PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN INTERAKTIF BAGI MAHASISWA TUNARUNGU DI PERGURUAN TINGGI
Abstract views: 89DOI:
https://doi.org/10.36456/devosi.v13i2.8706Keywords:
Video Pembelajaran Interaktif, TunarunguAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pengembangan video pembelajaran interaktif bagi mahasiswa tunarungu di perguruan tinggi. Penelitian ini dilakukan di Prodi Pendidikan Khusus Universita PGRI Adi Buana (UNIPA Surabaya), salah satu kampus inklusif di Kota Surabaya dengan subjek penelitian 2 mahasiswa tunarungu yang menempuh Mata Kuliah Penelitian Pendidikan Khusus, salah satu mata kuliah wajib yang ada di Prodi Pendidikan Khusus. Penelitian menggunakan penelitian pengembangan dengan tahapan (1) pengumpulan data, (2) perencanaan, (3) pengembangan produk awal, (4) uji tes terbatas, dan (5) revisi produk. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Sedangkan analisis datanya menggunakan analisis kuantitatif dengan rumus rerata dari ahli isi, ahli desain, dan subjek mahasiswa. Hasil dari penelitian ini adalah berupa video pembelajaran interaktif yang disertai dengan Bahasa isyarat di dalamnya. Adapun uji kelayakan dari video tersebut yaitu 3,5 (layak) menurut ahli media, 3,7 (layak) menurut ahli konten/isi, dan 3,7 (layak) menurut pengguna (subjek penelitian). Berdasarkan uji kelayakan tersebut dapat disimpulkan bahwa video pembelajaran interaktif yang dihasilkan dalam penelitian ini layak untuk digunakan dalam pembelajaran untuk mahasiswa tunarungu.
Downloads
References
Ayuni, D., Marini, T., Fauziddin, M., & Pahrul, Y. (2020). Kesiapan Guru TK Menghadapi Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.579
Dewi, K. (2017). Pentingnya Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.
Dian Rosdiana Noor, Siregar, E., & Chaeruman, U. A. (2022). Pengembangan Mobile Learning dengan Metode Studi Kasus untuk Mata Pelajaran PPKn Kelas VI di SDN Telajung 01. Jurnal Pembelajaran Inovatif. https://doi.org/10.21009/jpi.051.08
Firdausi, A., Purbaningrum, E., & Murtadlo. (2021). Media Video Pembelajaran Materi Perubahan Cuaca dalam Learning Management System BErbasis WEB Bagi Siswa Tunarungu. Jurnal GRAB KIDS.
Hakim, L. (2020). Pendampingan Orang Tua dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam.
HERANI, N. E. (2021). PEMANFAATAN VIDEO PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN TEMATIK TERPADU DI SEKOLAH DASAR SAAT PANDEMI COVID-19. EDUTECH : Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi. https://doi.org/10.51878/edutech.v1i1.193
Jufrida, J., Basuki, F. R., Pangestu, M. D., & Djati Prasetya, N. A. (2019). ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI HASIL BELAJAR IPA DAN LITERASI SAINS DI SMP NEGERI 1 MUARO JAMBI. EduFisika. https://doi.org/10.22437/edufisika.v4i02.6188
Juherna, E., Sugihartini, E., Farwati Putri, A., Valentina, F. V., Halimatul Mutmainah, L., & Ramadhaniati, V. (2021). Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman pada Anak Tunarungu Lewat Media Gambar. Jurnal Pelita PAUD. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v5i2.1219
Lestari, W., & Zulmiyetri, Z. (2019). Meningkatkan Kemampuan Membaca Kata Melalui Media Video Pembelajaran Bagi Anak Tunarungu Widya. Jurnal Penelitian Pendidikan Kebutuhan Khusus.
Mozes, N. Z. (2020). HAK PENDIDIKAN ANAK PENYANDANG DISABILITAS DALAM PRESFEKTIF HAK ASASI MANUSIA. LEX ET SOCIETATIS. https://doi.org/10.35796/les.v8i3.29504
Muhson, A. (2010). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia. https://doi.org/10.21831/jpai.v8i2.949
Nurwahidah, C. D., Zaharah, Z., & Sina, I. (2021). MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI MAHASISWA. Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan. https://doi.org/10.31000/rf.v17i1.4168
Pradana, D., Abidin, Z., & Adi, E. (2020). Pengembangan Video Animasi Pembelajaran Subtema Pembentukan Karakter untuk Siswa SDLB Tunarungu. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran. https://doi.org/10.17977/um031v7i22020p096
Rafikayati, A. (2017). EFEKTIVITAS PROGRAM AUDITORY VERBAL THERAPY (AVT) DALAM MENINGKATKAN SKILL ORANGTUA ANAK DENGAN HAMBATAN PENDENGARAN DALAM MELAKSANAKAN TERAPI SECARA MANDIRI. HELPER : Jurnal Bimbingan Dan Konseling. https://doi.org/10.36456/helper.vol32.no2.a464
Rafikayati, A., Sambira, & Mudhar. (2021). The Development of Intelligence Test Media for Children with Hearing Impairment. Proceedings of the 2nd Annual Conference on Social Science and Humanities (ANCOSH 2020). https://doi.org/10.2991/assehr.k.210413.014
Rahmawati, R. (2020). Analisis Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Anak Berkebutuhan Khusus Jenis Tunarungu. Indonesia: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra ….
Razi, F., Muksar, M., & Qohar, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif untuk Siswa Tunarungu. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i6.13656
Rosiah, R., & Savana, A. F. (2021). Keefektifan Student-Centered Learning (SCL) Metode Cerita dalam Pembelajaran Huruf Kanji Level Menengah. Journal of Japanese Language Education and Linguistics. https://doi.org/10.18196/jjlel.v5i2.12557
Saputri, E. L. (2019). Analisis Aksesibilitas Layanan Pendidikan Bagi Penyandang Disabilitas Pada Perguruan Tinggi: Studi Kasus Kota Makassar. Journal of Humanity and Social Justice. https://doi.org/10.38026/journalhsj.v1i2.23
Simbolon, M. D., Wahjoedi, W., & Spyanawati, N. L. P. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN MATERI PASSING BOLAVOLI SMP KELAS VII. Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Undiksha. https://doi.org/10.23887/jjp.v8i3.33766
Suryana, D., & Hijriani, A. (2021). Pengembangan Media Video Pembelajaran Tematik Anak Usia Dini 5-6 Tahun Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1413
Wahyudi, S. E., & Setyaedhi, H. S. (2018). Pengembangan Video 3d Hologram Materi Pokok Hewan Disekitarku Untuk Peserta Didik Kelas Iv Tunarungu. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan.
Wahyuningtyas, R., & Sulasmono, B. S. (2020). Pentingnya Media dalam Pembelajaran Guna Meningkatkan Hasil Belajar di Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.77
Yohanda, R. (2020). Metode Studi Kasus : Upaya-Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMA Negeri 14 Pekanbaru. Kordinat: Jurnal Komunikasi Antar Perguruan Tinggi Agama Islam. https://doi.org/10.15408/kordinat.v19i1.17178
Yuniati, N., Purnama, B. E., & Nurgoho, G. K. (2019). Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Ilmu Pengetahuan Alam Pada Sekolah Dasar Negeri Kroyo 1 Sragen. Jurnal Sentra Penelitian Engineering Dan Edukasi.
Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa COVID 19. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i3.142