Pengembangan Model Pembelajaran Fair Play dalam Perkuliahan Permainan Bola Tangan Terhadap Pembentukan Sikap dan Prilaku Mahasiswa S1 Pendidikan Jasmani

 Abstract views: 171

Authors

  • Ujang Rohman
  • Sumardi
  • Abd Cholid

DOI:

https://doi.org/10.36456/adiraga.v7i2.4588

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan suatu model Pembelajaran Fair Play (PFP) yang terintegrasi dalam perkuliahan Permainan Bola Tangan dan tertuang dalam bentuk model sebagai pedoman dalam mengiplementasikan proses perkuliahan bagi mahasiswa S1 Pendidikan Jasmani. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau research and development (R&D), menggunakan metode dengan pendekatan mixed methods. Objek penelitian adalah mahasiswa S1 Program Studi Pendidikan Jasmani, FPP Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Rancangan penelitian model desain eksplanatoris sekuensial (sequential exploratory design) dan pengumpulan data menggunakan teknik survey). Hasil analisis kuantitatif menunjukkan bahwa setelah dilakukan pemberian perlakuan model pembelajaran fair play (PFP) sebanyak 16 kali pertemuan diperoleh nilai pre test dan post test melalui uji Independent sample t test nilai out put fair play sikap dan perilaku lebih kecil dari Sig.(p-value) dimana α < 0,05 artinya model PFP berpengaruh terhadap perubahan sikap dan perilaku. Sedangkan hasil analisis kualitatif menggunakan model interactive menunjukkkan bahwa model PFP memberikan perubahan dan dapat mengembangkan sikap dan perilaku. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa penelitian model pembelajaran fair play dapat membentuk dan mengembangankan sikap serta menanamkan perilaku mahasiswa Pendidikan Jasmani dalam pembelajaran permainan bola tangan

Kata kunci: model pembelajaran, fair play, bola tangan

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-11-29

How to Cite

Rohman, U., Sumardi, & Cholid, A. (2021). Pengembangan Model Pembelajaran Fair Play dalam Perkuliahan Permainan Bola Tangan Terhadap Pembentukan Sikap dan Prilaku Mahasiswa S1 Pendidikan Jasmani. Jurnal Adiraga, 7(2), 92–107. https://doi.org/10.36456/adiraga.v7i2.4588