PEMBERDAYAAN MASYARAKAT UMKM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT UMKM DESA KATERUNGAN MELALUI WORKSHOP PELATIHAN BRANDING PRODUK DAN DIGITAL MARKETING
PELATIHAN BRANDING PRODUK DAN DIGITAL MARKETING
Abstract views: 121DOI:
https://doi.org/10.36456/abadimas.v7.i02.a7932Keywords:
Digital merketing, pelatihan, UMKMAbstract
Pengembangan dan pemberdayaan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) sudah seharusnya ditingkatkan. Tren pemasaran yang saat ini berkembang memungkinkan pelaku usaha untuk melakukan pemasaran secara online. Oleh karenanya, untuk mendukung berkembangnya UMKM di Katerungan maka dilakukan kegiatan pelatihan dan penyuluhan dengan pelatihan digital marketing untuk UMKM. Dimana pelatihan ini menggunakan metode sosialisasi penggunaan aplikasi Canva dan Shopee untuk menunjang pemasaran produk secara digital. Hasil penelitian ini menunjukkan antusiasme peserta dalam menyerap informasi yang diberikan
Downloads
References
Az-Zahra, N. S. (2021, November). Implementasi digital marketing sebagai strategi dalam meningkatkan pemasaran UMKM. In NCOINS: National Conference Of Islamic Natural Science (Vol. 1, No. 1, pp. 77-88).
Hapsoro, B. B., Palupiningdyah, P., & Slamet, A. (2019). Peran digital marketing sebagai upaya peningkatan omset penjualan bagi klaster UMKM di Kota Semarang. Jurnal Abdimas, 23(2), 117-120.
Firman Mansir, H. P. (2021). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Digital Marketing dan Media Sosial Sebagai Media Promosi Era Pandemi Covid -19 di UMKM Panggungharjo Sewon Bantul. Abdimas Singkeru, 1(1), 39-50.
Hidayat, E. (2016). Kontribusi sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) terhadap produk domestik bruto (PDB) Indonesia. CNN Indonesia. Edisi, 21.
Zettira, S. B. Z., Febrianti, N. A., Anggraini, Z. A., Prasetyo, M. A. W., & Tripustikasari, E. (2022). Pelatihan Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Kreativitas Desain Promosi Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Jurnal Abdimas Prakasa Dakara, 2(2), 99–105. https://doi.org/10.37640/japd.v2i2.1524
Wardhana, Aditya. "Strategi digital marketing dan Implikasinya pada Keunggulan Bersaing UKM di Indonesia." Seminar Nasional Keuangan Dan Bisnis IV. Vol. 4. 2015.
Marpaung, A. P., Hafiz, M. S., Koto, M., & Dari, W. (2021, November). Strategi Peningkatan Kapasitas Usaha Pada Umkm Melalui Digital Marketing. In Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan (Vol. 2, No. 1, pp. 294-300).
Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan digital marketing bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1-17.
Rifai, Z., & Meiliana, D. (2020). Pendampingan Dan Penerapan Strategi Digital Marketing Bagi Umkm Terdampak Pandemi Covid-19. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 604-609.
Fahdia, M. R., Kurniawati, I., Amsury, F., & Saputra, I. (2022). Pelatihan Digital Marketing Untuk Meningkatkan Penjualan Bagi UMKM Tajur Halang Makmur. Abdiformatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat Informatika, 2(1), 34-39.
Supriyanto, A. (2022). Pelatihan Digital Marketing pada UMKM Uliq Food di Kecamatan Bae Kabupaten Kudus. JCSE: Journal of Community Service and Empowerment, 3(1), 38-46.
Susanti, E. (2020). Pelatihan digital marketing dalam upaya pengembangan usaha berbasis teknologi pada UMKM di Desa Sayang Kecamatan Jatinangor. Sawala: Jurnal pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial, Desa dan Masyarakat, 1(2), 36-50.
Putri, A. P., Hetami, A. A., Fourqoniah, F., Andriana, A. N., Ardiyani, M., Muniroh, T. U., ... & Indah, S. R. (2022). Pelatihan Digital Marketing untuk Mencapai Optimalisasi Strategi Pemasaran pada UMKM. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 3(2.1 Desember), 828-839
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Feri Tirtoni, Dani Susanto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.