PENGARUH PEER INSTRUCTIONAL FLIPPED PADA PEMBELAJARAN ONLINE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA DENGAN GAYA KOGNITIF YANG BERBEDA

 Abstract views: 210

Authors

  • Dewi Sukma Handriyati SMP Negeri 6 Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.36456/devosi.v6i1.6113

Keywords:

r Instructional Flipped Classroom, Literasi Sains, Gaya Kognitif

Abstract

Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas strategi Peer Instructional Flipped Classroom dibandingkan strategi ekspositori dalam meningkatkan kemampuan literasi sains dalam pembelajaran berbasis e-learning. Penelitian berbentuk eksperimen kuasi dengan factorial 2 x 2.  Subjek penelitian adalah 37 siswa kelas VII SMP yang terdiri atas dua kelas, yaitu kelas yang menerapkan strategi pembelajaran ekspositori, dan yang menerapkan strategi pembelajaran Peer Instructional Flipped Classroom.  Karakteristik gaya kogntif siswa diukur dengan menggunaan Group Embedded Figures Test.  Tes untuk mengukur kemampuan literasi sains dilakukan sebelum dan setelah perlakuan dengan menggunakan analisis varians 2 arah pada taraf signifikansi 5%.  Hasil perhitungan menunjukkan terdapat perbedaan kemampuan literasi sains diantara siswa yang di ajar dengan ke dua strategi tersebut.  Siswa yang belajar dalam pembelajaran e-learning dengan strategi pembelajaran Peer instructional flipped menunjukkan kemampuan literasi sains yang lebih tinggi dari pada siswa yang belajar dengan strategi ekspositori, dalam pembelajaran IPA terintegrasi pada materi Suhu, Kalor dan Perubahannya dalam kehidupan sehari-hari.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arham, U. U., & Dwiningsih, K. (2016). Keefektifan Multimedia Interaktif Berbasis Blended Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Kwangsan, 4(2), 111. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v4n2.p111--118 DOI: https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v4n2.p111--118

Azmi, S., Degeng, I. N. S., Kamdi, W., Setyosari, P., & Wiyono, S. (2018). The effect of value clarification learning strategies and social inquiry on concept comprehension and student tolerance attitudes with different cognitive style. International Journal of Civil Engineering and Technology, 9(11), 1072–1083.

Cahyawati, G. (2020) Persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran daring pada masa pandemic Covid-19;Hambatan, tingkat kesetujuan, materi, beban tugas, kehadiran dan penjelasas Dosen. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan Volume 7 No.2 Oktober 2020 (page 150-161) DOI: https://doi.org/10.21831/jitp.v7i2.33296

Degeng, I. N. S. dan Degeng, P.D.D (2018). Ilmu Pembelajaran: Klasifikasi Variabel untuk Pengembangan Teori dan Penelitian. Yogyakarta: Yayasan Taman Pustaka Kristen Indonesia.

Darojat, A. (2016).Pengembangan Multimmedia Pembelajaran Interaktif pada mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam untuk Siswa kelas VIII SMP . Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran, Volume 1, Nomor 4 April 2016, hlm. 297-301 DOI: https://doi.org/10.17977/um031v2i22016p297

Hariapsari, K. W. (2016). Kemampuan Literasi Sains Siswa SMP pada Materi Suhu dan Perubahannya. Pensa: Jurnal Pendidikan Sains, 4(02), 1–5.

Hulaikah, M., Degeng, I. N. S., Sulton, & Murwani, F. D. (2020). The effect of experiential learning and adversity quotient on problem solving ability. International Journal of Instruction, 13(1), 869–884. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13156a DOI: https://doi.org/10.29333/iji.2020.13156a

Aina’ul,L.,Rusilowati,A.(2016).Pengembangan Instrumen Asesmen Literasi Sains Tema Energi. Journal of Primary Education, 5(2), 147–154.

Arif B., Iskandar W., Hari K (2021) Pengembangan Modul IPA Berbasis Literasi dan Integratif Dalam Memfasilitasi Belajar mandiri Siswa .JINOTEP (Jurnal Inovasi TeknologiPembelajaran)Vol.8(1)(2021).http://journal2/um.ac.id/index.php/jinotep/index DOI: https://doi.org/10.17977/um031v8i12021p058

Irvan, M., Mutmainah, S., & Jauhari, M. N. (2021, November). The Peer Tutor Method: Implementation in Hybrid Learning Settings for Students with Disabilities. In 7th International Conference on Education and Technology (ICET 2021) (pp. 29-32). Atlantis Press.

Inzanah,I.,Ibrahim,M.,&Widodo,W. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Ipa Berbasis Kurikulum 2013 Untuk Melatih Literasi Sains Siswa Smp. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 4(1), 459. https://doi.org/10.26740/jpps.v4n1.p459-467 DOI: https://doi.org/10.26740/jpps.v4n1.p459-467

Jacob Enfi eld. (2013). Looking at the impact of the Flipped Classroom Model of Instruction on Undergraduate Multimedia Student at CSUN. TechTrends. Vol 57. No. 6 pp. 14-18. DOI: https://doi.org/10.1007/s11528-013-0698-1

Johnson, G., B. (2013). Student Perceptions Of The Flipped Classroom. University of British Columbia. http://hdl.handle.net/2429/44070.

Kade, A., Degeng, I. N. S., & Ali, M. N. (2019). Effect of jigsaw strategy and learning style to conceptual understanding on senior high school students. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 14(19),4–15. https://doi.org/10.3991/ijet.v14i19.11592 DOI: https://doi.org/10.3991/ijet.v14i19.11592

Kinzie,F., Mario W., Andreauw V,(2021). Pembelajaran Daring Menggunakan e-Modul pada Flipped Classroom Statistika untuk Meningkatkan Kemampuan Bernalar dan Intensi Berwirausaha. Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran (Jinotep) Kajian dan Riset dalam Teknologi Pembelajaran. Vol.8(1) 1-10. Retrievedfromhttp://journal2.um.ac.id/index.php/jinotep/article/view/6883/3480 DOI: https://doi.org/10.17977/um031v8i12021p001

Nugraha, M. G., & Awalliyah, S. (2016). Analisis Gaya Kognitif Field Dependent Dan Field Independent Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Siswa Kelas Vii. V, SNF2016-EER-71-SNF2016-EER-76. https://doi.org/10.21009/0305010312 DOI: https://doi.org/10.21009/0305010312

Nurpianti, S., Suwarma, I. R., & Jauhari, A. (2018). Kajian Implementasi Pendekatan Flipped Classroom pada Pembelajaran Fisika. Prosiding Seminar Nasional Fisika (SINAFI), 115–119.

OECD. (2018). Indenesia Student performance (PISA 2018). https://gpseducation.oecd.org/CountryProfile?plotter=h5&primaryCountry=IDN&treshold=5&topic=PI

Overmyer, G. R. (2014). The flipped classroom model for college Algebra: Effects on sudent achievement (Unpublished doctoral dissertation). School of Education, Colorado State University.

Pembelajaran, P., Terpadu, I. P. A., Smp, D. I., & Implementasi, M. (2014). Penerapan Pembelajaran Ipa Terpadu Di Smp Menjelang Implementasi Kurikulum 2013. Lembaran Ilmu Kependidikan, 43(1), 25–31.

Roehl, A., Shweta L. D., & Gayla J. S. (2013). The Flipped Classroom: An Opportunity To Engage Millennial Students Through Active Learning Strategies. Journal of Family & Consumer Sciences, 105(2), 45 DOI: https://doi.org/10.14307/JFCS105.2.12

Roehl, R. & S. (2015). Deep exploration of the flipped classroom before implementing. Journal of Instructional Pedagogies, 16.

Rufi’i. (2011). Dampak gaya kognitif terhadap perolehan belajar konsep statistika. Jurnal Wahana, 57(2), 88–96.

Rusdi, R., Evriyani, D., & Praharsih, D. K. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Peer Instruction Flip Dan Flipped Classroom Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Materi Sistem Ekskresi. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi, 9(1), 15–19. https://doi.org/10.21009/biosferjpb.9-1.3 DOI: https://doi.org/10.21009/biosferjpb.9-1.3

Hahessy, S. Burke, E.(2014) Indicators of Student Satisfaction in Postgraduate Blended Learning Programmes : Key Messagges from a Survey Study.

Sitompul, N. (2012). Perilaku Komunikasi Nonverbal Guru Dalam Kelas Pembelajaran: Maknanya Bagi Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Universitas Negeri Malang, 19(1), 38–49.

Witkin,H.A.,Moore,C.A.,Goodenough,D.R& Cox, PW Winter. 1977. Fielddependent and field-independent cognitive styles and their educational DOI: https://doi.org/10.1002/j.2333-8504.1977.tb01134.x

implications.ReviewofEducationalResearch 47 (1), 1-64.

Yuliyatno, Mustaji, & Sitompul, N. C. (2019). Exploring the implementation of weblog-based flipped classroom in teaching civics: Is it feasible and effective? International Journal of Instruction, 12(4), 239–250. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12415a DOI: https://doi.org/10.29333/iji.2019.12415a

Downloads

Published

2022-08-18 — Updated on 2022-11-18

How to Cite

Dewi Sukma Handriyati. (2022). PENGARUH PEER INSTRUCTIONAL FLIPPED PADA PEMBELAJARAN ONLINE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA DENGAN GAYA KOGNITIF YANG BERBEDA . Devosi : Jurnal Teknologi Pembelajaran, 12(2), 67–78. https://doi.org/10.36456/devosi.v6i1.6113

Issue

Section

Article