PENERAPAN MODEL STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI NEGARA MAJU DAN NEGARA BERKEMBANG MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XII IPS DI MAN 2 BOJONEGORO

 Abstract views: 305

Authors

  • Siti Niswatin MAN 2 Bojonegoro

DOI:

https://doi.org/10.36456/devosi.v6i1.5883

Keywords:

Penelitian Tindakan Kelas, STAD, Hasil Belajar.

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui kualitas belajar peserta didik berdasarkan perbandingan hasil belajar siklus I dan siklus II menggunakan model belajar STAD pada kelas XII IPS MAN 2 Bojonegoro. Alur prosedur yang digunakan yaitu perencanaan – tindakan – observasi – evaluasi. STAD (Student Teams Achievement Division) merupakan strategi pembelajaran yang bersifat kooperatif, yaitu melibatkan sesama peserta didik dengan langkah pembelajaran presentasi, diskusi kelompok, pengerjaan soal, skor pengembangan kemajuan individual dan penghargaan terhadap kelompok. Hasil belajar setelah pelaksanaan penelitian ini menunjukkan bahwa 37,5% dari 32 siswa telah menyelesaikan KKM sebelum menggunakan model STAD. Sedangkan ketuntasan tujuan pembelajaran kelas harus mencapai 75% dari total. Setelah proses observasi dan tindakan, ketuntasan siswa meningkat menjadi 100%. Berkaca pada penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model STAD efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan pencapaian tujuan pembelajaran pada siswa kelas XII IPS MAN 2 Bojonegoro.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dimyati, Mujiono. 1999. Belajarodan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Eko PutrooWidoyoko. 2009. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: PustakaoPelajar

Hamalik, Oemar. 1991. StrategioBelajar-Mengajaroberdasarkan CBSA. Bandung: CV. Sinar Baru.

Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulumodan Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Irvan, M., Mutmainah, S., & Jauhari, M. N. (2021, November). The Peer Tutor Method: Implementation in Hybrid Learning Settings for Students with Disabilities. In 7th International Conference on Education and Technology (ICET 2021) (pp. 29-32). Atlantis Press.

Irvan, M., Damayanto, A., Jauhari, M. N., & Aqilah, T. S. (2021, September). The Effectiveness Factors of Online Learning Through Learning Management System for Students with Disabilities. In 2021 7th International Conference on Education and Technology (ICET) (pp. 107-110). IEEE.

Jauhari, M. N., & Dewi, D. P. (2019). Pelaksanaan cooperative learning model pada mata kuliah media pembelajaran abk bagi mahasiswa berkebutuhan khusus prodi pendidikan khusus fkip universitas pgri adibuana surabaya. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 15(27), 79-89.

Jauhari, M. N., Wasesa, A. J. A., Rosmi, Y. F., & Irvan, M. (2022, January). Hydraulic Exoskeleton Design for Cerebral Palsy. In 2022 2nd International Conference on Information Technology and Education (ICIT&E) (pp. 12-15). IEEE.

Muhammad. 2011. Pengertian Tutor Sebaya,(online),(http://id.Shvoong.com/, diakses pada tanggal 17 Juni 2013)

Mulyasa. 2007. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosdakarya

PurwantooM.oNgalim.2002. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

PusatOBahasaODepdiknas. 2002, Kamus BesarOBahasa Indonesia. Jakarta: BalaiPPustaka.

Riduwan. 2010. Skala Pengukuran Variabel-VariabelOPenelitian. Bandung: Alfabeta

Rosmi, Y. F. (2016). Pendidikan jasmani dan pengembangan karakter siswa sekolah dasar. Wahana: Tridarma Perguruan Tinggi, 66(1), 55-61.

Downloads

Published

2022-07-06

How to Cite

Siti Niswatin. (2022). PENERAPAN MODEL STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI NEGARA MAJU DAN NEGARA BERKEMBANG MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XII IPS DI MAN 2 BOJONEGORO. Devosi : Jurnal Teknologi Pembelajaran, 12(1), 29–40. https://doi.org/10.36456/devosi.v6i1.5883

Issue

Section

Article