PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN METODE TUTOR SEBAYA

 Abstract views: 133

Authors

  • Munaisah MAN 2 Bojonegoro

DOI:

https://doi.org/10.36456/devosi.v6i1.5881

Keywords:

Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Tutor Sebaya

Abstract

Pada penelitian ini menggunakan metode tutor sebaya. Guna untuk peserta didik memahami materi integral pada mata pelajaran matematika. Metode ini, maksudnya peserta didik yang ditunjuk oleh pendidik untuk dijadika tutor bagi peserta didik lainnya. Kemudian, pendidik membuat kelompok yang terdiri dari 4-5 peserta didik dan setiap kelompok sudah ada tutor masing-masing. Tutor yang dipilih peserta didik yang mampu menerangkan materi pada temannya dengan baik dan juga akan mendapat arahan dari pendidik. Tujuan penelitian ini meningkatkan aktivitas belajar peserta didik dan meningkatkan hasil belajar pada materi matematika. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas. Intrusmen penelitian, antara lain 1) tes tulis mengenai pelajaran matematika. 2) melakukan observasi untuk meninjau kegiatan peserta didik. Pelaksanaan metode tutor sebaya mengalami peningkatan proses belajar matematika pada kelas XII IIS 1 MAN 2 Bojonegoro, Pada siklus I peserta didik yang lulus, yaitu 60,61% menjadi 81,82% pada siklus II. Pernyataan tersebut telah ditetapkaan bahwa ketuntasan klasikal sebesar 80%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dimyati, Mujiono. 1999. Belajarodan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Eko PutrooWidoyoko. 2009. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: PustakaoPelajar

Hamalik, Oemar. 1991. StrategioBelajar-Mengajaroberdasarkan CBSA. Bandung: CV. Sinar Baru.

Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulumodan Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Irvan, M., Mutmainah, S., & Jauhari, M. N. (2021, November). The Peer Tutor Method: Implementation in Hybrid Learning Settings for Students with Disabilities. In 7th International Conference on Education and Technology (ICET 2021) (pp. 29-32). Atlantis Press.

Irvan, M., Damayanto, A., Jauhari, M. N., & Aqilah, T. S. (2021, September). The Effectiveness Factors of Online Learning Through Learning Management System for Students with Disabilities. In 2021 7th International Conference on Education and Technology (ICET) (pp. 107-110). IEEE.

Jauhari, M. N., & Dewi, D. P. (2019). Pelaksanaan cooperative learning model pada mata kuliah media pembelajaran abk bagi mahasiswa berkebutuhan khusus prodi pendidikan khusus fkip universitas pgri adibuana surabaya. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 15(27), 79-89.

Jauhari, M. N., Wasesa, A. J. A., Rosmi, Y. F., & Irvan, M. (2022, January). Hydraulic Exoskeleton Design for Cerebral Palsy. In 2022 2nd International Conference on Information Technology and Education (ICIT&E) (pp. 12-15). IEEE.

Muhammad. 2011. Pengertian Tutor Sebaya,(online),(http://id.Shvoong.com/, diakses pada tanggal 17 Juni 2013)

Mulyasa. 2007. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosdakarya

PurwantooM.oNgalim.2002. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

PusatOBahasaODepdiknas. 2002, Kamus BesarOBahasa Indonesia. Jakarta: BalaiPPustaka.

Riduwan. 2010. Skala Pengukuran Variabel-VariabelOPenelitian. Bandung: Alfabeta

Rosmi, Y. F. (2016). Pendidikan jasmani dan pengembangan karakter siswa sekolah dasar. Wahana: Tridarma Perguruan Tinggi, 66(1), 55-61.

Downloads

Published

2022-07-06

How to Cite

Munaisah. (2022). PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN METODE TUTOR SEBAYA. Devosi : Jurnal Teknologi Pembelajaran, 12(1), 1–16. https://doi.org/10.36456/devosi.v6i1.5881

Issue

Section

Article