Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dalam Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Operasi Bentuk Akar pada Siswa Kelas X SMK 17 Agustus 1945 Surabaya

 Abstract views: 458

Authors

  • Ardianik Univetsitas Dr.Soetomo Surabaya
  • Sucipto Univetsitas Dr.Soetomo Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.36456/buanamatematika.v10i2.2613

Keywords:

pembelajaran kooperatif, student teams achievement division, operasi bentuk akar, keaktifan belajar

Abstract

Penelitian ini dilakukan di kelas X SMK 17 Agustus 1945 Surabaya dikarenakan peneliti melihat beberapa masalah yang dihadapi siswa dan guru dalam proses kegiatan belajar mengajar. Peneliti menemukan masalah lemahnya kemampuan siswa dalam memahami konsep operasi bentuk akar yang berdampak pada kurangnya keaktifan belajar dan hasil belajar siswa yang masih dibawah nilai KKM. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat keaktifan dan tingkat hasil belajar siswa setelah diterapkan pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi operasi bentuk akar. Jenis penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah Siswa SMK kelas X keahlian Usaha Perjalanan Wisata (UPW) dengan jumlah siswa sebanyak 33 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan metode tes dan metode observasi. Metode analisis data meliputi data kualitatif dan data kuantitatif menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian dari siklus I dan siklus II, menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divison (STAD) dapat meningkatkan keaktifan Belajar dan hasil belajar siswa pada materi operasi bentuk akar di kelas X UPW SMK 17 Agustus 1945 Surabaya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardillah, S. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran STAD Dan NHT Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X-1 Dan X-2 Akutansi. Buana Matematika : Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(1:), 25–32. https://doi.org/10.36456/buanamatematika.v6i1:.373

Arif, R. (2016). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Siswa. Buana Matematika : Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(1:), 11–18. https://doi.org/10.36456/buanamatematika.v6i1:.371

Arikunto. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Desriyana, D. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Penerapan Himpunan Di Kelas VII. Aksioma Journal Pendidikan Matematika, 5(3), 179–190.

Eminingsih. (2013). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Siswa Kelas VII E SMP Negeri 3 Batang. Lembaran Ilmu Kependidikan, 42(1), 29–35.

Kalim, N., & Siti Andriani. (2013). Model Pembelajaran Kooperatif STAD Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika (Cooperative Learning Model STAD To Improve Mathematics Result). Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo, 1(1), 75–82.

Nur, A., & Hudallah, N. (2015). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) Dengan Media Kartu Pintar Pada Mata Pelajaran Tik Kelas Vii Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMPN 1 Kandeman-Batang. Edu Komputika Journal, 2(2), 19–28. https://doi.org/10.15294/edukomputika.v2i2.7849

Nurkhikmah. (2013). Keefektifan Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Peningkatan Kualitas Pembelajaran Ipa. Journal of Elementary Education, 2(2), 19–24.

Putri, K. C., & Sutriyono. (2018). P ENGARUH M ETODE P EMBELAJARAN STAD TERHADAP H ASIL Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika Persamaan Linear Dua Variable diperoleh Pair Share ), Team Assisted Individualization Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 295–306.

Rachmawati, R. S. ; I. (2018). Issn 2614-0357. Analisis Gabungan Strategi Memilih Notasi Yang Tepat Dan Membentuk Masalah Yang Setara Dalam Menentukan Sisa Pembagian, 3, 242–251.

Rusman. (2016). Model- Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Bandung: PT. Raja Grafindo Persada.

Sari, S. R., & Munoto. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT ( Teams Games Tournament ) Berbasis Permainan Ludo Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Perekayasaan Sistem Antena Kelas XI SMK Negeri 3 Surabaya. Journal Pendidikan Teknik Elektro, 7(2), 215–223.

Setyadi, A. E., & Supartini, S. (2014). Implementasi pendekatan science edutainment berbasis lesson study terhadap hasil belajar siswa biologi. JPBIO (Jurnal Pendidikan Biologi), 5(1), 12–19. https://doi.org/10.31932/jpbio.v5i1.550

Sudjana, N. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Vellayati, S. (2017). ANALISIS AKTIVITAS BELAJAR SISWA DAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN GURU PADA MATA PELAJARAN KIMIA (Studi Kasus di SMA Negeri 8 Banda Aceh Tahun 2016/2017). Seminar Nasional Mipa III, 119–126.

Winkel. (1996). Psikologi Pengajaran. Gramedia.

Yudianto. (2014). Model Pembelajaran Teams Games Tournaments (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Budaya, 1(2), 36–43. https://doi.org/10.32884/ideas.v5i4.227

Published

09-12-2020

How to Cite

Ardianik, & Sucipto. (2020). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dalam Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Operasi Bentuk Akar pada Siswa Kelas X SMK 17 Agustus 1945 Surabaya. Buana Matematika : Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pendidikan Matematika, 10(2), 113–132. https://doi.org/10.36456/buanamatematika.v10i2.2613

Issue

Section

Artikel