PERANCANGAN DESAIN KEMASAN AYAM FROZEN SAVANNA LAWEH UNTUK MENINGKATKAN NILAI JUAL MAKANAN TRADISIONAL

 Abstract views: 177

Authors

  • Dwi Agnes Natalia Bangun Politeknik Negeri Jakarta
  • MRR. Tiyas Maheni Politeknik Negeri Jakarta
  • Adelia Chairunnisa Politeknik Negeri Jakarta
  • Rachmadita Dwi Pramesti Politeknik Negeri Jakarta
  • Nabila Fajrina Politeknik Negeri Jakarta
  • Anggi Anggarini Politeknik Negeri Jakarta
  • Susilawati Politeknik Negeri Jakarta
  • Andriyanto Politeknik Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.36456/abadimas.v7.i02.a8256

Keywords:

Desain Kemasan, Ayam Frozen, Savanna Laweh, UMKM, Desain Grafis

Abstract

Pelaku UMKM yang menjadi anggota Komunitas Sahabat UMKM belum banyak yang memahami pentingnya desain kemasan untuk meningkatkan nilai jual produk. Desain kemasan saat ini belum representatif serta kompetitif di pasaran karena dibuat dengan sederhana. Melihat permasalahan tersebut, Program Studi Desain Grafis Politeknik Negeri Jakarta menjalankan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dengan Komunitas Sahabat UMKM sebagai mitra. Kegiatan yang dilakukan yaitu pembuatan desain kemasan untuk produk makanan tradisional yang memenuhi kriteria desain kemasan yang modern dengan tetap merepresentasikan produk makanan tradisional. Salah satu peserta UMKM yang terpilih yaitu Savanna Laweh. Tim PkM telah bertemu dengan UMKM Savanna Laweh untuk mendiskusikan kebutuhan desain kemasan dan menyepakati arahan desain yang disusun pada creative brief.  Selanjutnya, tim PkM yang terdiri dari dosen dan mahasiswa mengembangkan konsep desain kemasan hingga menjadi final art work. Desain kemasan yang telah disetujui kemudian dicetak. Selanjutnya dilaksanakan workshop brand storytelling sekaligus penyerahan desain kemasan dari tim PkM kepada pelaku UMKM. Adapun hasil dari kegiatan PkM ini adalah UMKM Savanna Laweh mendapatkan kemasan pouch sejumlah 560pcs berukuran 22cm x 32cm yang menggunakan material paper metalize laminasi doff dengan zipper dan tear notch. Desain kemasan dirancang dengan konsep clean, simple, dan modern dengan elemen desain yaitu warna utama hijau tosca dan putih keabuan, font Montserrat, dan ilustrasi rempah nusantara dan peta Indonesia. Setiap kemasan pouch ini dapat membungkus 2 pack ayam frozen. Melalui desain kemasan yang baru, identitas Indonesia sebagai daerah penghasil dapat tersampaikan dan nilai jual produk dapat meningkat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andriyanto, Pranoto, R. E., Bangun, D. A. N., Anggarini, A., & DK, MRR. T. M. (2023). Pemasaran Digital UMKM Melalui Desain Landing Page sebagai Upaya Pengembangan Bisnis. Besaung: Jurnal Seni Desain Dan Budaya, 8(1), 15–20.

Anggarini, A., Bangun, D. A. N., & Saripudin, I. (2020). Alternatif Model Penyusunan Mood Board sebagai Metode Berpikir Kreatif dalam Pengembangan Konsep Visual. Journal Printing and Packaging Technology, 1(1), 1–7.

Dhini, V. A. (2022). Jumlah Usaha Penyedia Makanan & Minuman di DKI Jakarta Terbanyak se-Indonesia. Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/06/20/jumlah-usaha-penyedia-makanan-minuman-di-dki-jakarta-terbanyak-se-indonesia

Erlyana, Y. (2018). Analisis Peranan Desain Kemasan Terhadap Brand Identity Dari Sebuah Produk Makanan Lokal Indonesia Dengan Studi Kasus: Produk Oleh-Oleh Khas Betawi “Mpo Romlah.” National Conference of Creative Industry: Sustainable Tourism Industry for Economic Development, 1079–1097.

Harsana, M., Baiquni, M., Harmayani, E., & Widyaningsih, Y. A. (2018). Potensi Makanan Tradisional Kue Kolombeng Sebagai Daya Tarik Wisata di Daerah Istimewa Yogyakarta. HEJ (Home Economics Journal), 1(2), 40–47.

Hidayah, N. (2019). Riset Pasar Konsumen Terhadap Makanan Tradisional Kota Pontianak. Jurnal Teknik Industri Universitas Tanjungpura, 3(1), 37–44.

Iswahyuni, A. D. (2020). Analisa Desain Kemasan Stik Sukun (Artocarpus Altili) Menggunakan Metode Value Engineering. Jurnal Teknik, 18(2), 159–170. https://doi.org/10.37031/jt.v18i2.108

Kemazan. (2020). Mpok Nini Oleh-Oleh Betawi. Portofolio Kemazan. https://kemazan.com/portofolio/portodetail/mpoknini

Sari, N. L. D. I. D. (2013). Elemen Visual Kemasan sebagai Strategi Komunikasi Produk. Jurnal Komunikasi Profetik, 6(1), 43–52.

Tristiawati, P. (2023). Pentingnya Desain Kemasan Bagi Nilai Jual Produk UMKM. Liputan 6. https://www.liputan6.com/bisnis/read/5236448/pentingnya-desain-kemasan-bagi-nilai-jual-produk-umkm

Wahyudi, N., & Satriyono, S. (2017). Mantra Kemasan Juara. PT. Alex Media Komputindo

Downloads

Published

2024-01-30