PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DENGAN BLOG PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI UNTUK SISWA MENENGAH ATAS KELAS X
Abstract views: 424DOI:
https://doi.org/10.36456/devosi.v5i1.552Abstract
Abstrak: Pada penelitian ini bertujuan mengembangkan media blog pada mata pelajaran Sosiologi Sosiologi bagi siswa SMA khususnya kelas X di SMA Negeri 12 Surabaya Blog bahan ajar Sosiologi ada di alamat www.sukma-stc.blogspot.com. Bahan ajar berisi landasan teori, contoh-contoh kasus, visualisasi persoalan, serta latihan soal ataupun evaluasi. Blog ini diharapkan menjadi sumber dan media belajar yang komprehensip bagi siswa SMA. Bahan ajar melalui blog pada mata pelajaran Sosiologi ini dirancang dan dibuat dengan memperhatikan berbagai masukan, penyempurnaan, pertimbangan, komentar, tanggapan, dan saran dari ahli isi mata pelajaran Sosiologi, ahli desain produk pembelajaran, ahli media pembelajaran, guru Sosiologi dan juga siswa kelas X SMAN 12 Surabaya. Blog yang telah selesai dibuat kemudian dilakukan uji coba. Dari hasil sosialisasi/uji coba diperoleh hasil bahwa bahan ajar Sosiologi melalui blog, telah menarik minat siswa untuk belajar lebih materi Sosiologi, utamanya bagi siswa kelas X SMAN 12 Surabaya. Disamping itu, dengan adanya model atau produk berupa bahan ajar Sosiologi melalui blog, memudahkan siswa untuk mendapatkan materi yang diajarkan oleh guru dan dapat berinteraksi dengan guru di luar jam pelajaran. Agar pemanfaatan bahan ajar melalui blog pada mata pelajaran Sosiologi ini optimal, maka produk ini dapat dimanfaatkan oleh guru dan siswa SMA klas X dimana saja sepanjang ada media internet. Pemanfaatan produk ini akan semakin efektif untuk pengajar yang lain bila para pemilik blog bersedia blognya di link dengan blog pembelajaran ini. Lebih lanjut, produk bahan ajar ini akan semakin lengkap manakala para pengguna bersedia memberikan umpan balik terhadap blog yang telah dibuat baik dari sisi desain maupun konten dari blog.
Kata Kunci: media pembelajaran, blog, pelajaran sosiology
Downloads
References
Agus Suprijono, 2009. Cooperative learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Arikunto, Suharsimi. 1989. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Bina Aksara
Budi Rahardjo, “Peningkatan Literasi Komputer dan Pemanfaatan ... Intranet Sebagai Media Cyber PR Dengan Tingkat Kohevitas Karyawan”, Bandung, 2007
Budi Rahardjo, “Peningkatan Literasi Komputer dan Pemanfaatan Telematika Degeng, I.N.S. 1989. Pengaruh Penstrukturan Isi Teks Ajar dan Strategi Belajar Terhadap Perolehan Belajar Menginat Fakta dan Memahami Konsep. Forum Penelitian Pendidikan
Degeng, I.N.S. 1998. Teori Belajar dan Strategi Pembelajaran. Surabaya: Citra Raya.
Departemen Pendidikan Nasional. 2006. Standar Isi Mata Pelajaran Sosiologi. Jakarta: Pusat Kurikulum, Balitbang Depdiknas
Depdiknas. 2004. Pedoman Pengembangan Karya Ilmiah. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Dick and Carey. 1985, The Systematic Design of Instruction: Second Edition. USA: Harper Collins Publishers.
Dick, W. dan Carey, L.. 1989. The Systematic Design of Instruction: Third Edition. USA: Harper Collins Publishers.
Dick, W. dan Carey, L.. 1990. The Systematic Design of Instruction:. USA: Harper Collins Publishers.
Dimyati dan Mudjiono. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
H.A.R. Tilaar. 1992. Manajemen Pendidikan Nasional. Bandung: Remaja Rosda Karya
Harisanty, Dessy. 2008. Pembelajaran di Internet melalui Weblog. (on line). http://dessyharisanty.web.ugm.ac.id/.
Hary Santosa, 2007, Teknologi Jaringan Intranet, Andi Yogyakarta, Yogyakarta.
Hengki Ferdianto. 2010. 111 Cara Menghasilkan Uang dengan Blog. Yogyakarta: Andi
Joni, R.T. 1984. Pengembangan Paket Belajar. Jakarta: Depdikbud. P2LPTK.
Margono. 1977. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta
Martinis, Yamin Dr. M.Pd. 2011. Paradigma Baru Pembelajaran. Gaung Persada. Jakarta: (GP) Press
Master Dukom. Menjadi Master Blog dalam Hitungan Menit. Bekasi: Dunia Komputer
Miarso, Yusuf Hadi. 1987. Penelitian Instruksional PUA Survey Model Pengembangan Instruksional. Jakarta
Mudhofir. 2001. Prinsip-prinsip Pengelolaan Sumber Belajar. Bandung: Rosda
Muhibbin Syah. 2003. Psikologi Belajar . Jakarta: Raja Grafindo Persada
Mulyasa, E. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi Konsep, Karakteristik dan Implementasi. Jakarta: Rosda
Nurhadi, dkk. 2004. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang
Private TutorialEnterprise. 2011. Langkah-langkah Mudah Mengelola Blogger. Surabaya: Indah
Roestiyah. 2005. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta
Santyasa, I W. 2006. Metode Penelitian Pengembangan dan Teori PengembanganModul. Tersedia pada http://www.freewebs.com /santyasa/ pdf2/ metode penelitian.pdf. (diakses tanggal 12 Desember 2011).
Seels, Barbara B. and Rita C. Richey. 1994. Teknologi Pembelajaran: Definisi dan Kawasannya. Terjemahan. Jakarta : IPTPI. Miarso, Yusufhadi. 2009.
Suryabrata, S. 2002. Metodologi Penelitian Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Sutopo, A. H. Multimedia Interaktif dengan Flash. 2003. Yogyakarta: GrahaIlmu.
Tegeh, I M. & Kirna, I M. 2006. Metode Penelitian Pengembangan Pendidikan.Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Trianto. 2007, Model Pembelajarn Inovatif Berorientasi Konstrutivistik. Surabaya: Pustaka Ilmu
Wijaya, C. dan Rusyan, T. 1992. Kemampuan Dasar Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.