METODE SNOWBALL THROWING DENGAN PENGAJARAN BERBASIS INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA DI SMP NEGERI 4 SURABAYA

Authors

  • Dwi Nurhaya Universitas Negeri Surabaya
  • Mohammad Rokib Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.36456/bastra.vol11.no1.a9006

Keywords:

snoball throwing, pengajaran berbasis inquiri, hasil belajar

Abstract

ABSTRAK

Secara umum pelaksanaan pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Pertama saat ini sering kali mengalami kendala, fakta yang terjadi menunjukkan bahwa Bahasa Indonesia masih menjadi mata pelajaran yang sulit untuk dipahami apabila dilihat dari hasil belajar peserta didik. Hal ini diketahui berdasarkan observasi peneliti di SMP Negeri 4 Surabaya bahwa hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia masih tergolong rendah. Hal ini disebabkan oleh metode mengajar Bahasa Indonesia yang disajikan kurang tepat sehingga kurang menarik minat peserta didik untuk belajar Bahasa Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Dalam pengumpulan yang akan dilakukan di gunakan teknik tes, observasi, dan dokumentasi. Hasil keseluruhan siklus menunjukkan terdapat peningkatan berbagai aspek yaitu nilai rata-rata, ketuntasan klasikal, dan jumlah ketuntasan peserta didik. Sebelum diberikan metode Snowball Throwing pada pengajaran berbasis Inkuiri diperoleh jumlah ketuntasan peserta didik sejumlah 11 dari total 32 peserta didik dengan presetase ketuntasan 35,5% dan nilai rata-rata 69,76. Pada siklus 1 diperoleh jumlah ketuntasan peserta didik sejumlah 19 dari total 32 peserta didik dengan presentase ketuntasan 65,2% dan nilai rata-rata 65%. Pada siklus 2 diperoleh jumlah ketuntasan peserta didik sejumlah 28 dari total 32 peserta didik dengan presentase ketuntasan 80,34% dan nilai rata-rata 83,58.

 

Kata Kunci :  Snowball Throwing, Pengajaran Berbasis Inkuiri, Hasil Belajar

References

Anas, Sudijono. (2008). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Badan Standar Nasional Pendidikan. (2016). Kompetensi Pendidik dalam Pembelajaran yang Unggul. Jakarta: BSNP

Kunandar. (2007). Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Persiapan Menghadapi Sertifikasi Guru.Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Mami, Hajaroh. (2014). Pengembangan Evaluasi Afektif Mata Kuliah Bahasa Indonesia Di Prodi D-II PGSD Guru Kelas Universitas Negeri Yogyakarta.Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Mulyatiningsih, Endang. (2013). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Penerpit Alfabeta.

Sanjaya, Wina. (2016). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Prenada Media.

Downloads

Published

2024-04-30