PENGGUNAAAN AUDIO VISUAL KOMTAL DALAM MENINGKATKAN KOSAKATA DASAR SISWA TUNARUNGU KELAS 2 SLB NEGERI 2 KOTA BLITAR
Abstract views: 211DOI:
https://doi.org/10.36456/devosi.v6i1.6047Keywords:
Media Audio, Komunikasi Total, TunarunguAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penggunaaan Audio Visual Komtal Dalam Meningkatkan Kosakata Dasar Siswa Tunarungu Kelas 2 SLB Negeri 2 Kota Blitar. Penelitian ini menggunakan Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subyek penelitian ini adalah siswa tunarungu kelas 2. Hasil penelitian yaitu Media audio visual komtal yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan kosakata siswa pada siswa tunarungu kelas 2 di SLB Negeri 2 kota Blitar, hal itu dapat dilihat dari nilai rata-rata ulangan siswa yang diketahui bahwa hasil siklus I adalah 67% dan siklus II adalah 100%. Hasil tersebut memiliki arti yang sangat signifikan yaitu terjadi peningkatan yang sangat berarti pada nilai ulangan siswa.selanjutnya media bisa terus dikembangkan dengan kosakata yang lain
Downloads
References
Badiah, L. I., Jauhari, M. N., & Mambela, S. (2020). Penerapan Pelatihan Terapi Auditory Verbal Therapy (AVT) untuk Mengembangkan Kemampuan Bahasa Anak Tunarungu. Jurnal ORTOPEDAGOGIA, 6(1), 39-42.
Dewi, D. P., & Jauhari, M. N. (2018). Media pembelajaran anak berkebutuhan khusus. Surabaya: Adi Buana University Press Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
Hasiana, I. (2020). Studi kasus anak dengan gangguan bahasa reseptif dan ekspresif. Special and Inclusive Education Journal (SPECIAL), 1(1), 59-67.
Irvan, M., Damayanto, A., Jauhari, M. N., & Aqilah, T. S. (2021, September). The Effectiveness Factors of Online Learning Through Learning Management System for Students with Disabilities. In 2021 7th International Conference on Education and Technology (ICET) (pp. 107-110). IEEE.
Jauhari, M. N., Irvan, M., & Sakre, T. (2017, November). Communication Of Children With Special Needs Using Signalong Indonesia. In International Conference On Education(Vol. 1, No. 1).
Jauhari, M. N. (2016). Identifikasi Perkembangan Komunikasi Anak Pervasive Developmental Disorder. Helper: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 32(2).
Jauhari, M. N., Irvan, M., & Sunarya, P. B. (2020, December). Vocational Education Services in Schools for Children with Special Needs. In 1st International Conference On Information Technology And Education (ICITE 2020) (pp. 665-668). Atlantis Press.
Rafikayati, A., & Jauhari, M. N. (2021). Studi Tentang Pembelajaran Vokasional Bagi Anak Tunarungu Di SMPN 28 Surabaya. Special and Inclusive Education Journal (SPECIAL), 2(1), 77-83.
Rani, K., & Jauhari, M. N. (2018). Keterlibatan orangtua dalam penanganan anak berkebutuhan khusus. Jurnal Abadimas Adi Buana, 2(1), 55-64.
Wibowo, E. J. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Tema Selalu Hemat Energi Berbasis E-Learning Untuk Peningkatan Hasil Belajar Siswa Tunarungu. Special and Inclusive Education Journal (SPECIAL), 1(2), 90-97.
Wibowo, E. J. (2021). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Metode Glenn Doman Bagi Anak Tunarungu Kelas II di SLB Negeri 1 Kota Blitar. Special and Inclusive Education Journal (SPECIAL), 2(1), 1-9.