Respon Siswa SD Dengan Kemampuan Matematika Rendah Dalam Menyelesaikan Masalah Probabilitas

DOI:
https://doi.org/10.36456/buanamatematika.v11i1.2887
Keywords:
Respon, Kemampuan Matematika, Masalah ProbabilitasAbstract
Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui respon siswa dengan kemampuan matematika rendah dalam masalah probabilitas. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan tes dan wawancara. Teknik pengambilan sample menggunakan purposive sampling. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Validitas data menggunakan triangulasi waktu. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan siswa dengan kemampuan matematika rendah memiliki respon terhadap probabilitas ruang sample non-statistis dan menunjukkan respon yang statistis pada probabilitas suatu kejadian serta pada perbandingan probabilitas, anak memiliki respon yang non-statistis.
Downloads
References
Ariyani, D., & Prima, E. (2019). Peningkatan Kemampuan Literasi Siswa Melalui Model Diagram Ishikawa Fishbone di SD Negeri 7 Ciamis. In Seminar Internasional Riksa Bahasa.
Feldman, D. H. (2004). Piaget’s stages: the unfinished symphony of cognitive development. New Ideas in Psychology, 22(3), 175–231. https://doi.org/10.1016/j.newideapsych.2004.11.005
Ivayana Sari, D. (2015a). Profil Berpikir Probabilistik Siswa Sekolah Dasar (SD) Berkemampuan Matematika Rendah Dalam Menyelesaikan Tugas Probabilitas. Media Penelitian Pendidikan: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Dan Pengajaran, 9(2).
Ivayana Sari, D. (2015b). Profil Berpikir Probabilistik Siswa Sekolah Dasar (SD) Berkemampuan Matematika Tinggi Dalam Menyelesaikan Tugas Probabilitas. In Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY, 1123–1130.
Jan, I., & Amit, M. (2009). A Four Phase Model for Predicting the Probabilistic Situation of Compound Events. In HTW Dresden. HTW Dresden.
Kau, M. A. (2017). Peran Guru dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Sekolah Dasar. Proceeding Seminar Dan Lokakarya Nasional Bimbingan Dan Konseling 2017, 1(0), 157–166.
Kurniasih, R., & Sujadi, I. (2017). Probabilistic Learning in Junior High School: Investigation of Student Probabilistic Thinking Levels. Journal of Physics: Conference Series, 895(1), 12028. https://doi.org/10.1088/1742-6596/895/1/012028
Kurniawan, H. (2015). Pembelajaran Kreatif Untuk Mewujudkan Anak-Anak Yang Cerdas, Kreatif, dan Berkarakter. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 20(2), 205–216. https://doi.org/10.24090/INSANIA.V20I2.1433
Maher, C. A., & Ahluwalia, A. (2014). Counting as a Foundation for Learning to Reason About Probability. In: Chernoff E., Sriraman B. (Eds) Probabilistic Thinking. Advances in Mathematics Education. Springer, Dordrecht., 559–580. https://doi.org/10.1007/978-94-007-7155-0_30
Novita, D., & Budiman, M. H. (2015). Pengaruh Pola Pengasuhan Orangtua dan Proses Pembelajaran di Sekolah Terhadap Tingkat Kreativitas Anak Prasekolah (4-5 Tahun). Jurnal Pendidikan, 16(2), 100–109. https://doi.org/10.33830/jp.v16i2.338.2015
Nugrahani, F., & Hum, M. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. In Solo: Cakra Books. Solo: Cakra Books.
Oktavia, Y. (2020). Usaha Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kreativitas Guru dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. In Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan (Vol. 2). Retrieved from http://ejournal.unp.ac.id/index.php/bahana/article/view/3828
Ortiz, J. J., Cañizares, M. J., Batanero, C., & Serrano, L. (2002). An Experimental Study of Probabilistic Language in Secondary School Textbooks. In In contributed paper to the International Conference On Teaching Statistics (Vol. 6).
Raco, J. (2018). Metode Penelitian Kualitatif: jenis, karakteristik dan keunggulannya. Retrieved from https://osf.io/preprints/mfzuj/
Sari, D. I., Budayasa, I. K., & Juniati, D. (2017). The analysis of probability task completion; Taxonomy of probabilistic thinking-based across gender in elementary school students. AIP Conference Proceedings, 1868. https://doi.org/10.1063/1.4995131
Sari, D. I., Budayasa, I. K., & Juniati, D. (2018a). Analisis Penyelesaian Tugas Probabilitas Sisanalisis Penyelesaian Tugas Probabilitas Siswa SD Ditinjau dari Perbedaan Kemampuan Matematika dan Gender. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(1), 124. https://doi.org/10.24127/ajpm.v7i1.1344
Sari, D. I., Budayasa, I. K., & Juniati, D. (2018b). Perkembangan Berpikir Probabilistik Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Matematika (JRPIPM), 1(1), 30. https://doi.org/10.26740/jrpipm.v1n1.p30-39
Sharma, S. (2012). Cultural Influences in Probabilistic Thinking. Journal of Mathematics Research, 4(5). https://doi.org/10.5539/jmr.v4n5p63
Sharma, S. (2014). Cultural Influences in Probabilistic Thinking. Advances in Mathematics Education. Springer, Dordrecht, 657–681. https://doi.org/10.1007/978-94-007-7155-0_35
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. In Bandung: Alfabeta.
Sujadi, I., Kurniasih, R., & Subanti, S. (2017). The Effectiveness of Learning Material with Edmodo to Enhance The Level of Student’s Probabilistic Thinking. AIP Conference Proceedings, 1848, 40014. https://doi.org/10.1063/1.4983943
Susanti, D. (2016). Profil Berpikir Kreatif dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. Jurnal Buana Matematika, 6(2), 11–16. Retrieved from http://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/buana_matematika/article/view/364/229
Way, J. (2003). The Development of Young Children’s Notions of Probability. In In Proceedings of CERME (Vol. 3, pp. 1–8).
Wiyani, N. A. (2020). Manajemen Program Pembiasaan bagi Anak di PAUD Banyu Belik Purwokerto. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8(1), 029–042. https://doi.org/10.21043/thufula.v8i1.7044