Pengaruh Penggunaan Koin Bermuatan Terhadap Kepercayaan Diri Siswa Pada Operasi Bilangan Bulat

 Abstract views: 325

Authors

  • Siti Makmudah SMP Negeri 2 Adimulyo Kebumen
  • Yusuf Adhitya Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36456/buanamatematika.v10i2.2611

Keywords:

koin bermuatan, kepercayaan diri, operasi bilangan bulat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan koin bermuatan terhadap kepercayaan diri siswa kelas VII SMP Negeri 2 Adimulyo pada operasi bilangan bulat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Quasi Experiment dengan postrespons-only control design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Adimulyo dengan sampel penelitian berjumlah 64 siswa yang terdiri dari 32 siswa kelas VII G dan 32 siswa kelas VII H. Data tersebut dianalisis menggunakan uji Mann-Whitney. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai signifikansi 0,0000195 < 0,05 sehingga H1 diterima. Dengan kata lain, terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan koin bermuatan terhadap kepercayaan diri siswa pada operasi bilangan bulat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achdiyat, M., & Lestari, K.D. (2016). Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Kepercayaan Diri dan Keaktifan Siswa di Kelas. Formatif : Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1).

Ariyanti, H.P. (2016). Pengaruh Pembelajaran Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Matematis Siswa (Ditinjau dari Kemampuan Representasi dan Komunikasi). Buana Matematika : Jurnal Ilmiah Dan Pendidikan Matematika, 6(2). 37-44.

Hannula, M. S., Maijala, M., & Pehkonen, E. (2014). Development and Understanding Self-confidence in Mathematics Grade 5-8. Group for Psychology of Mathematics Education, 66(1). 64-74

Hendriana, H., Rohaeti, E.E., & Sumarmo, U. (2017). Hard Skill dan Soft Skill Matematik Siswa. Bandung : Refika Aditama

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2014). Buku Guru Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VII. Jakarta : Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Kemendikbud.

Krishna, A. (2006). Neo Psychic Awarenes. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Maryam, S., & Aeni, A.N. (2016). Pendekatan ekspolaratif untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis dan kepercayaan diri siswa. Jurnal Pena Ilmiah, 1 (1), 551-560

Octavianingtyas, E. (2015). Media untuk Mengefektifkan Pembelajaran Operasi Hitung Dasar Matematika Jenjang Pendidikan Dasar. Pancaran Pendidikan, 4(4), 207-218.

Pratiwi, I.D. & Laksmiwati, H. (2016). Kepercayaan Diri dan Kemandirian Pada Siswa SMA Negeri” X”. Jurnal Psikologi Teori & Terapan, 7 (1).

Putri, A. (2019). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Self-Confidence Siswa yang Memperoleh Pembelajaran dengan Pendekatan Metacognitive Scaffolding. Tesis : Universitas Pendidikan Indonesia

Siregar, N.R. (2017). Persepsi siswa pada pelajaran matematika : Studi pendahuluan pada siswa yang menyenangi game. Prosiding Temu Ilmiah Nasional X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia

Suandani, I.(2013). Penggunaan Alat Peraga Koin Bermuatan untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Winarsih. (2009). Peningkatan Respon Siswa pada Pembelajaran IPS Melalui Pendekatan Keterampilan Proses. Malang : UMP Malang

Published

28-12-2020

How to Cite

Siti Makmudah, & Yusuf Adhitya. (2020). Pengaruh Penggunaan Koin Bermuatan Terhadap Kepercayaan Diri Siswa Pada Operasi Bilangan Bulat. Buana Matematika : Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pendidikan Matematika, 10(2), 201–210. https://doi.org/10.36456/buanamatematika.v10i2.2611

Issue

Section

Artikel