Analisis Bibliometrik Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pembelajaran Matematika Berdasarkan Perbedaan Gender berbasis VOSViewer

 Abstract views: 212

Authors

  • Dinda Haniyah Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka Jakarta
  • Joko Soebagyo Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.36456/buanamatematika.v11i2.3966

Keywords:

Kemampuan komunikasi matematis, perbedaan gender, analisis bibliometrik, VOSViewer.

Abstract

Dalam kemampuan komunikasi matematis sangat penting untuk dimiliki oleh siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji penelitian mengenai kemampuan komunikasi matematis siswa dalam pembelajaran matematika berdasarkan perbedaan gender selama enam tahun belakangkan ini. Teknik pengumpulan data dengan cara penelusuran menggunakan Google Scholar dengan kata kunci mathematical, communication, gender, dalam kurun waktu 2015-2021. Analisis data menggunakan software VOSviewer dengan data yang didapatkan dari software Publish or Perish. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ditemukan 34 kata kunci yang terbagi dalam 9 cluster. Pada jejaring kepenulisan dari 1676 penulis dengan minimal jumlah 3 dokumen yang dipulikasikan, terdapat 33 penulis yang memenuhi batas minimum jejaring kepenulisan. Publikasi terbanyak terjadi pada tahun 2020 sebanyak 306 dalam Google Scholar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aulianto, D. R., Yusup, P. M., & Setianti, Y. (2020). Pemanfaatan Aplikasi “ Publish Or Perish ” Sebagai Alat Analisis Sitasi Pada Jurnal Kajian Komunikasi Universitas Padjadjaran. Book Chapter Seminar Nasional MACOM III "Communication and Information Beyound Boundaries, July, 873–880.

Babys, U. (2020). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Ditinjau dari Gender. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(1), 25–29. https://doi.org/10.24176/anargya.v3i1.4771

Dari, D., & Gender, P. (2019). 1 , 2 , 3. 2, 56–63.

Hodiyanto, H. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Gender The Effect of Problem Solving Learning Model Toward Mathematical Communication Ability Viewed from Gender. 4(2), 219–228.

Maijala, H., Hannula, M. S., & Pehkonen, E. (2004). Development of understanding and self-confidence in mathematics; Grades 5-8. Proceedings of the 28th Conference for the International Group for the Psychology of Mathematics Education, 3, 17–24.

Nugraha, T. H., & Pujiastuti, H. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Berdasarkan Perbedaan Gender. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 1–7. https://doi.org/10.22437/edumatica.v9i1.5880

Rasyid, M. A. (2020). Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Edukasi: Kajian Ilmu Pendidikan, 5(1), 77–86. https://doi.org/10.51836/je.v5i1.116

Royani, Y., & Idhani, D. (2018). Analisis Bibliometrik Jurnal Marine Research in Indonesia 1. Marine Research in Indonesia, 25(4), 63–68.

Suswigi, Septiani, U., Farhan, M. S., Purnama, T. S. A., & Monte, I. (2019). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Berdasrkan Gender. Journal On Education, 1(3), 81–86.

Taqwa, M., & Sutrisno, A. B. (2019). Deskripsi Kemampuan Komunikasi Matematika dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Gender. 2, 169–176.

Downloads

Published

2021-12-26

How to Cite

Haniyah, D., & Joko Soebagyo. (2021). Analisis Bibliometrik Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pembelajaran Matematika Berdasarkan Perbedaan Gender berbasis VOSViewer. Buana Matematika : Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pendidikan Matematika, 11(2), 121–136. https://doi.org/10.36456/buanamatematika.v11i2.3966

Issue

Section

Artikel