PROGRAM BIMBINGAN BELAJAR DI DESA WAUNG SEBAGAI AKSI NYATA MAHASISWA ADI BUANA PEDULI PENDIDIKAN
PROGRAM BIMBINGAN BELAJAR DI DESA WAUNG SEBAGAI AKSI NYATA MAHASISWA ADI BUANA PEDULI PENDIDIKAN
Abstract views: 107Keywords:
bimbingan belajar, motivasi belajar, KKN, Desa WaungAbstract
Siswa di Sekolah Dasar Negeri Waung memiliki banyak waktu luang setelah jam pelajaran inti selesai karena tidak adanya kegiatan ekstrakurikuler di SDN Waung. Kesadaran siswa-siswa yang kurang dalam memanfaatkan waktu luang, kontrol orang tua yang lemah, dan motivasi serta minat siswa terhadap pembelajaran yang kurang mengakibatkan banyak siswa yang sering melakukan tindakan-tindakan negatif. Hal tersebut diperparah dengan pengaruh media sosial yang semakin marak. Berdasarkan konteks tersebut, mahasiswa KKN kelompok 14 Universitas PGRI Adi Buana Surabaya memutuskan untuk melaksanakan program kerja bimbingan belajar gratis. Program bimbingan belajar gratis dilaksanakan pada bulan Agustus 2023 di Desa Waung, Kecamatan Krembung, Kabupaten Sidoarjo. Metode yang diterapkan dalam program bimbingan belajar ini yakni metode ceramah, diskusi langsung, dan latihan soal. Pemberdayaan pendampingan belajar melalui program bimbingan belajar gratis yang dilakukan oleh KKN Universitas PGRI Adi Buana Surabaya kelompok 14 terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Hasil dari kegiatan bimbingan belajar siswa SD di Desa Waung meliputi pemahaman konsep yang lebih baik dalam mata pelajaran yang dipelajari oleh siswa, terutama mata pelajaran matematika dan bahasa Indonesia. Siswa mengalami perkembangan keterampilan komunikasi dan interaksi sosial, serta peningkatan keterampilan pemecahan soal-soal yang dianggap sulit. Siswa menjadi termotivasi dan semangat dalam belajar, sehingga siswa dapat mengisi waktu luang yang mereka miliki untuk belajar. Dukungan dari orang tua siswa juga sangat terlihat, dengan mereka mendukung partisipasi anak-anak dalam program bimbingan belajar gratis ini. Pelaksanaan pendampingan bimbingan belajar berlangsung dengan sukses dan tanpa kendala.
Downloads
References
Afia, N., Muzdalifah, L., Firdausi, N., Wigati, T., & Gadis, D. (2023). Nusantara Community Empowerment Review Kegiatan Bimbingan Gratis di Desa. 1(2), 87–94.
Annisa, R. N., Dewi, D. A., & Nurhayati, S. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Tiktok dalam Proses Pembelajaran di Sekolah Dasar Negeri Griya Bandung Indah. Dirasah : Jurnal, 6(2), 346–352.
Citriadin, Y. (2019). Pengantar Pendidikan (Supardi (ed.); 1st ed.). Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Mataram.
Fauzia, C., Marcelya, D., Lestari, E. A., & Annisa, R. W. (2023). Peningkatan Konsentrasi Peserta Didik Sekolah Dasar Melalui Program Bimbingan Belajar. 1, 31–41.
Hidayat, R., & Abdillah. (2019). Ilmu Pendidikan “Konsep, Teori dan Aplikasinya” (C. Wiajaya & Amiruddin (eds.); 1st ed.). Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).
Ismunandar, D., Rosyadi, R., Nandang, N., & Azis, K. (2020). Pendampingan Belajar Matematika Pada Materi Pecahan di Desa Lajer Kecamatan Tukdana Kabupaten Indramayu. Abdi Wiralodra : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 45–56. https://doi.org/10.31943/abdi.v2i1.24
Lellola, I., Keipau, D., Ngilamele, N., Louk, R., Perasoa, A., Koupun, R., Tetiwar, V., Kelmaskosu, J., Unawekla, R., Sairdola, W., Rumtutuly, F., & Alam, A. (2023). Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Program Bimbingan Belajar Di Dusun Nyama. Jurnal Masyarakat Madani Indonesia, 2(3), 279–285. https://doi.org/10.59025/js.v2i3.108
Noor, I. M. (2013). Pemanfaatan Waktu Luang Peserta Didik Sekolah Menengah Atas. Perspektif Ilmu Pendidikan, 27(2), 118–127.
Pahmi, S., Suciani, A., Yulianti, R., Putri, C. S., & Sagita, T. (2021). Pendampingan Belajar Di Masa Pandemi Covid-19 Untuk Meningkatkan Motivasi dan Minat Belajar Siswa Di Desa Gegerbitung. Jurnal Komunitas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 55–59. https://doi.org/10.31334/jks.v4i1.1635
Tambunan, M. A. M., & Lubis, Y. (2022). Meningkatkan Minat Belajar Anak Melalui Kegiatan Bimbingan Belajar Gratis di Desa Ulumahuam. Maspul Journal of Community Empowerment, 4(2), 293–298.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ira Eko Retnosari, Tasya Shalsabilla Firdhaus, Bunga Yulia Trisna Purwaningrum, Saiful Afandi, Moh Haddiq Arroyyif
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.