Hubungan Motivasi Dengan Pembelajaran Pendidikan Jasmani SMP Abu Manshur Kabupaten Cirebon
Abstract views: 148DOI:
https://doi.org/10.36456/adiraga.v6i2.2761Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara motivasi dengan pembelajaran pendidikan jasmani. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif studi korelasional. Sampel yang digunakan adalah siswa SMP kelas VIII sebanyak 60 orang diambil secara Purposive Sampling. Instrument pembelajaran motivasi dengan penjas menggunakan angket. Analisis statistik menggunakan koefisien korelasi. Hasil penelitian hubungan antara motivasi dengan pendidikan jasmani siswa adalah sangat kuat (r = 0.922). Terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi dengan pendidikan jasmani (t hitung 18,14 < 0,05). Kontribusi pembelajaran motivasi dengan pendidikan jasmani sebesar 85,01%. Kesimpulan penelitian ini bahwa proses pembelajaran pendidikan jasmani yang dilaksanakan dengan baik, maka akan terdapat motivasi siswa yang positif. Jadi, para guru diharapkan untuk meningkatkan kualitas dalam proses pembelajaran pendidikan jasmani.
Kata Kunci: Motivasi, Pembelajaran, Pendidikan Jasmani.