Website Masjid Nurul Yaqin Sidoarjo Sebagai Publikasi Kegiatan Masjid

 Abstract views: 63

Authors

  • Slamet Slamet
  • Henry Bambang Setiawan
  • Tutut Wurijanto

DOI:

https://doi.org/10.36456/ekobisabdimas.2.2.4851

Keywords:

website, user, masjid

Abstract

Masjid Nurul Yaqin adalah tempat ibadah bagi umat Islam memiliki kapasitas kurang lebih 400 orang jamaah, terletak di Jalan Raya Ponti, Pondok Jati Sidoarjo. Jamaah Masjid Nurul Yaqin adalah warga perumahan Pondok Jati, masyarakat yang mempunyai aktifitas di sekitar Jalan Raya Ponti, dan masyarakat Sidoarjo pada umumnya. Sebelum wabah pandemi covid-19, kegiatan Masjid Nurul Yaqin cukup banyak, dengan pesertanya dari kalangan masyarakat luas yang lokasi tempat tinggalnya cukup jauh dari masjid.  Kegiatan tersebut misalnya Pengajian Umum Peringatan Hari-Hari Besar Islam (PHBI), Kegiatan shalat Subuh berjamaah, dan secara periodik  dilanjutkan dengan Tausiah dan sarapan pagi bersama, Pengajian Umum Peringatan Hari-hari Besar Islam (PHBI), dan agenda-agenda lain yang tidak terjadwal. Selama ini, untuk mengetahui kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan oleh Masjid Nurul Yaqin, masyarakat hanya bisa mengetahui secara lisan melalui pengumuman Takmir Masjid atau banner yang dipasang di halaman masjid, namun hal ini tidak optimal karena kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan adalah untuk masyarakat luas yang tidak semua mengenal satu dengan lainnya. Berdasarkan permasalahan di atas, tim pelaksana pengabdian membuat website guna membantu publikasi Masjid Nurul Yaqin ke masyarakat luas, baik untuk penyelenggaraan acara-acara maupun publikasi tentang Masjid Nurul Yaqin sendiri. Dengan adanya website ini, keberadaan Masjid Nurul Yaqin dan agenda-agenda kegiatannya telah semakin dikenal oleh masyarakat luas sehingga semakin banyak masyarakat yang mengetahui informasi kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan Masjid Nurul Yaqin. Hal tersebut dapat mendorong   semakin banyak masyarakat yang datang ke Masjid Nurul Yaqin sehingga dapat meningkatkan kuantitas dan kualitas ibadah masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Sumbodo, B. A. A., Dharmawan, A., & Faizah, F. (2017). Implementasi Teknologi Internet Sebagai Solusi Pengentasan Masalah Komunikasi di Desa Nyamuk, Kecamatan Karimunjawa, Kabupaten Jepara. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Indonesian Journal of Community Engagement), 2(2), 189-203.

Adani M. R., (2021). Pengenalan Website beserta Fungsi, Manfaat dan Cara Membuatnya. sekawanmedia.co.id, 2020. https://bit.ly/3cXimyb (diakses 17 Agustus 2021).

Anjasmara, L. Marlinda, and A. Fauzi. (2019). Sistem Informasi Pengelolaan Masjid Online Menggunakan Metode Waterfall. J. Edik Inform., vol. 6, no. 1, pp. 20–27, Available online: ejournal.stkip-pgrisumbar.ac.id/index.php

Binder, C., & Watkins, C. L. (1990). Precision Teaching and Direct Instruction: Measurably superior instructional technology in schools. Performance Improvement Quarterly, 3(4), 74-96.

Hasugian, P. S. (2018). Perancangan Website Sebagai Media Promosi Dan Informasi. Journal Of Informatic Pelita Nusantara

Suryadi, A., & Zulaikhah, Y. S. (2019). Rancang Bangun Sistem Pengelolaan Arsip Surat Berbasis Web Menggunakan Metode Waterfall. Jurnal Khatulistiwa Informatika, 7.

Downloads

Published

2021-12-31

Issue

Section

Articles