Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematic Education Secara E-Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika

 Abstract views: 111

Authors

  • Findy Soraya universitas PGRI Adibuana Surabaya
  • Restu Ria Wantika Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.36456/buanamatematika.v11i2.3721

Keywords:

realistic mathematic education, e-learning, Hasil Belajar Matematika

Abstract

Latar belakang diakukannya penelitian ini yakni kurangnya penguasaan peserta didik dalam memecahkan masalah berupa cerita yang berhubungan dengan permasalahan kehidupan, dan sulitnya mengaplikasikan pembelajaran ke dalam kehidupan keseharian, terlebih pada mata pelajaran matematika. Diterapkannyaa pendekatan realistic mathematic education secara e-learning adalah salah satu cara untuk menangani masalah yang sudah diuraikan, khususnya dimasa pandemi Covid-19. Tujuan dilakukannya penelitian adalah untuk melihat terdapat pengaruh atau tidak terdapat pengaruh penerapan pendekatan realistic mathematic education terhadap hasil belajar matematika. Dalam penelitian ini digunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimental yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Menganti. Dalam penelitian kali ini digunakan teknik ppurposive sampling, Sampel kelas eksperimen yaitu kelas X IPA 1 dan untuk kelas kontrol yaitu kelas XIPA 2. Berdasarkan hasil analisis ditunjukkan rata-rata hasil belajar matematika kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol yaitu diperoleh t hitung > t tabel yaitu 5,50 > 1,99 sehingga  ditolak, terdapat pengaruh pendekatan realistic mathematic education secara e-learning terhadap hasil belajar matematika.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astutik, E. P., & Fitriatien, S. R. (2016). Metode Statistika. Adibuana University Press.

Budiman, H. (2017). Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Pendidikan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8, 25–30. https://doi.org/10.6027/9789289336048-6-da

Fitriani, P., & Permana, R. (2019). Pengaruh Realistic Mathemathic Education (RME) dengan Teknik Pair Cheks pada Materi Pecahan terhadap Prestasi Siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 73–82. http://ejournal.upi.edu/index.php/IJPE/index

Hasan, F., Pomalato, S. W. D., & Uno, H. B. (2020). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Motivasi Belajar. Jambura Journal of Mathematics Education, 1(1), 13–20. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v1i1.4547

Ibrahim, D. S., & Suardiman, S. P. (2014). Pengaruh Penggunaan E-Learning Terhadap Motivasi Dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Sd Negeri Tahunan Yogyakarta. Jurnal Prima Edukasia, 2(1), 66. https://doi.org/10.21831/jpe.v2i1.2645

Kusumawati, E., & Morina Turisia, T. (2014). Kemampuan Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) dan Mekanistik. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Muchsin, H., Hairun, Y., & Jalal, A. (2020). Analisis Kesalahan Konsep dalam Menyelesaikan Soal Sistem Pertidaksamaan Linear Dua Variabel (Sptldv) pada Studi Kasus Siswa Kelas X MIA6 SMANegeri 4 Kota Ternate Tahun Pelajaran 2019/2020. 4(1), 18–27.

Musfiqon, & Nursyansyah. (2015). Pendekatan saintifik. Nazamia Learning Center.

Ningsih, S. (2014). Realistic Mathematics Education: Model Alternatif Pembelajaran Matematika Sekolah. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 73. https://doi.org/10.18592/jpm.v1i2.97

Nolaputra, A. P., Wardono, & Supriyono. (2018). Analisi Kemampuan Literasi Matematika pada Pembelajaran PBL Pendekatan RME Berbantuan Schoology Siswa SMP. PRISMA: Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 18–32.

Savitri, E., Studi, P., Matematika, P., & Purworejo, U. M. (2018). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Sistem Pertidaksamaan Linear Dua Variabel Berdasarkan Analisis Newman. 6–11.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sukri, Y., & Widjajanti, D. (2015). Pengaruh Pendekatan RME terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa SD Melalui Pembelajaran Tematik-Integratif. 3, 227–238.

Wijaya, I., & Arsyah, R. H. (2015). Pengaruh Pembelajaran E-Learning Berbasis Edmodo Terhdap Hasil Belajar Simulasi Digital Kelas X SMK Negeri 9 Padang. Majalah Ilmiah UPI YPTK, 22(1), 21–33.

Zakia, A. R., Djamahar, R., & Rusdi, R. (2019). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Menggunakan Media Sosial E-Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Pada Sistem Pencernaan. JPBIO (Jurnal Pendidikan Biologi), 4(1), 21–28. https://doi.org/10.31932/jpbio.v4i1.395

Downloads

Published

2021-12-26

How to Cite

Soraya, F., & Ria Wantika, R. . (2021). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematic Education Secara E-Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika. Buana Matematika : Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pendidikan Matematika, 11(2), 151–164. https://doi.org/10.36456/buanamatematika.v11i2.3721

Issue

Section

Artikel