PROGRAM PEMBERDAYAAN SISWA TK DAN PAUD DI DESA DERMO MELALUI ALAT PERMAINAN EDUKATIF (APE) GUNA MENINGKATKAN DAYA KREATIVITAS SISWA

 Abstract views: 411

Authors

  • Dwi Rosita Dewi
  • Khozainil Ulumiyah
  • Siti Nur Khoiriyah
  • Shofiyatul Mashfah
  • Lutfi Aprilliana

DOI:

https://doi.org/10.36456/abadimas.v1.i2.a950

Abstract

Abstract

This article is about how to make Games Education Tools (APE) whith shape playdough. Games Education Tools is an integral part in early childhood learning. Materials and tools used in the manufacture of playdough is flourm, salt, water, food coloring, and oil. The goal of this activity is a kindergarten and PAUD in Dermo village. In this activity, the kindergarten and PAUD in the village Dermo very are enthusiastic in making and creation of playdough. This activity uses the method description. The purpose of Games Education Tools is to develop fine motor skills and vision, develop socio-emotional abilities, and develop cognitive abilities (intelligence). the Games Educational Tool has advantage for childrens that can learn and play safely. It does not only children can understand the colors and learn the creativity by using playdough as a game.


Keywords: Games Educational Tool, (APE), and playdough

 

Abstrak

            Artikel ini tentang pembuatan alat permainan edukatif berbentuk playdough. Alat permainan edukatif merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam pembelajaran anak usia dini. Bahan dan alat yang digunakan dalam pembuatan playdough adalah Tepung terigu, garam, air, pewarna makanan, dan minyak. Sasaran dari kegiatan ini adalah anak TK dan PAUD di desa Dermo. Dalam kegiatan ini, anak-anak TK dan PAUD di desa Dermo sangat antusias dalam membuat dan mengkreasikan playdough. Kegiatan ini menggunakan metode deskripsi. Dalam kegiatan ini, anak-anak TK dan PAUD di desa Dermo sangat antusias dalam membuat dan mengkreasikan playdough. Tujuan permainan edukatif adalah untuk mengembangkan keterampilan motorik halus dan wawasan berpikir, mengembangkan kemampuan sosial-emosional, dan mengembangkan kemampuan kognisi (kecerdasan). Dengan memanfaatkan Alat Permainan Edukatif (APE) anak dapat belajar dan bermain dengan aman. Tidak hanya itu anak juga bisa mengenali warna dan belajar berkreasi dengan menggunakan permainan playdough.

 

Kata Kunci : Alat Permainan Edukatif, (APE), dan playdough

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2017-10-01

Issue

Section

Article