PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA INGGRIS DENGAN MEDIA INTERAKTIF MICROSOFT OFFICE POWERPOINT UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) KELAS XI
![](/one4all/site/abstract.png)
DOI:
https://doi.org/10.36456/devosi.v5i1.549
Abstract
Abstrak: Pengembangan bahan ajar bahasa inggris melalui media interaktif Microsoft Office Powerpoint pada kelas XI semester I dimaksudkan untuk menyediakan bahan ajar yang sesuai dengan karakteristik siswa. Fokus dalam penelitian ini adalah berupa produk pembelajaran bahasa Inggris melalui media interaktif Microsoft Office Powerpoint Kelas XI SMK. pada materi “Giving Opinion”. Bahan ajar melalui media interaktif ini dikembangkan dengan Microsoft Office Powerpoint yang sangat populer dan telah banyak digunakan oleh berbagai kalangan karena mudah. Bahan ajar ini dikembangkan melalui media interaktif Microsoft Office Powerpoint yang berisi: 1) Identifikasi tujuan pembelajaran, 2) Analisis Pembelajaran, 3) Butir-butir tes. Pengembangan produk bahan ajar bahasa Inggris melalui media interaktif Microsoft Office Powerpoint pada materi “Giving Opinion” kelas XI SMK telah dilakukan penyempurnaan berdasarkan analisis data ujicoba. Aspek yang diungkap untuk melakukan revisi meliputi: (1) Ketepatan isi materi, (2) Ketepatan Rancangan dari ahli rancangan media pembelajaran, serta (3) Hasil uji coba sasaran. Hasil penilaian yang diberikan oleh ahli desain pembelajaran terhadap produk bahan ajar bahasa Inggris melalui media interaktif Microsoft Office Powerpoint pada materi “Giving Opinion” siswa kelas XI SMK adalah layak yang artinya bahwa bahan ajar melalui media interaktif Microsoft Office Powerpoint ini layak digunakan oleh siswa kelas XI SMK Muhammadiyah Lumajang. Hasil penilaian yang diberikan oleh siswa kelas XI SMK Muhammadiyah Lumajang pada produk bahan ajar melalui media interaktif Microsoft Office Powerpoint pada materi “Giving Opinion” adalah sangat layak yang artinya produk bahan ajar melalui media interaktif Microsoft Office Powerpoint materi “Giving Opinion” layak digunakan oleh siswa SMK Muhammadiyah Lumajang.
Kata Kunci: Pengembangan Bahan Ajar, Microsoft Office Powerpoint
Downloads
References
AECT. 1977. The Definition of Educational Technology. Washington DC.
A.H. Sutopo. 2003. Multimedia Interaktif dengan Flash. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Arsyad, Azhar. 2002. Media Pembelajaran. Divisi Buku Perguruan Tinggi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, Rajawali Press.
Bower, G.H., and Hilgard, E.R. 1981. Theories of Learning. Englewood Cliffs, NJ: Prentice-Hall.
Blake, Reed H., and Haroldsen, Edwin O. 2003. Taksonomi Konsep Komunikasi 1st Edition. Surabaya: Papyrus.
Briggs, J.L. 1997. Instruction Design: Principle and Application. New York: Educational Technology Publication Inc.
Brown, H. Douglas. 2002. Strategies for Success: Practical Guide to Learning English. New York: Pearson Education Inc.
Brown, H. Douglas. 2008. Prinsip Pembelajaran dan Pengajaran Bahasa. Jakarta: Kedutaan Besar Amerika Serikat.
Degeng, I. Sudana. 1998. Mencari Paradigma Baru Pemecahan Masalah Belajar. Malang: IKIP Malang.
Gordon dan Browne. 2004. Metode Pembelajaran di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Pustaka Setia.
Hamijaya, Santoso S. 2005. Media Pendidikan. Jogjakarta: Pustaka Belajar Offset.
Heinich, R. Molendaand J.D Russel. 1996. Instructional Media and Technologies for Learning. New York: Prentice Hall.
Kemp, Jerold E. 1989. The Instructional Design Process. New York: Harper and Row Publisher Inc.
Kemp J. and Smellie D. 1989. Planning, Producing and Using Instructional Media 6th Edition. New York: Harper and Row Publisher Inc.
Latuheru, J.D. 1988. Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar Masa Kini. Jakarta: Depdikbud Dirjen Pendidikan Tinggi.
Luther, Arc. C. 1994. Authoring Interactive Multimedia. San Francisco: A.P Profesional.
Majid, Abdul. 2007. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Miarso, Yusufhadi. 1986. Definisi Teknologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.
Roestiyah. 2005. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Sagala, Syaiful. 2005. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bnadung. Al Fabeta.
Tim Pustaka Yustisia. 2007. Panduan Lengkap KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/SMK. Yogyakarta: Pustaka Yustisia.
Undang-Undang No.18 Tahun 2002, Sistem Nasional Penelitian, Pengembangan, dan Penerapan Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi. Jakarta: Balitbang Depdiknas.
Undang-Undang No.20 Tahun 2003, Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Balitbang Depdinas.
Usman, Moh. Uzer. 2001. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Wahana, Theo G. 2012. Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Inggris Melalaui Multimedia Interaktif Menggunakan Macromedia Flash pada Siswa Kelas X di SMA Negeri 3 dan SMA Negeri 12 Kota Surabaya. Tesis, Program Studi Teknologi Pembelajaran, Program Pascasarjana Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
Website
http://streetballspot.blogspot.com/2012/04/psikologi-belajar.html
http://www.dikti.go.id/files/atur/KTSP-SMK/11.ppt
http://anakpba.blogspot.com/2012/03/bentuk-dan-jenis-bahan-ajar-kriteria.html
http://rahmatmultimedia.wordpress.com/
http:// ariasdimultimedia.wordpress.com