PENGEMBANGAN MULTIMEDIA E-LEARNING BERBASIS SCREENCAST-O-MATIC PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA KELAS VII
Abstract views: 540DOI:
https://doi.org/10.36456/devosi.v5i1.544Abstract
Abstrak: Tujuan penelitian kali ini adalah : (1) Untuk menghasilkan media pembelajaran e-learning dengan menggunakan sceencast-o-matic pada pelajaran matematika siswa kelas VII SMPN 1 Kedungpring dan SMPN 2 Kedungpring, Lamongan (2) Mengetahui prestasi belajar setelah mengunakan model pembelajaran e-learning dengan menggunakan media screencast-o-matic pada pelajaran matematika kelas VII SMPN 1 Kedungpring dan SMPN 2 Kedungpring, Lamongan. Pada penelitian ini dapat di disimpulkan sebagai berikut: (1) penggunaan media pembelajaran dengan creencass-O-matic dapat meningkatkan minat belajar, serta mudah dalam penyerapan materi sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran matematika kelas VIII SMP Negeri 1 Kedungpring dan SMP Negeri 2 Kedungpring, Lamongan. Berdasarkan kesimpulan hasil penelitian seperti disebutkan di atas, diberikan saran sebagai berikut: (1) Media pembelajaran ini dapat dijadikan pilihan dalam pemilihan media pembelajaran menjadi salah satu komponen yang penting dalam proses pembelajaran karena dapat mempermudah guru dalam mencapat tujuan pembelajaran.(2) Media pembelajaran ini bisa digunakan oleh siswa sebagai media pembelajaran mandiri untuk memperdalam materi yang diajarkan. atau mengingatkan kembali tentang materi tersebut (3) Media pembelajaran ini sangat mudah penggunaannya sehingga dimanfaatkan siapapun yang yang ingin belajar materi tersebut karena pengembangan media ini dirancang untuk memudahkan proses pembelajaran baik oleh guru maupun oleh siswa
Kata kunci: Pengembangan Multi media E-learning, pembelajaran matematika, screencast-o-matic
Downloads
References
Badriah Dedeh.2008.Guru Harus Mampu Menentukan Mengapa, Kapan, Dimana & Bagaimana Alat-Alat TIK Dapat Dimanfaatkan Untuk Mendorong Siswa Belajar.Makalah. tidak diterbitkan. Bandung: FAK Tarbiyah & Keguruan UIN Sunan Gunung Djati.
Bilfaqih Yusuf. 2009. Panduan Microssoft Producer 2003.
Hasbullah, 2009. Perancangan Dan Implementasi Model Pembelajaran E-Learning Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di JPTE FPTK UPI. (online) (http:www.puslitjaknov.depdiknas.go.id/data/file/2008/
Herianto, 2008. Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Elektronika Dasar Siswa SMKN 5 Makassar. Skripsi. Tidak diterbitkan. FT Universitas Negeri Makassar.
Kamarga, Hanny. (2002). Belajar Sejarah melalui e-learning; Alternatif Mengakses Sumber Informasi Kesejarahan. Jakarta: Inti Media.
makalah_poster_session_pdf/Hasbullah_Perancangan%20dan%20Implementasi%20Model%Pembelajaran.pdf, diakses 25 Februari 2009).
Moodle, 2009. (online) (http:www.moodle.org, diakses 17 mei 2014).
Syah, Muhibbin. (2006). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung : Rosda karya
Utomo, Junaidi, 2006. Dampak Internet Terhadap Pendidikan Transformasi atau Evolusi. Seminar Nasional Universitar Atma Jaya Yogyakarta.
Wasis D. Dwiguna 2013. Media Pembelajaran. malang : Wineka Media
Widyandani S.B.2008.Media Pembelajaran & Alat Permainan
Yudinugraha.2008.ICT & Pembelajaran di Sekolah, Media Pembelajaran Dalam Pendidikan Jakarta. Rajawali Pers
Priowirjanto,Yudha Prapantja dkk. 2013 Materi simulasi digital, Southeast Asian Ministers of Education Organization Regional Open Learning Centre
Mulyono.2012 pengembangan media pembelajaran di ruang kelas menggunakan teknologi proyekor berbasis power point di sekolah dasar kalipang III grogol Kediri