Optimalisasi Manajemen Pemasaran UMKM Ababil Sublime Printing berbasis Website

DOI:
https://doi.org/10.36456/ekobisabdimas.2.1.3901
Keywords:
Promosi, UMKM, Teknologi InformasiAbstract
Usaha Mikro, Kecil Menengah (UMKM) merupakan salah satu penggerak perekonomian Indonesia, yang salah satu perannya adalah membuka lapangna pekerjaan yag luas unutk masyarakat. UMKM AbabilĀ Subline Printing merupakan UMKM yang bergerak dibidang Jasa dan Barang. Kegiatan yang dilakukan adalah membuat kaos, sedangkan jasa yang yang ditawarkan adalah jasa printing kain. Semakin pesatnya pertumbuhan UMKM yang sejenis akan menimbulkan munculnya pesaing, beberapa masalah yang dihadapi adalah permasalahan pemasaran, saat ini konsumen masih datang ke lokasi toko dan masih menerapkan metode mouth to mouth. Sampai saat ini pemasaran masih minim hal ini karena minimnya pemanfaatan teknologi dalam menyusun strategi pemasaran, dan juga karena pegawai terlalu sibuk dalam tugas massing-masing. Solusi yang ditawarkan adalah membangun sistem informasiĀ pemesanan serta promosi melalui Website, Serta memberikan pelatihan dalam penggunaaan teknologi informasi dengan menggunakan internet secara efektif dan efisien, untuk memperluas pasar dibandingkan metode sebelumnya. Kegiatan yang dilakukan dengan wawancara kepada pemilik UMKM untuk mengetahui kebutuhan data dan permasalahan, dan mendesain strategisĀ promosi menggunakan Teknologi, dan pelatihan penggunaan internet dana pemakaian sistem informasi yang telah dibuat.
Downloads
References
Budianto. Apri. 2015. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Ombak
Mulyadi. 2016. Sistem Informasi Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat
Pressman. R. 2015. Rekayasa Perangkat Lunak: Pendekatan Praktisi Buku 1. Yogyakarta: Andi.