PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH KONTEKSTUAL BAGI PESERTA DIDIK KELAS X-IPA SMA ISLAM HASYIM ASY’ARI BATU PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL

 Abstract views: 840

Authors

  • Mustangin Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Islam Malang
  • Abdul Halim Fathani Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Islam Malang
  • Teguh Sugiharto SMA Islam Hasyim Asy’ari Batu

DOI:

https://doi.org/10.36456/buanamatematika.v9i2:.2236

Keywords:

Problem Based Learning, Masalah Kontekstual, SPLTV

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah kontekstual peserta didik kelas X-IPA SMA Islam Hasyim Asyari Batu Tahun Pelajaran 2018/2019 melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan 2 kali pertemuan setiap siklusnya. Setiap siklus terdiri dari beberapa tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Siklus pertama dan kedua membahas materi pokok sistem persamaan linear tiga variabel (SPLTV). Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X-IPA SMA Islam Hasyim Asyari Batu Tahun Pelajaran 2018/2019 yang terdiri atas 24 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah kontekstual peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-12-25

How to Cite

Mustangin, Abdul Halim Fathani, & Teguh Sugiharto. (2019). PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH KONTEKSTUAL BAGI PESERTA DIDIK KELAS X-IPA SMA ISLAM HASYIM ASY’ARI BATU PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL. Buana Matematika : Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(2), 81–86. https://doi.org/10.36456/buanamatematika.v9i2:.2236

Issue

Section

Artikel