Buana Matematika : Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/buana_matematika <p style="text-align: justify;">Buana Mathematika: Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika is an <strong>open access journal</strong> to support global exchange of the knowledge related to research results. The journal itself is published <strong>twice in one year in June and December</strong>.</p> <p style="text-align: justify;">This journal facilitates research themes including: (1) Some fields in Mathematics such as algebraic, analysis, mathematical modeling, computational mathematics, applied mathematics, graphs theories, and other pure mathematics, (2) Mathematics Learning Design, (3) Development of Teaching Materials or Learning Models, (4) Mathematics Learning Media, (5) Mathematics Teaching Aids, (6) Analysis of Student Difficulties in Learning, (7) Evaluation of Mathematics Learning, (8) Mathematics Education Curriculum, (9) Mathematical Learning Theory, (10) History and Philosophy of Mathematics, (11) Analysis of Application of Models/Approaches/Methods/Learning Strategies, (12) IT-based learning media, (13) Classroom Action Research, (14) Creativity and Innovation in Mathematics Learning, (15) Lesson Study Mathematics Learning.</p> <p style="text-align: justify;">Based on the Decree of the Director General of Research and Development Strengthening of the Ministry of Research, Technology and Higher Education Republic of Indonesia Number 30 / E / KPT / 2019 Regarding the Ranking of Accreditation for Scientific Journal Period VI in 2019, <strong>Buana Matematika: Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika</strong> hold <strong>fifth rank of Indonesian Journal Grading System</strong> starting issue of <strong>Volume 7 Number 2 of 2017 up to Volume 12 Number 2 of 2022</strong>.</p> <p>p-ISSN : 2088-3021 ; e-ISSN : 2598-8077</p> en-US rahmawatien.srf@unipasby.ac.id (Sri Rahmawati Fitriatien) widhadi.awp@unipasby.ac.id (widhadi agus wahyu prakoso, S.Kom) Sun, 26 Dec 2021 00:00:00 +0700 OJS 3.3.0.10 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Pengaruh Penguasaan Konsep Aljabar dan Adversity Quetiont Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Siswa Kelas XI SMK Muhammadiyah Ambon https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/buana_matematika/article/view/4631 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah pengaruh penguasaan konsep aljabar dan adversity quotient terhadap kemampuan pemecahan masalah pada siswa kelas XI SMK Muhammadiyah Ambon. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif, metode penelitian yang diterapkan adalah <em>ex post facto</em>. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Muhammadiyah Ambon yang berjumlah 25 orang siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa, ada pengaruh yang signifikan penguasaan aljabar dan <em>adversity question</em> terhadap pemecahan masalah pada materi persamaan kuadrat siswa kelas XI SMK Muhammadiyah Ambon yang ditunjukkan dengan hasil analisis uji-t antara variabel Penguasaan Konsep Aljabar dan <em>Adversity Question</em> terhadap variabel Kemampuan Pemecahan Masalah di peroleh nilai sig. 0.01 &lt; 0,05, dan nilai t hitung 5.648 &gt; 1.319.Dengan demikian Besar pengaruh penguasaan aljabar dan <em>adversity question</em> terhadap pemecahan masalah pada materi persamaan kuadrat siswa kelas XI SMK Muhammadiyah Ambon diperoleh sebesar 34% sedangkan 66% dipengaruhi variabel lain selain variabel Penguasaan Aljabar dan Adversity Question.</p> <p><strong>Kata Kunci</strong>: Penguasaan Aljabar, Adversity Question dan Pemecahan Masalah</p> Ayu Lestari, Ajeng Gelora Mastuti, Fahruh Juhaevah (Author) Copyright (c) 2021 Buana Matematika : Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/buana_matematika/article/view/4631 Sun, 26 Dec 2021 00:00:00 +0700 Analisis Bibliometrik Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pembelajaran Matematika Berdasarkan Perbedaan Gender berbasis VOSViewer https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/buana_matematika/article/view/3966 <p>Dalam kemampuan komunikasi matematis sangat penting untuk dimiliki oleh siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji penelitian mengenai kemampuan komunikasi matematis siswa dalam pembelajaran matematika berdasarkan perbedaan gender selama enam tahun belakangkan ini. Teknik pengumpulan data dengan cara penelusuran menggunakan <em>Google Scholar </em>dengan kata kunci <em>mathematical, communication,</em> <em>gender, </em>dalam kurun waktu 2015-2021. Analisis data menggunakan <em>software VOSviewer</em> dengan data yang didapatkan dari <em>software Publish or Perish.</em> Kesimpulan dari penelitian ini adalah ditemukan 34 kata kunci yang terbagi dalam 9 cluster. Pada jejaring kepenulisan dari 1676 penulis dengan minimal jumlah 3 dokumen yang dipulikasikan, terdapat 33 penulis yang memenuhi batas minimum jejaring kepenulisan. Publikasi terbanyak terjadi pada tahun 2020 sebanyak 306 dalam <em>Google Scholar.</em></p> Dinda Haniyah, Joko Soebagyo (Author) Copyright (c) 2021 Buana Matematika : Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/buana_matematika/article/view/3966 Sun, 26 Dec 2021 00:00:00 +0700 Pengaruh Pembelajaran CORE Melalui Pendekatan Open-Ended terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/buana_matematika/article/view/3684 <p>The lack of optimal mathematical critical thinking ability of students becomes a problem that will be discussed. This is due to the selection of learning models and approaches used in the teaching and learning process. Mathematical critical thinking is one of the skills needed to solve a problem. The purpose of this study is to determine the influence of CORE learning models (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) through the Open-Ended approach to students' mathematical critical thinking skills. By using core learning models (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) through an Open-Ended approach students can solve problems without being limited with one solution only. It can provide opportunities for students to develop and analyze their ideas to solve the maslaah given so as to improve students' mathematical critical thinking skills. This study is a literature study on efforts to improve students' mathematical critical thinking skills using CORE learning models (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) through an Open-Ended approach.</p> Ayu Naili Rohmah (Author); Himmatul Ulya Copyright (c) 2021 Buana Matematika : Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/buana_matematika/article/view/3684 Sun, 26 Dec 2021 00:00:00 +0700 Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematic Education Secara E-Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/buana_matematika/article/view/3721 <p>Latar belakang diakukannya penelitian ini yakni kurangnya penguasaan peserta didik dalam memecahkan masalah berupa cerita yang berhubungan dengan permasalahan kehidupan, dan sulitnya mengaplikasikan pembelajaran ke dalam kehidupan keseharian, terlebih pada mata pelajaran matematika. Diterapkannyaa pendekatan <em>realistic mathematic education</em> secara <em>e-learning</em> adalah salah satu cara untuk menangani masalah yang sudah diuraikan, khususnya dimasa pandemi Covid-19. Tujuan dilakukannya penelitian adalah untuk melihat terdapat pengaruh atau tidak terdapat pengaruh penerapan pendekatan <em>realistic mathematic education</em> terhadap hasil belajar matematika. Dalam penelitian ini digunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimental yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Menganti. Dalam penelitian kali ini digunakan teknik ppurposive sampling, Sampel kelas eksperimen yaitu kelas X IPA 1 dan untuk kelas kontrol yaitu kelas XIPA 2. Berdasarkan hasil analisis ditunjukkan rata-rata hasil belajar matematika kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol yaitu diperoleh t hitung &gt; t tabel yaitu 5,50 &gt; 1,99 sehingga &nbsp;ditolak, terdapat pengaruh pendekatan <em>realistic mathematic education</em> secara <em>e-learning</em> terhadap hasil belajar matematika.</p> Findy Soraya, Restu Ria Wantika (Author) Copyright (c) 2021 Buana Matematika : Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/buana_matematika/article/view/3721 Sun, 26 Dec 2021 00:00:00 +0700 Analisa Peramalan Data Time-Series Dengan Aplikasi Windows POM-QM https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/buana_matematika/article/view/5913 <p>Peramalan data time-series kini menjadi suatu kebutuhan dalam dunia bisnis maupun lingkungan hidup. <em>Software</em> Windows POM – QM memiliki tools dan beberapa metode yang dapat digunakan untuk peramalan data time-series. Diperlukan sebuah analisa hasil peramalan untuk mengetahui efektivitas dan akurasi metode-metode tersebut dalam meramalkan data <em>time series</em> agar dapat digunakan sebagai referensi metode dalam mendapatkan hasil yang optimal. Nilai MAPE digunakan sebagai ukuran perbandingan dalam analisa hasil perbandingan peramalan. Data <em>time series</em> yang digunakan adalah data curah hujan di Kabupaten Jombang. Hasil peramalan dengan metode Exponential Smoothing memiliki rata – rata nilai MAPE terkecil dibandingkan dengan metode lainnya yaitu sebesar 2,4 dengan pola data hasil peramalan berfluktuasi sebagaimana data sebenarnya. Sehingga penggunaan metode Exponential Smoothing dapat digunakan sebegai referensi dalam peramalan data <em>time series</em> dengan pola data musiman dengan menggunakan <em>software</em> Windows POM-QM.</p> Nisa Ayunda, Faizah, Sujarwo (Author) Copyright (c) 2021 Buana Matematika : Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/buana_matematika/article/view/5913 Sun, 26 Dec 2021 00:00:00 +0700 Pengembangan Modul Matematika dengan Pendekatan Saintifik Pokok Bahasan Vektor https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/buana_matematika/article/view/3293 <p>Penelitian ini dilakukan dengan tujuan menghasilkan produk pengembangan bahan ajar berupa modul dengan pendekatan saintifik pokok bahasan vektor dan untuk mengetahui kelayakan modul dengan pendekatan saintifik pada pokok bahasan vektor. Peneliti merupakan penelitian pengeembangan dengan model pengembangan ADDIE. Penelitian ini dilakukan di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta dengan subyek penelitian terdiri atas ahli materi, ahli media, dan peserta didik kelas XI MIPA SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan penyebaran angket. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh bahwa penilaian ahli materi termasuk dalam kategori sangat baik dengan nilai rata-rata 89.5, sedangkan penilaian dari ahli media dalam kategori sangat baik dengan nilai rata-rata 84. Sedangkan, penilaian respon peserta didik mendapatkan nilai rata-rat 79,2 dalam kategori baik. Dengan demikian, modul matematika dengan pendekatan saintifik pada pokok bahsan vektor ini layak digunakan dalam proses pembelajaran.</p> Sri Hidayati, Dian Ariesta Yuwaningsih (Author) Copyright (c) 2021 Buana Matematika : Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/buana_matematika/article/view/3293 Sun, 26 Jun 2022 00:00:00 +0700