Implementasi Pembelajaran Individual Head Number Berbasis Google Meet dan Classroom pada Materi Trigonometri
Abstract views: 840DOI:
https://doi.org/10.36456/buanamatematika.v10i2.2568Keywords:
Pembelajaran daring, Google Classroom, Google Meet, Individual Head NumberAbstract
Di era pandemic saat ini, pembelajaran dilakukan secara daring untuk mencegah penyebaran covid-19. Oleh karena itu pendidik dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Salah satu alternatif pembelajaran daring yang dapat dilakukan adalah Individual Head Number (INH) berbasis Google Meet dan Classroom yang merupakan hasil modifikasi dari model pembelajaran Number Head Together (NHT). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil implementasi Individual Head Number Berbasis Google Meet dan Classroom dalam pembelajaran matematika serta respon siswa terhadap penggunaan Individual Head Number Berbasis Google Meet dan Classroom. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan sampel 12 siswa pada salah satu SMAN di Kabupaten Majalengka. Berdasarkan hasil uji coba terbatas, diperoleh kesimpulan sebagian besar peserta didik senang dengan proses belajar mengajar Individual Head Number berbasis Google Meet dan Classroom dengan 66,7% senang dan 33,3% merasa cukup senang. Hasil evaluasi secara umum Individual Head Number berbasis Google Meet dan Classroom dalam pembelajaran matematika materi aturan sinus dan cosinus dengan 53,3% peserta didik memberikan tanggapan efektif dan 46,7% memberikan cukup efektif, oleh karena itu disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan metode Individual Head Number berbasis Google Meet dan Classroom efektif digunakan sebagai salah satu alternatif model pembelajaran daring.
Downloads
References
Aminah, A., N. (2020). (, June). Selain di Zona Hijau, Sekolah Dilarang Tatap Muka. https://republika.co.id/berita/qc29wu384/mendikbud-selain-di-zona-hijau-sekolah-dilarang-tatap-muka
Hikmatiar, H., Sulisworo, D., & Wahyuni, M. E. (2020). Pemanfaatan Learning Manegement System Berbasis Google Classroom Dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(1), 78–86. https://doi.org/10.26618/jpf.v8i1.3019
Idcloudhost. (n.d.). Mengenal Google Meet : Fitur, Keunggulan, dan Cara Menggunakannya. Idcloudhost. https://idcloudhost.com/mengenal-google-meet-fitur-keunggulan-dan-cara-menggunakannya/
Nirfayanti, N., & Nurbaeti, N. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran Google Classroom Dalam Pembelajaran Analisis Real Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. Proximal, 2(1), 50–59. https://e-journal.my.id/proximal/article/view/211
Nurhayati, I., & Lestari, P. (2020). Pembelajaran Berbasis Whatsapp Dan Flash Game. Maju, 7(2), 28–43.
Raco, J. (n.d.). Metode Penelitian Kualitatif. Grasindo.
Raes, A., Vanneste, P., Pieters, M., Windey, I., Van Den Noortgate, W., & Depaepe, F. (2020). Learning and instruction in the hybrid virtual classroom: An investigation of students’ engagement and the effect of quizzes. Computers and Education, 143(August 2019), 103682. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.103682
Siti Suprihatiningsih, Nugroho Arif Sudibyo, & Triana Harmini. (2020). Eksperimentasi Mobile Learning Pada Mata Kuliah Kalkulus Integral Ditinjau Dari Kemampuan Bekerjasama. Buana Matematika : Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pendidikan Matematika, 10(1), 17–30. https://doi.org/10.36456/buanamatematika.v10i1.2488
Tauhid, S. M., Foldra, F., Jayawinangun, R., & Pakuan, U. (2020). Trend Kajian Pembelajaran Daring : Suatu Telaah Pustaka. Jurnal Penelitian Sosial Ilmu Komunikasi, 4(September), 157–164.
Widjayanti, W. R., Masfingatin, T., & Setyansah, R. K. (2018). Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Animasi Pada Materi Statistika Untuk Siswa Kelas 7 Smp. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 101–112. https://doi.org/10.22342/jpm.13.1.6294.101-112
Wijayati, N., Kusumawatia, I., & Titik Kushandayani. (2011). Penggunaan Model Pembelajaran Numbered Heads Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 2(2), 281–286.