LITERASI DIGITAL PADA KURIKULUM MERDEKA BELAJAR BAGI ANAK TUNAGRAHITA

 Abstract views: 9497

Authors

  • Amelia Rizky Idhartono Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.36456/devosi.v6i1.6150

Keywords:

Literasi Digital, Kurikulum Merdeka Belajar, Anak Tunagrahita.

Abstract

Kurikulum merdeka belajar merupakan kurikulum yang digagas oleh Pemerintah untuk mengatasi hilangnya pembelajaran (learning loss). Karakteristik utama dari kurikulum merdeka belajar yaitu (1) pembelajaran berbasis projek sebagai pengembangan soft skill dan sesuai dengan karakter pelajar Pancasila, (2) fokus pada materi esensial agar terdapat waktu yang cukup untuk pembelajaran yang mendalam bagi kompetensi dasar seperti literasi dan numerasi dan (3) fleksibilitas untuk guru melakukan pembelajaran yang berdiferensiasi sesuai dengan kemampuan peserta didik dan melakukan penyesuaian dengan konteks muatan lokal. Fokus dalam penelitian ini yaitu tentang literasi yang dikaitkan dengan media digital dengan peserta didik anak tunagrahita. Penelitian ini merupakan penelitian literature review. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa literasi sangat penting dikuasai oleh anak tunagrahita, terutama literasi dasar. Literasi dasar merupakan salah satu karakteristik utama dalam kurikulum merdeka belajar. Guru dapat menggunakan media digital dalam kegiatan belajar mengajar terutama untuk anak tunagrahita.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Erlianti, G., & Fatmawati, R. (2019). Pentingnya Literasi Digital untuk Siswa Difabel Netra di SLB N 2 Padang. Seminar Internasional Riksa Bahasa XIII.

Hallahan, D. P., & Kauffman, J. M. (1988). Exceptional Children Introduction to Special Education. New Jersey: Prentice Hall International.

Hastuti, W. D. (2020). Membangun Motivasi dan Kemandirian Peserta Didik Berkebutuhan Khusus Melalui Flipped Classroom di Masa New Normal Covid-19. Prosiding Webinar Magister Pendidikan Nonformal UNG | 181, September, 181–192.

Kemdikbud. (2003). Undang-Undang tentang Sistem Pendidikan Nasional Tahun 2003.

Masiri. (2021). Makna Merdeka Belajar bagi Anak Berkebutuhan Khusus dalam Setting Sekolah Luar Biasa (SLB). https://www.indonesiana.id/read/151227/makna-merdeka-belajar-bagi-anak-berkebutuhan-khusus-dalam-setting-sekolah-luar-biasa-slb

Masnunah, N., & Sujarwanto. (2019). JURNAL PENDIDIKAN KHUSUS PENERAPAN MEDIA DIGITAL PREZI UNTUK MENINGKATKAN Diajukan kepada Universitas Negeri Surabaya PENERAPAN MEDIA DIGITAL PREZI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK AUTIS. 1–13.

Sulistiati, N. (2022). Bagaimana Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pendidikan Inklusi?

Downloads

Published

2022-08-29 — Updated on 2022-11-29

How to Cite

Amelia Rizky Idhartono. (2022). LITERASI DIGITAL PADA KURIKULUM MERDEKA BELAJAR BAGI ANAK TUNAGRAHITA. Devosi : Jurnal Teknologi Pembelajaran, 12(2), 91–96. https://doi.org/10.36456/devosi.v6i1.6150

Issue

Section

Article