Pengembangan LKS Trigonometri Berbasis Etnomatematika Pada Masjid Cheng-Ho di Kabupaten Jember

 Abstract views: 964

Authors

  • Anas Ma'ruf Annizar Institut Agama Islam Negeri Jember
  • Annisaul Kholida Institut Agama Islam Negeri Jember
  • Atika Alfitria Institut Agama Islam Negeri Jember
  • Abdullah Subhi Yusuf Institut Agama Islam Negeri Jember

DOI:

https://doi.org/10.36456/buanamatematika.v11i1.3564

Keywords:

Etnomatematika, Pengembangan LKS, Trigonometri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKS matematika materi trigonometri berbasis etnomatematikapada masjid Cheng-Ho di Jember. Peneletian ini dilaksanakan untuk mengetahui tingkat kevalidan, kepraktisan, dan keefektivan sebagai pengukur tingkat kualitas LKS. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dan menerapkan penelitian pengembangan model ADDIE. Instrumen yang dipakai dalam mengukur kualitas LKS berupa lembar validasi, angket respon guru dan siswa, serta lembar tes hasil belajar siswa. Dari penelitian ini didapatkan hasil: 1. Kualitas LKS ditinjau dari aspek kevalidan berada pada kategori yang sangat valid, dimana hasilnya termasuk kedalam persentasi yang cukup tinggi yakni validitas materi sebesar , validitas media sebesar  dan desain sebesar . 2. Kualitas LKS ditinjau dari aspek kepraktisan berada pada kategori tinggi ditunjukkan dari angket guru mencapai presentase , todak hanya itu bahkan persetase yang sangat tinggi juga ditunjukkan berdasarkan pada angket siswa dengan perolehan . 3. Kualitas LKS dilihat dari aspek keefektivan termasuk kedalam kategori efektif, ditunjukkannya dengan dicapainya ketuntas individual dan ketuntasan klasikal dalam tes belajar yang diberikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aini, A. N., Mukhlis, M., Annizar, A. M., Jakaria, M. H. D., & Septiadi, D. D. (2020, February). Creative thinking level of visual-spatial students on geometry HOTS problems. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1465, No. 1, p. 012054). IOP Publishing. doi:10.1088/1742-6596/1465/1/012054

Annizar, Anas Ma’ruf. (2015). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Soal PISA Menggunakan Model IDEAL pada Siswa usia 15 Tahun di SMA Nuris Jember. Skripsi. Jember: Universitas Jember

Annizar, Anas Ma'ruf, and Miftah Arifin. (2021). Perbedaan Prestasi Belajar Mahasiswa Ditinjau dari Jalur Seleksi Masuk Perguruan Tinggi." SAP (Susunan Artikel Pendidikan) 5.3.

Annizar, A. M., Lestari, A. C., Dalimarta, S., & Wulandari, Y. N. (2021). The process of student analytical thinking in understanding and applying lattice method to solve mathematical problem." Journal of Physics: Conference Series. 1836 (1). IOP Publishing. doi:10.1088/1742-6596/1836/1/012047

Annizar, A. M., Jakaria, M. H. D., Mukhlis, M., & Apriyono, F. (2020, February). Problem solving analysis of rational inequality based on IDEAL model. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1465, No. 1, p. 012033). IOP Publishing. doi: 10.1088/1742-6596/1465/1/012033

Annizar, A. M. R., Lestari, A. C., Sofiah, S., Khairunnisa, G. F., & Maulyda, M. A. (2020). Proses berpikir inkuiri dalam menyelesaikan masalah higher order thinking skills (hots) ditinjau dari tingkat kognitif. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), 1192-1204. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.3113

Annizar, A. M. R., Sisworo, S., & Sudirman, S. (2018). Pemecahan Masalah menggunakan Model IDEAL pada Siswa Kelas X Berkategori Fast-Accurate. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(5), 634-640.

Annizar, A. M. R., & Zahro, F. S. (2020). Proses Berpikir Metafora dalam Menyelesaikan Masalah Matematis Soal HOTS Berdasarkan Kemampuan Kognitif Siswa. Jurnal Tadris Matematika, 3(2), 117-130. DOI: http://dx.doi.org/10.21274/jtm.2020.3.2.117-130

Andari, T., & Komsiatun, E. (2018). Pengembangan LKS berbasis pendekatan realistic mathematics education untuk meningkatkan kemampuan matematis siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(1), 155-160.

Arifin, Z. A. I., & Sepriyani, D. N. A. (2019). Pengembangan Lks Matematika dengan Pendekatan Saintifik Pokok Bahasan Polinomial untuk Sma Kelas XI. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 9-15.

Astuti, A., & Sari, N. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas X SMA. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 13-24.

Astuti, Y., & Setiawan, B. (2013). Pengembangan lembar kerja siswa (LKS) berbasis pendekatan inkuiri terbimbing dalam pembelajaran kooperatif pada materi kalor. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(1).

Fannie, R. D., & Rohati, R. (2014). Pengembangan lembar kerja siswa (LKS) berbasis POE (predict, observe, explain) pada materi program linear kelas XII SMA. Sainmatika: Jurnal Sains dan Matematika Universitas Jambi, 8(1), 221053.

Febriani, P., Widada, W., & Herawaty, D. (2019). Pengaruh pembelajaran matematika realistik berbasis etnomatematika terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa SMA Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(2), 120-135.

Hasanah, S. I., Hafsi, A. R., & Zayyadi, M. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Etnomatematika Dalam Membangun Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 10(2), 183-191.

Hersandi, M., Mahardika, I. K., & Nuriman, N. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Lembar Kerja Siswa (LKS) dalam Bentuk Brosur untuk Pembelajaran IPA di SMP ditinjau dari Aspek Kegrafikaannya. Jurnal Pembelajaran dan Pendidikan Sains, 2(1), 57-64.

Khairunnisa, G. F., Maulyda, M. A., Annizar, A. M. R., Hijriani, L., & Khair, M. S. D. (2020). Mathematics Communication: Translation of Elementary Students' Idea. NUMERICAL: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 77-86. doi: 10.25217/numerical.v4i2.781

Khalimah, N., Farin, K. I., Nikmah, M., Ni’mah, K., & Jatmiko, J. (2017). Budaya kediri dalam pembelajaran matematika (pengembangan lembar kegiatan siswa (LKS) berbasis etnomatematika melalui pendekatan saintifik). JIPMat, 2(1).

Lestari, A. C., & Annizar, A. M. R. (2020). Proses Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah PISA ditinjau dari Kemampuan Berpikir Komputasi. Jurnal Kiprah, 8(1), 46-55. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.3113

Maulyda, M. A., Hidayati, V. R., Apsari, R. A., Firda, G., & Khairunnisa, A. M. R. A. (2020). How Students Find Patterns?: Mathematical Representations in the Laws of Proximity, Closure, and Similarity. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 39(2), 1-17.

Muafiqi, S., & Jailani. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Matematika yang Berorientasi pada Karakter dan Higher Order Thinking Skill(HOTS). PYTHAGORAS:Jurnal Pendidikan Matematika, 9 (1), 45-59.

Nizaruddin, N., & Murtianto, Y. H. (2017). Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Berbantuan Macromedia Flash 8 dengan Pendekatan Kontekstual Pada Materi Program Linier Kelas XI. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 8(2), 9-18.

Norsanty, U. O., & Chairani, Z. (2016). Pengembangan lembar kerja siswa (LKS) materi lingkaran berbasis pembelajaran guided discovery untuk siswa SMP kelas VIII. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 12-23.

Nurafni, A., Pujiastuti, H., & Mutaqin, A. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Trigonometri Berbasis Kearifan Lokal. Journal of Medives:Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 4 (1), 71-80.

Oktarina, A., Luthfiana, M., & Refianti, R. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Etnomatematika Berbasis Penemuan Terbimbing pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Pendidikan Matematika: Judika Education, 2(2), 91-101.

Putra, R. W. Y., & Anggraini, R. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Materi Trigonometri Berbantuan Software iMindMap pada Siswa SMA. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 39-47.

Richardo, R. (2017). Peran ethnomatematika dalam penerapan pembelajaran matematika pada kurikulum 2013. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 7(2), 118-125.

Subakri & Annizar, A. M. (2021). The effects of covid-19 in learning: effective and efficient online learning models of mathematical statistics and real analysis from the students’ perspective. Journal of Physics: Conference Series. 1836(1). doi:10.1088/1742-6596/1836/1/012048

Downloads

Published

30-06-2021

How to Cite

Annizar, A. M., Kholida, A., Alfitria, A. ., & Yusuf, A. S. . (2021). Pengembangan LKS Trigonometri Berbasis Etnomatematika Pada Masjid Cheng-Ho di Kabupaten Jember. Buana Matematika : Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pendidikan Matematika, 11(1), 69–88. https://doi.org/10.36456/buanamatematika.v11i1.3564

Issue

Section

Artikel