Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Teorema Pythagoras Ditinjau dari Perbedaan Gender
DOI:
https://doi.org/10.36456/buanamatematika.v14i1.8353Keywords:
Kontekstual, Literasi Matematis, Perbedaan Gender, Teorema PythagorasAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematis siwa dalam menyelesaikan soal materi teorema Pythagoras ditinjau dari perbedaan gender. Indikator kemampuan literasi matematis siswa yang digunakan adalah mengidentifikasi pernyataan dan pertanyaan secara matematis; menyajikan objek hasil dari identifikasi mencakup, menafsirkan, menggunakan tabel, diagram atau gambar; membuat pemodelan matematika berdasarkan permasalahan; menerapkan model matematika yang didapat untuk menyelesaikan terkait permasalahan; menarik kesimpulan disertai alasan. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 32 siswa kelas VIIIC di SMP Negeri 1 Tegalrejo. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes berupa tes kemampuan literasi matematis. Data dianalisis menggunakan rata-rata dan presentase dari hasil pengerjaan soal tes kemampuan literasi matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan literasi matematis siswa perempuan lebih tinggi dibandingkan dengan siswa laki-laki. Hal ini ditunjukkan baik secara keseluruhan maupun pada tahapan tertentu. Untuk masing-masing tahapan diperoleh bahwa siswa perempuan lebih tinggi dibandingkan siswa laki-laki dalam hal kemampuan menyajikan objek hasil dari identifikasi mencakup, menafsirkan, menggunakan tabel, diagram atau gambar, dan menerapkan model matematika yang didapat untuk menyelesaikan terkait permasalahan, serta menarik kesimpulan disertai alasan. Namun, siswa perempuan lebih rendah dalam hal kemampuan mengidentifikasi pernyataan dan pertanyaan secara matematis dan kemampuan dalam membuat pemodelan matematika berdasarkan permasalahan.
Downloads
References
Ayuni, D. R. (2018). Profil pemecahan masalah matematis siswa berdasarkan perbedaan gender pada materi geometri di kelas XI Keperawatan 1 SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Malang.
Azzahroh, L. S., & Putri, R. K. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa SD Ditinjau dari Perbedaan Gender dan Kemampuan Matematis. Journal of Mathematics Education and Science, 6(1), 37–45. https://doi.org/10.32665/james.v6i1.560
Davita, P. W. ., & Pujiastuti, H. (2020). Anallisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gender. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 110–117.
Destiniar, Jumroh, & Sari, D. M. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau Dari Self Efficacy Siswa Dan Model Pembelajaran Think Pair Share (Tps) Di Smp Negeri 20 Palembang. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 12(1), 115–128. https://doi.org/10.30870/jppm.v12i1.4859
Habibi, H., & Suparman, S. (2020). Literasi Matematika dalam Menyambut PISA 2021 Berdasarkan Kecakapan Abad 21. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(1), 57. https://doi.org/10.30998/jkpm.v6i1.8177
Hakiki, I. A. (2021). Level Kemampuan Literasi Matematis Peserta Ddik SMP dalam Menyelesaikan Soal Pisa Ditinjau dari Kemampuan Matematika. MATHEdunesa: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 10(2), 385–395. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/article/view/25554/23429
Haniyah, D., & Soebagyo, J. (2021). Analisis Bibliometrik Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Berdasarkan Perbedaan Gender berbasis VOSViewer. Buana Matematika: Jurnal Ilmiah Matematkka Dan Pendidikan Matematika, 11(2), 121–136.
Hasanah, M., & Hakim, D. L. (2022). Kemampuan Literasi Matematis Pada Soal Matematika PISA Konten Quantity dan Konten Change and Relationship. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 5(2), 157–166. https://doi.org/10.24014/juring.v5i2.13785
Indrawanti, F. A., & Wardono. (2019). Pengaruh Self Efficacy Terhadap Kemampuan Literasi Matematika dan Pembentukan Kemampuan 4C. Prisma: Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 247–267. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/
Jamila. (2013). Pengembangan Media Pembelajaran Mengoprasikan Peralatan Pengalih Daya Tegangan Rendah Menggunakan Macrimedia Flash 8 di SMK Negeri 1 Belopa. Jurnal Pembelajaran Matematika, 4(2) 240-291
Kurniawan, A., Setiawan, D., & Hidayat, W. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Berbantuan Soal Kontekstual Pada Materi Geometri Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 2(5), 271-282.
Martinah, A. S., Kharisma, O. H., & Nasution, S. P. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Master terhadap Kemampuan Literasi Matematis Ditinjau dari Perbedaan Gender. James: Jurnal of Mathematics Education and Science, 2(2), 75–81.
Masdy, A. M., Suaedi, & Ma’rufi. (2021). Analisis Pemecahan Masalah Kontekstual. Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(2), 23–32.
NCTM. (2000). Principles and Standars for School Mathematics. NCTM.
Nurani, M., Mahfud, M. S., Agustin, R. L., & Kananda, H. V. (2020). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa SMA Ditinjau dari Gender. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 8(4), 336–347. https://doi.org/10.23960/mtk/v8i2.pp336-347
OECD. (2016). PISA 2015 Results (Volume 1): Excellence andEquity in Education. OECD Publishing. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.1787/9789264266490-en
Pulungan, D. A. (2014). Pengembangan Instrumen Tes Literasi Matematika Model PISA. Journal of Educational Research and Evaluation, 3(2), 74–78.
Ridzkiyah, N., & Effendi, K. N. S. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal Program for International Student Assesment (PISA). Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1), 1–13.
Rohana, Hartanto, Y., & Nugraha, I. A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMA. INDIKTIKA (Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika), 3(2), 169–179.
Saputri, G. L., Wardono, & Karisudin, I. (2019). Pentingnya Kemampuan Literasi Matematika dan Pembentukan Kemampuan 4C dengan Strategi REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring). PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 563–571. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/29056
Tunnajach, N. F., & Gunawan. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Berbasis Kontekstual pada Materi Trigonometri Ditinjau dari Perbedaan Gender. MATH LOCUS: Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Matematika, 2(1), 7–14. https://doi.org/10.31002/mathlocus.v2i1.1467
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Buana Matematika : Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.