PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI POKOK BAHASAN STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN DI SMPK SANTO STANISLAUS 2 SURABAYA

 Abstract views: 145

Authors

  • Monika Maria Trestanti Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.36456/devosi.v5i1.554

Abstract

Abstrak: Tujuan pengembangan adalah menghasilkan produk pengembangan media pembelajaran berbasis pada mata pelajaran biologi pokok bahasan struktur dan fungsi jaringan tumbuhan yang dituangkan dalam program Adobe Flash. Penulis mengembangkan media pembelajaran dengan model Dick, Carey & Carey (2001) berbasis multimedia. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara dan kuisioner. Ahli isi dan ahli desain memberikan komentar, serta saran untuk perbaikan produk pengembangan. Pengisian kuisioner dilaksanakan dalam satu siklus yang meliputi empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, simulasi, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan pengumpulan hasil simulasi siswa dan guru serta lembar observasi: guru yang kompeten di bidangnya, guru mata pelajaran serta siswa kelas VIII SMPK Santo Stanislaus 2 Surabaya saat proses pembelajaran. Hasil pengembangan media pembelajaran dengan membuat dan menggunakan software adobe flash ini mendapat respon positif dari siswa. Siswa lebih bersemangat, lebih mempunyai perhatian, tidak bosan, lebih dapat mengkonstruksi pola pemikiran siswa, lebih memperdalam pengetahuan tentang materi pelajaran itu sendiri.

 

Kata Kunci: Pengembangan Media Pembelajaran, Biologi, Program Adobe Flash

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Monika Maria Trestanti, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Program Pascasarjana Program Studi Teknologi Pendidikan

References

Ardianti, Ni Made Yunia. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif  Berbasis Team Assisted Individualization Untuk Mata Pelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Dengan Pokok Bahasan Desain Grafis Pada Siswa Kelas XII SMAN 1 Sukasada. 1 (3): 219-243.

Baisa, Idi Rathomy. 2010. Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Web Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Biologi, 1 (2): 189-197.

Dick, W. & Carey, L. 1990. The Systematic Design of Instruction. Illionis. CH: Scott, Foreman and Company.

Degeng, I. N. S. 1989/1990. DesainPembelajaran: Teori keTerapan. Penyelenggaraan Pendidikan Pascasarjana Proyek Peningkatan PerguruanTinggi. Malang: PPS IKIP Malang.

Miarso, Y. 1994. Definisi Teknologi Pendidikan: Satuan Tugas, Definisi dan Terminologi AECT.  Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

 

Published

2017-03-22

How to Cite

Trestanti, M. M. (2017). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI POKOK BAHASAN STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN DI SMPK SANTO STANISLAUS 2 SURABAYA. Devosi : Jurnal Teknologi Pembelajaran, 5(1), 101–116. https://doi.org/10.36456/devosi.v5i1.554

Issue

Section

Article