFAATAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) PADA GENERASI Z DI PONDOK PESANTREN SYARIFUL ANAM KOTA CIREBON

 Abstract views: 624

Authors

  • Theguh IAIN Syekh Nurjati Cirebon
  • Bisri Bisri IAIN Syekh Nurjati Cirebon
  • Fuad Nawawi IAIN Syekh Nurjati Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.36456/abadimas.v7.i02.a7916

Keywords:

Etika, Artificial Intelligence (AI), Pesantren Syariful Anam

Abstract

Pada abad post modern ini, teknologi telah menjadi komponen kunci dalam mendefinisikan manusia dan masyarakat. Kehadiran teknologi, terutama dalam bentuk teknologi informasi dan komunikasi seperti Artificial Intelligence (AI), telah mempengaruhi berbagai aspek kehidupan manusia. Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah untuk memberikan pemahaman dasar tentang teknologi AI pada santri di pesantren  Syariful Anam, sehingga para santri dapat lebih memahami cara kerjanya dan potensi pemanfaatannya serta meningkatkan kesadaran tentang etika dan memberikan wawasan tentang dampak teknologi AI secara luas dan memberikan perspektif yang lebih holistik. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini yaitu dengan memberikan seminar sebagai upaya interaktif dan diskusi untuk menyampaikan informasi dan pengetahuan kepada peserta. Hasil dari kegiatan pengabdian ini menunjukkan bahwa peserta, termasuk Generasi Z, menunjukkan antusiasme dan kesadaran yang tinggi tentang pentingnya etika dalam pemanfaatan teknologi AI. Dengan pemahaman etika yang mendalam tentang penggunaan teknologi AI, Generasi Z diharapkan dapat menjadi pemimpin masa depan yang tidak hanya cerdas secara teknologi, tetapi juga memiliki kesadaran etika yang tinggi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Desfira Amelia, Windayani, M. P., & Tuti Syafrianti, M. P. (2021). Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Supervisi Pendidikan Terhadap Kinerja Guru di SDN 014 Simpang Tetap Darul Ihsan. Wibawa : Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(2), 52–64. https://doi.org/10.57113/wib.v1i2.65

Farisi, S. Al. (2018). Model Integrasi Studi Islam: Sains Dan Budaya Nusantara Di Pesantren Kholaf. Jurnal Penelitian Agama, 19(1), 106–116. https://doi.org/10.24090/jpa.v19i1.2018.pp106-116

Franz Magnis Suseno. (2005). Etika Dasar: Masalah-Masalah Pokok Filsafat Moral. Kanisius.

Gultom, J. M. P. (2022). Peran Teolog dalam Membangun Humanisasi Peradaban Era Society 5.0. TEMISIEN: Jurnal Teologi, Misi, Dan Entrepreneurship, 2(2). https://doi.org/https://doi.org/10.9876/temisien.v2i2.72

Hidayatulloh, T., Saputra, H., & Saumantri, T. (2023). Peran Pesantren Tarekat Roudhoh Al-Hikam dalam Mengembangkan Tradisi Intelektual Islam dan Moderasi Beragama di Indonesia. Dialog, 46(1), 38–52. https://doi.org/https://doi.org/10.47655/dialog.v46i1.702

Istiqomah Rahmawati, Moh. Ariz Iqramullah, & Zulkarnain. (2021). Pemanfaatan Facebook sebagai media pembelajaranpendidikan agama islam pada masa pandemi Covid-19. At Turots: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 1–11. https://doi.org/10.51468/jpi.v3i1.56

Kuntowijoyo. (2010). Islam Sebagai Ilmu Epistemologi, Metodologi, dan Etika. Tiara Wacana.

Kurt, Y., Sinkovics, N., Sinkovics, R. R., & Yamin, M. (2020). The role of spirituality in Islamic business networks: The case of internationalizing Turkish SMEs. Journal of World Business, 55(1), 101034. https://doi.org/10.1016/j.jwb.2019.101034

Makridakis, S. (2017). The forthcoming Artificial Intelligence (AI) revolution: Its impact on society and firms. Futures, 90, 46–60. https://doi.org/10.1016/j.futures.2017.03.006

Marcinkiewicz-Wilk, A. (2016). Homo technicus - a man in the information society. Edutainment, 1(1).

Munawar, Z., Herdiana, Y., Suharya, Y., & Indah Putri, N. (2021). Pemanfaatan Teknologi Digital Di Masa Pandemi Covid-19. TEMATIK, 8(2), 160–175. https://doi.org/10.38204/tematik.v8i2.689

Mutaqin, F. M., Jubaedah, I., Koestianto, H., & Setiabudi, D. I. (2022). Efektif Artificial Intelligence (AI) Dalam Belajar dan Mengajar. Seroja : Jurnal Pendidikan, 1(2). https://doi.org/https://doi.org/10.572349/seroja.v1i2.582

Rachmawati, D. (2019). Welcoming Gen Z in Job World (Selamat Datang Generasi Z di dunia kerja). Proceeding Indonesian Carrier Center Network (ICCN) Summit 2019, 1(1).

Saumantri, T. (2022). Rekonstruksi Psikoanalisis Humanis Dialektik Erich Fromm Dalam Pendidikan Pesantren. Rausyan Fikr: Jurnal Ilmu Studi Ushuluddin Dan Filsafat, 18(1), 111–133. https://doi.org/https://doi.org/10.24239/rsy.v18i1.880

Saumantri, T. (2023). Hyper Religiusitas di Era Digital: Analisis Paradigma Postmodernisme Jean Baudrillard Terhadap Fenomena Keberagamaan di Media Sosial. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 20(1), 107–123. https://doi.org/https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v20i1.646

Saumantri, T., & Bisri, B. (2023). Moderasi Beragama Perspektif Etika (Analisis Pemikiran Franz Magnis-Suseno). JURNAL ILMIAH FALSAFAH: Jurnal Kajian Filsafat, Teologi Dan Humaniora, 9(2), 98–114. https://doi.org/10.37567/jif.v9i2.2295

Vaishya, R., Javaid, M., Khan, I. H., & Haleem, A. (2020). Artificial Intelligence (AI) applications for COVID-19 pandemic. Diabetes & Metabolic Syndrome: Clinical Research & Reviews, 14(4), 337–339. https://doi.org/10.1016/j.dsx.2020.04.012

Vitezić, V., & Perić, M. (2021). Artificial intelligence acceptance in services: connecting with Generation Z. The Service Industries Journal, 41(13–14), 926–946. https://doi.org/10.1080/02642069.2021.1974406

Zis, S. F., Effendi, N., & Roem, E. R. (2021). Perubahan Perilaku Komunikasi Generasi Milenial dan Generasi Z di Era Digital. Satwika : Kajian Ilmu Budaya Dan Perubahan Sosial, 5(1), 69–87. https://doi.org/10.22219/satwika.v5i1.15550

Downloads

Published

2024-01-30