Siswa Kelas 8 Smp 1 Tulangan Dalam Mengikuti Pembelajaran Daring
Abstract views: 72DOI:
https://doi.org/10.36456/adiraga.v8i1.6065Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa 8 smp 1 tulangan. Tujuan dari penelitian ini mengetahui motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran daring. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Penggunaan metode observasi dalam penelitian deskriptif bertujuan untuk mengumpulkan data sebanyak-banyaknya tentang motivasi pembelajaran daring terhadap belajar siswa pengumpulan data menggunakan angket. Teknik angket merupakan instrumen dalam suatu penelitian, dimana angket yang telah disusun sebagai instrumen penelitian akan disebarkan secara serentak kepada subjek. Deskriptif yang dimaksudkan adalah untuk memberikan gambaran tentang motivasi siswa kelas 8 SMP 1 Tulangan dalam mengikuti pembelajaran daring. Berdasarkan pada perhitungan analisis data dan hasil penelitian serta beberapa tinjauan yang telah dikaji, untuk mencari faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi pembelajaran daring kelas 8 di smp 1 TULANGAN. Yaitu faktor motivasi 64,51%, faktor belajar 60,68%, faktor kebutuhan 68,31%. Dari ketiga faktor tersebut, faktor kebutuhan mempunyai presentase paling besar terhadap motivasi belajar siswa kelas 8 dalam mengikuti pembelajaran daring.
Kata Kunci : Motivasi, Pembelajaran Daring.