Pengaruh Penguasaan Konsep Aljabar dan Adversity Quetiont Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Siswa Kelas XI SMK Muhammadiyah Ambon

 Abstract views: 106

Authors

  • Ayu Lestari IAIN Ambon
  • Ajeng Gelora Mastuti IAIN Ambon
  • Fahruh Juhaevah IAIN Ambon

DOI:

https://doi.org/10.36456/buanamatematika.v11i2.4631

Keywords:

Penguasaan Aljabar, Adversity Question dan Pemecahan Masalah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah pengaruh penguasaan konsep aljabar dan adversity quotient terhadap kemampuan pemecahan masalah pada siswa kelas XI SMK Muhammadiyah Ambon. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif, metode penelitian yang diterapkan adalah ex post facto. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Muhammadiyah Ambon yang berjumlah 25 orang siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa, ada pengaruh yang signifikan penguasaan aljabar dan adversity question terhadap pemecahan masalah pada materi persamaan kuadrat siswa kelas XI SMK Muhammadiyah Ambon yang ditunjukkan dengan hasil analisis uji-t antara variabel Penguasaan Konsep Aljabar dan Adversity Question terhadap variabel Kemampuan Pemecahan Masalah di peroleh nilai sig. 0.01 < 0,05, dan nilai t hitung 5.648 > 1.319.Dengan demikian Besar pengaruh penguasaan aljabar dan adversity question terhadap pemecahan masalah pada materi persamaan kuadrat siswa kelas XI SMK Muhammadiyah Ambon diperoleh sebesar 34% sedangkan 66% dipengaruhi variabel lain selain variabel Penguasaan Aljabar dan Adversity Question.

Kata Kunci: Penguasaan Aljabar, Adversity Question dan Pemecahan Masalah

Downloads

Download data is not yet available.

References

Imroah, r. F. (2018). Pengaruh intelligence quotient (iq) dan adversity quotient (aq) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas x man trenggalek tahun pelajaran 2016/2017

Gusniwati, m. (2021). Pengaruh adversity question dan kecerdasan emosional terhadap penguasaan konsep matematika. Jurnal pionir, 7(1).

Chasanah, e. N. (2017). Pengaruh penguasaan materi operasi aljabar terhadap kemampuan menyelesaikan soal-soal persamaan kuadrat kelas viii mtsn 2 kota blitar tahun pelajaran 2016/2017. hlm.10.

Setiyohadi, I. (2015). Pengaruh Penguasaan Materi Operasi Bentuk Aljabar terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal-soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Purworejo Tahun Pelajaran 2014/2015 (Doctoral dissertation, Pendidikan Matematika-FKIP). hlm. 12.

Merianah, M. (2019). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Adversity Quotient terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SDIT IQRA’1 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(1), 29-35.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D), (Bandung: Alfabeta, 2010), hlm 257.

Hidayat, W., & Sariningsih, R. (2018). Kemampuan pemecahan masalah matematis dan adversity quotient siswa SMP melalui pembelajaran open ended. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(1), hlm. 109.

Saifuddin Azwar, Pengantar Psikologi Inteligensi, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015), hlm 163

Suharsimi Arikunto, Manajemen Penelitian, (Cet. IV, Jakarta: Rineka Cipta, 1998), hlm. 309.

Downloads

Published

2021-12-26

How to Cite

Lestari, A., Ajeng Gelora Mastuti, & Fahruh Juhaevah. (2021). Pengaruh Penguasaan Konsep Aljabar dan Adversity Quetiont Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Siswa Kelas XI SMK Muhammadiyah Ambon. Buana Matematika : Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pendidikan Matematika, 11(2), 111–120. https://doi.org/10.36456/buanamatematika.v11i2.4631

Issue

Section

Artikel