INDEX CARD MATCH (ICM) SEBAGAI MODEL MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SEJARAH
Abstract views: 381DOI:
https://doi.org/10.36456/devosi.v6i1.5882Abstract
Pada peneletian ini menggunakan strategi index card match atau IMC pada materi peristiwa proklamasi kemerdekaaan Indonesia dan pembentukan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Menggunakan strategi ini sangat memudahkan peserta didik dalam mengahafal materi yang diajar. Strategi ini menggunakan kartu index cara bermainnya peserta didik saling mencari pasangan-pasangan untuk tanya jawab. Kartu index berisi soal yang dibuat oleh pendidik. Tujuan penelitian ini, yaitu meningkatkan keaktifan peserta didik dengn mengunakan strategi index card match dalam pelajaran sejarah matchpada peserta didik MAN 2 Bojonegoro. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti anatara lain lewat tes, observasi, dan dokumentasi. Instrumen penelitian, yaitu tes tulis dan lembar observasi. Teknik analisis data ialah menyusun secara sistematis data yang diperoleh berupa hasil wawancara, catatan lapangan. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini ialah pada siklus I pemebelajaran tidak tuntas karena peningkatan yang diperoleh sebesar 67,74% dari sejumlah siswa. Selanjutnya ketika menggunakan strategi pembelajaran index card match pada siklus II, persentase peningkatan hasil belajara sebesar 85,91%.
Downloads
References
Dimyati, Mujiono. 1999. Belajarodan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Eko PutrooWidoyoko. 2009. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: PustakaoPelajar
Hamalik, Oemar. 1991. StrategioBelajar-Mengajaroberdasarkan CBSA. Bandung: CV. Sinar Baru.
Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulumodan Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Irvan, M., Mutmainah, S., & Jauhari, M. N. (2021, November). The Peer Tutor Method: Implementation in Hybrid Learning Settings for Students with Disabilities. In 7th International Conference on Education and Technology (ICET 2021) (pp. 29-32). Atlantis Press.
Irvan, M., Damayanto, A., Jauhari, M. N., & Aqilah, T. S. (2021, September). The Effectiveness Factors of Online Learning Through Learning Management System for Students with Disabilities. In 2021 7th International Conference on Education and Technology (ICET) (pp. 107-110). IEEE.
Jauhari, M. N., & Dewi, D. P. (2019). Pelaksanaan cooperative learning model pada mata kuliah media pembelajaran abk bagi mahasiswa berkebutuhan khusus prodi pendidikan khusus fkip universitas pgri adibuana surabaya. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 15(27), 79-89.
Jauhari, M. N., Wasesa, A. J. A., Rosmi, Y. F., & Irvan, M. (2022, January). Hydraulic Exoskeleton Design for Cerebral Palsy. In 2022 2nd International Conference on Information Technology and Education (ICIT&E) (pp. 12-15). IEEE.
Muhammad. 2011. Pengertian Tutor Sebaya,(online),(http://id.Shvoong.com/, diakses pada tanggal 17 Juni 2013)
Mulyasa. 2007. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosdakarya
PurwantooM.oNgalim.2002. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
PusatOBahasaODepdiknas. 2002, Kamus BesarOBahasa Indonesia. Jakarta: BalaiPPustaka.
Riduwan. 2010. Skala Pengukuran Variabel-VariabelOPenelitian. Bandung: Alfabeta
Rosmi, Y. F. (2016). Pendidikan jasmani dan pengembangan karakter siswa sekolah dasar. Wahana: Tridarma Perguruan Tinggi, 66(1), 55-61.