Analisis Kemampuan Menyusun Perangkat Pembelajaran Mahasiswa Universitas Qomaruddin Ditinjau dari TPACK

DOI:
https://doi.org/10.36456/buanamatematika.v11i1.2692
Keywords:
RPP, Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK)Abstract
Pendidikan merupakan salah satu investasi terbesar, terutama untuk mempersiapkan keterampilan abad 21 yang menuntut untuk berpikir kritis, kreatif, kolaboratif, dan komunikatif yang dapat diwujudkan dalam pembelajaran matematika. Untuk mencapai tujuan tersebut diperlukan peran pendidik dalam perancangan kegiatan pembelajaran matematika. Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) merupakan penggabungan pengetahuan teknologi, pedagogi, dan isi yang diterapkan sesuai dengan konteks. Oleh karena itu, mahasiswa calon guru dituntut untuk bisa mengintegrasikan teknologi ke dalam pembelajaran. Tujuan penelitihan ini adalah untuk mengetahui kemampuan mahasiswa dalam menyusun perangkat ditinjau dari TPACK. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang dilakukan di Universitas Qomaruddin dengan jumlah 24 Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa penilaian penyusunan Perangkat pembelajaran melalui Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) Mahasiswa yang diuji reliabilitasnya kemudian ditabulasikan dan dideskripsikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat reliabilitas instrumen yang diperoleh adalah tinggi. Kemampuan mahasiswa dalam menyusun perangkat pembelajaran tergolong sangat baik, dengan skor Technological Knowledge (TK) sebesar 86,46%, Pedagogical Knowledge (PK) sebesar 84,55%, Content Knowledge (CK) sebesar 83,85%, Technological Content Knowledge (TCK) sebesar 83,33%, Pedagogical Conten Knowledge (PCK) sebesar 88,54%, Technological Pedagogical Knowledge (TPK) sebesar 70,83% dan TPACK sebesar 71,88%.
Downloads
References
Barata, A. (2015). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika pada materi perbandingan untuk siswa kelas VII dengan pendekatan kontekstual.
Boslaugh, S. (2008). Statistics in a Nutshell.
Hidayani, N. (2017). Kemampuan Technological Pedagogical Content. Skripsi.
Indonesia, M. R. T. dan P. T. R. (2019). Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia. Kemenristekdikti, 1–58.
Koçoǧlu, Z. (2009). Exploring the technological pedagogical content knowledge of pre-service teachers in language education. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 1(1), 2734–2737. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2009.01.485
Koehler, M. J., Mishra, P., & Cain, W. (2013). What is Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK)? Journal of Education, 193(3), 13–19. https://doi.org/10.1177/002205741319300303
Lestari, S. (2015). Analisis Kemampuan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) pada Guru Biologi SMA dalam Materi Sistem Saraf. Seminar Nasional XII Pendidikan Biologi FKIP UNS 2015, 1(1), 123–136.
Napitupulu, D. B. (2015). Studi Validitas Dan Realibilitas Faktor Sukses Implementasi E-Government Berdasarkan Pendekatan Kappa. Jurnal Sistem Informasi, 10(2), 71. https://doi.org/10.21609/jsi.v10i2.388
Permenristekdikti No. 55. (2017). Peraturan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi tentang Standar Pendidikan Guru. 10.
Rafi, I., & Sabrina, N. (2019). Pengintegrasian TPACK dalam Pembelajaran Geometri SMA untuk Mengembangkan Profesionalitas Guru Matematika. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 3(1), 47–56. https://doi.org/10.31235/osf.io/v2ygb
Sarp, G. (2005). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. March, 25–27.
Sudijono, A. (2011). Pengantar Statistik Pendidikan. In Anas Sudijono (27th ed.). RajaGrafindo Persada (Rajawali Press).
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (2nd ed.). Alfabeta.
Suyamto, J., Masykuri, M., & Sarwanto, S. (2020). Analisis Kemampuan Tpack (Technolgical, Pedagogical, and Content, Knowledge) Guru Biologi Sma Dalam Menyusun Perangkat Pembelajaran Materi Sistem Peredaran Darah. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 9(1), 46. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v9i1.41381