MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN DARING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH SISWA KELAS VI SDN NGAGELREJO I SURABAYA

 Abstract views: 123

Authors

  • Dita Nindia Wati SDN Ngagelrejo I Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.36456/devosi.v6i1.6114

Keywords:

model problem based learning, kemampuan memecahkan masalah, pembelajaran daring, pelajaran matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah dengan model problem based learning pada pembelajaran daring siswa kelas VI di SDN Ngagelrejo I Surabaya. Subjek Penelitian Tindakan Kelas ini adalah siswa  kelas VI SDN Ngagelrejo I Surabaya  yang  berjumlah 37 siswa.  Penelitian berlangsung dalam dua siklus. Instrumen yang digunakan adalah observasi aktivitas guru dan siswa dan tes hasil belajar matematika. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan indikator keberhasilan penelitian ini adalah jika minimal 80% siswa telah mencapai nilai ³75 dan nilai rata-rata tes hasil belajar kelas mencapai minimal 80.  Pada siklus I hasil belajar siswa yang mencapai nilai ³75  sebesar 43,24% dengan  nilai  rata-rata  kelas 71,97, sehingga perlu dilanjutkan Tindakan  siklus II. Dikarenakan pada siklus  I belum mencapai target yang diharapkan maka perlu dilakukan tindakan siklus II. Pada Siklus II siswa yang mencapai nilai ³75 sebesar 83,78% dengan nilai rata-rata kelas 82,24. Dengan adanya peningkatan pada tindakan pada siklus II, maka pembelajaran model problembased learning pada pembelajaran daring dapat meningkatkan kemampuan memecahkan masalah mata pelajaran matematika.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akuba, S. F., Purnamasari, D. & Firdaus, R. (2020). Pengaruh Kemampuan Penalaran, Efikasi Diri dan Kemampuan Memecahkan Masalah Terhadap Penguasaan Konsep Matematika. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika). Vol. 4, No. 1, 44-60. DOI: https://doi.org/10.33603/jnpm.v4i1.2827

Astini, Suni (2020). Tantangan Dan Peluang Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Online Masa Covid-19. Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol. 3. DOI: https://doi.org/10.37329/cetta.v3i2.452

Attri, R. (2018). Accelerating complex problem-solving skills: problem-centered training design methods. Singapore: Speed To Profciency Research: S2PRo.

Hasanah, dkk. (2020). Analisis Aktivitas Belajar Daring Mahasiswa Pada Pandemi COVID-19. Jurnal Pendidikan. Vol. 1. No.1. Thn. 2020.

Herlina, Y., & Mustain, I. (2020). Model Problem Based Learning Berbasis Budaya Pesisir untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics. Vol. 4. No. 2. Thn. 2020. Hal. 169–178. DOI: https://doi.org/10.31949/th.v4i1.1552

Jauhari, M. N., Irvan, M., & Sunarya, P. B. (2020, December). Vocational Education Services in Schools for Children with Special Needs. In 1st International Conference On Information Technology And Education (ICITE 2020) (pp. 665-668). Atlantis Press. DOI: https://doi.org/10.2991/assehr.k.201214.315

Maesari, C., Marta, R., Yusnira. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar. JOURNAL ON TEACHER EDUCATION. Vol. 1. No. 1, 92–102 DOI: https://doi.org/10.31004/jote.v1i1.508

Pamungkas, D., Mawardi, & Suhandi, A. (2019). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas IV melalui Penerapan Model Problem Based Learning. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. Vol. 3. No. 2, 212–219. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v3i2.17774

Sariastuti, D. S., & Mawardi. Evaluasi Kemampuan Berpikir Kritis Paad Problem Based Learning Dengan Setting Online. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam. Vol. 8 No. 1, 28-38 DOI: https://doi.org/10.24252/auladuna.v8i1a3.2021

Syarifudin, A. S. (2020). Impelementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia. Jurnal Metalingua. Vol. 5. No. 1, 31–34. DOI: https://doi.org/10.21107/metalingua.v5i1.7072

Wena, M. (2011). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer, Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Wijayanti,H., Degeng,I,N, S. & Sitompul, N. S. 2021. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis E-Learning Pada Pembelajaran Tematik Sekolah Dasar. Edcomtech: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, Vol.6 No 1 tahun 2021, p.: 26-35 DOI: https://doi.org/10.17977/um039v6i12021p026

Zhafira, N. H., Ertika, Y., & Chairiyaton, C. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Perkuliahan Daring Sebagai Sarana Pembelajaran. Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen. Vol. 4. No. 1. DOI: https://doi.org/10.35308/jbkan.v4i1.1981

Downloads

Published

2022-08-18 — Updated on 2022-08-18

How to Cite

Dita Nindia Wati. (2022). MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN DARING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH SISWA KELAS VI SDN NGAGELREJO I SURABAYA. Devosi : Jurnal Teknologi Pembelajaran, 12(2), 79–90. https://doi.org/10.36456/devosi.v6i1.6114

Issue

Section

Article