PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN SAINS SEDERHANA DENGAN METODE EKSPERIMEN DAN PENERAPAN KETERAMPILAN PROSES PADA SISWA TK NEGERI PEMBINA SIDOARJO
Abstract views: 384DOI:
https://doi.org/10.36456/devosi.v5i1.555Abstract
Abstrak: Taman Kanak-kanak (TK) merupakan lembaga pendidikan formal sebelum memasuki sekolah dasar, lembaga ini dianggap penting bagi anak usia dini karena pada usia tersebut merupakan usia emas (Golden Age) yang di dalamnya terdapat “masa peka” yang datang hanya sekali. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas guru TK dalam memberi materi pengenalan sains sederhana di Taman Kanak-kanak. Spesifikasi produk yang diharapkan yaitu menyajikan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) sains sederhana dengan menggunakan metode eksperimen desain pembelajaran Dick and Carey serta menyajikan pegangan guru tentang macam-macam teknik pengenalan sains sederhana di TK. Hasil validasi produk oleh ahli menyimpulkan bahwa buku pegangan guru tentang pengenalan sains sederhana di TK sudah layak untuk digunakan di TK. Penerapan produk tersebut dalam pembelajaran dengan metode eksperimen terbukti menumbuhkan minat dan ketertarikan anak terhadap pembelajaran sains, sehingga hasil belajar juga meningkat.
Kata Kunci: Usia Emas, Sains, Metode Eksperimen, Model Rancangan Pembelajaran Dick and Carey
Downloads
References
Atmojo, I. R. W. 2013. Pendidikan IPA & Gizi untuk Anak Usia Dini. Surakarta: UNS Press.
Bahri, Syaiful. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rieneke Cipta.
Depdiknas, 2006. Pembelajaran di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Depdiknas.
Dimyati & Mujiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Mizan Pustaka.
Jakarta: Prestasi Pustaka.
Musbikin, I. 2010. Buku Pintar PAUD. Jogjakarta: Laksana.
Nugraha, Ali. 2005. Pengembangan Pembelajaran Sains pada Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.
Riyanto, Yatim. 2001. Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: SIC.
Suyanto, Slemet. 2005. Pembelajaran untuk TK. Jakarta: Depdiknas.
Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik.
Uno, Hamzah B. 2008. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.
Mulyani, Tri. 2000. Strategi Pembelajaran (Learning and Teaching Strategy).
Yogyakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan, Pendidikan Luar Biasa, Universitas Negeri Yogyakarta.