EFEKTIVITAS PENGGUNAAN APLIKASI SMART PJOK DALAM PEMBELAJARAN PJOK DI ERA DIGITAL PADA SDN BESOWO 2

 Abstract views: 689

Authors

  • Adi Syahrul Romadlon SDN Besowo 2

DOI:

https://doi.org/10.36456/devosi.v6i1.5942

Keywords:

SMART PJOK, Pembelajaran, Era Digital

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan aplikasi SMART PJOK dalam pembelajaran PJOK di era digital pada SDN Besowo 2. Penelitian dengan metode kualitatif dengan menggunakan teknik wawancara dan menyebar kuesioner ini digunakan untuk memahami perilaku subjek dan objek yang diteliti. Hasil yang didapatkan dengan adanya aplikasi ini, siswa merasa bisa mendapatkan pembelajaran dengan suasana yang lebih santai, menyenangkan, fleksibel, efisien, praktis, mudah, hemat waktu dan hemat tenaga namun tetap dapat mengakomodir kebutuhan terkait pembelajaaran PJOK. Selain itu manfaat lain dari model pembelajaran menggunakan aplikaasi SMART PJOK adalah orang tua bisa mengawasi anak – anaknya belajar setiap saat, membuat guru dan siswa menjadi mele teknologi, mempercepat transformasi digital di dunia pendidikan dan meningkatkan kemampuan dibidang ilmu teknologi. Siswa juga menjadi lebih kreatif dalam memngikuti pembelajaran serta dapat mengkondisikan diri senyaman mungkin untuk belajar tanpa aturan yang formal

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fatirul, A. N., ST, M. P., Walujo, D. A., & ST, M. (2020). Desain Blended Learning: Desain Pembelajaran Online Hasil Penelitian. Scopindo Media Pustaka.

Fefrian, Y., Mardhika, R., Santika, R. H., & Sumardi, S. (2020). Penjas Adaptif Bagi Guru Sekolah Luar Biasa (SLB) Siswa Budhi Surabaya. SPEED Journal: Journal of Special Education, 3(2), 101-106.

Irvan, M., Damayanto, A., Jauhari, M. N., & Aqilah, T. S. (2021, September). The Effectiveness Factors of Online Learning Through Learning Management System for Students with Disabilities. In 2021 7th International Conference on Education and Technology (ICET) (pp. 107-110). IEEE.

Irvan, M., Mutmainah, S., & Jauhari, M. N. (2021, November). The Peer Tutor Method: Implementation in Hybrid Learning Settings for Students with Disabilities. In 7th International Conference on Education and Technology (ICET 2021) (pp. 29-32). Atlantis Press.

Jauhari, M. N., Mambela, S., & Zakiah, Z. (2020). Dampak pandemi covid-19 terhapad pelaksanaan pembelajaran penjas adaptif di Sekolah Luar Biasa. STAND: Journal Sports Teaching and Development, 1(1), 63-70.

Kurniawan, A. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Mata Kuliah Media Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus. Special and Inclusive Education Journal (SPECIAL), 2(1), 62-67.

Hakim, L., & Susanto, R. Pembelajaran pendidikan jasmani dan olahraga kesehatan di tengah darurat Covid-19 di Surabaya, dapatkah diterapkan?. Multilateral: Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 20(3), 237-252.

Puriana, R. H., & Mardhika, R. (2020). The Speed Test For Agility Reactive Sprint Mirror Drill Training. Jp. Jok (Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan), 4(1), 25-34.

Rosmi, Y. F., & Sugiyanto, F. X. (2015). Kontribusi Faktor Fisik, Teknik, Dan Psikis Terhadap Kemampuan Free Throw Bola Basket. Jurnal Pedagogi Olahraga Dan Kesehatan, 1(1), 51-63.

Rosmi, Y. F. (2016). Pendidikan jasmani dan pengembangan karakter siswa sekolah dasar. Wahana: Tridarma Perguruan Tinggi, 66(1), 55-61.

Downloads

Published

2022-07-13 — Updated on 2022-08-08

Versions

How to Cite

Adi Syahrul Romadlon. (2022). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN APLIKASI SMART PJOK DALAM PEMBELAJARAN PJOK DI ERA DIGITAL PADA SDN BESOWO 2. Devosi : Jurnal Teknologi Pembelajaran, 12(1), 41–47. https://doi.org/10.36456/devosi.v6i1.5942 (Original work published July 13, 2022)

Issue

Section

Article