Team Games Tournament dan Numbered Head Together dalam Pembelajaran Bangun Datar

 Abstract views: 325

Authors

  • Dwi Rejeki Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta
  • Esti Harini Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta
  • Istiqomah Istiqomah Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta
  • Fitria Sulistyowati Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

DOI:

https://doi.org/10.36456/buanamatematika.v11i1.2795

Keywords:

Team Games Tournament, Numbered Head Together, motivasi belajar, hasil belajar matematika

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) dan Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar matematika ditinjau dari motivasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan true experiment dengan subjek seluruh siswa kelas VII di MTsN 7 Sleman. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik angket, tes dan dokumentasi. Instrumen tes hasil belajar matematika yang digunakan, memenuhi validitas, tingkat kesukaran, daya beda dan reliabilitas, sedangkan angket motivasi belajar memenuhi validitas dan reliabilitas. Analisis variansi (anava) dua arah digunakan untuk menganalisis data dan dilanjutkan dengan uji pasca anava. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) terdapat perbedaan hasil belajar matematika antara siswa dengan perlakuan TGT dan NHT; (2) terdapat perbedaan hasil belajar siswa bermotivasi tinggi, sedang, dan rendah dan (3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi penelitian berikutnya terkait pembelajaran TGT dan NHT.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Acharya, A. S., Prakash, A., Saxena, P., & Nigam, A. (2013). Sampling: Why and how of it. Indian Journal of Medical Specialties, 4(2), 330–333.

Achdiyat, M., & Lestari, K. D. (2016). Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Kepercayaan Diri dan Keaktifan Siswa di Kelas. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1).

Agra, G., Formiga, N. S., Oliveira, P. S. de, Costa, M. M. L., Fernandes, M. das G. M., & Nóbrega, M. M. L. da. (2019). Analysis of the concept of Meaningful Learning in light of the Ausubel’s Theory. Revista Brasileira de Enfermagem, 72(1), 248–255.

Al-Tabany, T. I. B. (2014). Mendesain model pembelajaran inovatif, progresif, dan kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Group.

Asrul, A., Ridlo, S., & Susilo, S. (2018). Creative Thinking Analysis, Motivation and Concept Mastery on Learning of Cooperative Discovery Model in Elementary School. Journal of Primary Education, 7(1), 48–56.

Bailey, D. H., Hoard, M. K., Nugent, L., & Geary, D. C. (2012). Competence with fractions predicts gains in mathematics achievement. Journal of Experimental Child Psychology, 113(3), 447–455.

Berger, J.-L., & Karabenick, S. A. (2011). Motivation and students’ use of learning strategies: Evidence of unidirectional effects in mathematics classrooms. Learning and Instruction, 21(3), 416–428.

Dahar, R. W. (2011). Teori-teori belajar dan pembelajaran. Jakarta: Erlangga, 136, 141.

Duha, M. (2012). Cooperative Learning: metode, teknik, struktur dan model penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fahradina, N., & Ansari, B. I. (2014). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP dengan Menggunakan Model Investigasi Kelompok. Jurnal Didaktik Matematika, 1(2).

Hocking, R. R. (2013). Methods and applications of linear models: regression and the analysis of variance. John Wiley & Sons.

Indonesia, P. R. (2017). Permendikbud No. 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Johnson, D. W., & Johnson, R. T. (2011). Cooperative learning. The Encyclopedia of Peace Psychology.

Kurniawan, D., & Wustqa, D. U. (2014). Pengaruh perhatian orangtua, motivasi belajar, dan lingkungan sosial terhadap prestasi belajar matematika siswa SMP. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 176–187.

Oktavianingtyas, E. (2013). Studi tentang faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa program studi pendidikan matematika FKIP Universitas Jember. KadikmA, 4(2).

Pello, A. C. S. (2018). KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN MEDIA KAHOOT UNTUK TOPIK PERSAMAAN KUADRAT PADA SISWA KELAS X SMA IPH 2 SURABAYA. Buana Matematika: Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(2), 89–100.

Pradilasari, L., Gani, A., & Khaldun, I. (2019). Pengembangan media pembelajaran berbasis audio visual pada materi koloid untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa SMA. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 7(1), 9–15.

Ramlah, R., Firmansyah, D., & Zubair, H. (2015). Pengaruh Gaya Belajar dan Keaktifan Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika (Survey Pada SMP Negeri di Kecamatan Klari Kabupaten Karawang). Majalah Ilmiah SOLUSI, 1(03).

Seran, E. B., Ladyawati, E., & Susilohadi, S. (2018). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA. Buana Matematika: Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(2), 115–120.

Slavin, R. E. (2010). Co-operative learning: what makes group-work work. The Nature of Learning: Using Research to Inspire Practice, 161–178.

Sulasteri, S. (2013). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar. MaPan: Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 1(1), 151–177.

Sulistyowati, F., Kuncoro, K. S., Setiana, D. S., & Purwoko, R. Y. (2019). Solving high order thinking problem with a different way in trigonometry. Journal of Physics: Conference Series, 1315(1), 12001.

Turner, J. C., Warzon, K. B., & Christensen, A. (2011). Motivating mathematics learning: Changes in teachers’ practices and beliefs during a nine-month collaboration. American Educational Research Journal, 48(3), 718–762.

Undang-Undang, R. I. (2015). No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Kementerian Agama.

Widyastuti, E., & Widodo, S. A. (2018). Hubungan Antara Minat Belajar Matematika Keaktifan Siswa dan Fasilitas Belajar disekolah dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas X SMK Se-Kecamatan Umbulharjo. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia.

Yogihati, C. I. (2010). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Fisika Umum Melalui Pembelajaran Bermakna dengan Menggunakan Peta Konsep. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 6(2).

Downloads

Published

30-06-2021

How to Cite

Dwi Rejeki, Esti Harini, Istiqomah Istiqomah, & Sulistyowati, F. (2021). Team Games Tournament dan Numbered Head Together dalam Pembelajaran Bangun Datar. Buana Matematika : Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pendidikan Matematika, 11(1), 29–40. https://doi.org/10.36456/buanamatematika.v11i1.2795

Issue

Section

Artikel