Analisis Kesalahan Konsep Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Soal Berdasarkan Taksonomi SOLO

DOI:
https://doi.org/10.36456/buanamatematika.v11i1.3714
Keywords:
Kesalahan konsep, sistem persamaannlinear dua variabel, taksonomi soloAbstract
Berdasarkanihasil observasi di SMPK St. Theresia Kaca siswa sering melakukanckesalahan dalamamenyelesaikan soal pada materi sistemapersamaan linear dua variabel.Penelitianaini bertujuan untuk menganalisis kesalahan konsep matematikaasiswa dalam menyelesaikanisoal sistem persamaan linearidua variabel berdasarkan TaksonomiSOLO.Penelitianiini menggunakanzpendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkanabahwa jenis kesalahan padaindikatorkemampuan menyatakaniulang sebuah konsep diantaranyaamenyatakan ulang sebuahakonsep tidak lengkap dan tidak adaijawaban,jenis kesalahan pada indikator kemampuan memberikan contoh dancbukan contoh diantaranya memberikan contoh dan bukan contoh tidak lengkap, memberikanccontoh dan bukan contoh tidak sesuaidan tidak ada jawaban dan jenis kesalahan pada indikator kemampuan mengaplikasikan konseplatau algoritma kepemecahan masalah diantaranya mengaplikasikan konsep atau algoritma kepemecahan masalah tidak lengkapdan tidak adawjawaban. Disimpulkan bahwa secara keseluruhanwterdapate21 dari 30asiswa yang melakukan kesalahan pada indikator pertama, pada indikator kedua secara keseluruhan terdapat 23 dari 30 siswa yang melakukan kesalahan, dan pada indikator ketigaasecara keseluruhan terdapat 14 dari 30 siswa yang melakukan kesalahan.
Abstract.Based onithe results of observationssat SMPK St. Theresia Kaca students often make mistakes in solving problems onnthe material of the two-variable linear aquationnsystem. The purpose offthis study was to analyze theestudents’ mathematical misconceptionssin solving theetwo-variableelinear aquation system problems based on the SOLO Taxonomy. Thissresearch uses a qualitative approach with descriptiveeresearch type. Based on theeresults of the research, it was found thattthe types of errors innthe ablility to restate a concept include restating an incomplete concept and no answer, the types of errors in the ability to give examples and not not examples are not appropritate and there are no answer and types of errors on the indicators of the ability to apply concepts or problem solving algorithms, including applying incomplete problem solving concepts or algortithms and no answer. It was concluding that overall there were 21 out of 30 students who made mistakes on the first indicator, on the second indicator overall there were 23 out of 30 students who made mistakes, and in the third indicator overall there were 14 out of 30 students who made mistakes.
Downloads
References
Andriani, T., Suastika, I. K., & Sesanti, N. R. (2017). Analisis Kesalahan Konsep Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Soal Trigonometri Kelas X TKJ SMKN 1 Gempol Tahun Pelajaran 2016/2017. Mathematics Education Journal, 1(1), 34–39. https://doi.org/10.21067/pmej.v1i1.1998
Creswell, J. W. (2016). Research Design Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, Dan Campuran. Yogyakarta: PT Remaja Rosdakarya.
Damayanti, N. W., Mayangsari, S. N., & Mahardhika, L. T. (2017). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Pemahaman Konsep Operasi Hitung Pada Pecahan. Jurnal Ilmiah Edutic/Vol, 4(1).
Dedeng, E., Fayeldi, T., & Ferdiani, R. D. (2020). Analisis Miskonsepsi Siswa Kelas VII Pada Sub Materi Penyelesaian Spldv Dan Penerapan Spldv Menggunakan Three Tier-Test. Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 2(2), 129–135.
Dewi, R., Lambertus, & Hafilidin. (2019). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaiakan Soal Persamaan Garis Lurus Pada Siswa Kelas VIII MTs Negeri 2 Kendari. Pendidikan Matematika, 7(3), 57–71.
Dwi Putri Amalia, Y. (2019). Analisis Kesalahan Peserta Didik Kelas VII SMPN 22 Padang DDalam Menyelesaikan Soal-Soal Matematika Berdasarkan Taksonomi SOLO. 8(2), 11–17.
Gesela Marisa, Syaiful, B. H. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Operasi Aljabar Berdasarkan Taksonomi SOLO. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 77–88.
Hadi, S., & Umi Kasum, M. (2015). Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Memeriksa Berpasangan (Pair Checks). Pendidikan Matematika, 3(1), 59–66. https://doi.org/10.20527/edumat.v3i1.630
Juwita, S., & Zahra, A. (2019). Analisis kesalahan siswa dalam pemahaman konsep menyelesaikan soal cerita spldv dengan tahapan newman. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 2(2), 87–94.
Maulana, F., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kesalahan Siswa SMADalam Menjawab Soal Dimensi Tiga Berdasarkan Teori Newman. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(2), 182–190.
Nur Rofi’ah, Ansori, H., & Mawaddah, S. (2019). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika berdasarkan langkah penyelesaian polya. Jurnal Pendidikan Matmatika, 7(2), 120–129. https://doi.org/10.20527/edumat.v7i2.7379
Pujiati , Mohammad Kanzunnudin, S. W. (2018). Analisis Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas Iv Sdn 3 Gemulung Pada Materi Pecahan. Anargya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 37–41. https://doi.org/10.24176/anargya.v1i1.2278
Rahmania, L., & Rahmawati, A. (2016). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Persamaan Linier Satu Variabel. 1(2), 165–174. https://doi.org/10.26594/jmpm.v1i2.639
Salido, A., Misu, L., & Salam, M. (2014). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Matematika Materi Pokok Limit Fungsi Pada Siswa Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 5 Kendari A. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 2(1), 1–13.
Setiyaningsih, Wiwik. "Analisis Kesalahan Siswa Kelas X IPA.2 SMA Negeri 1 Ujungbatu Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Pertidaksamaan Rasional Dan Irasional." Jurnal Pendidikan Matematika 1.1:34-38