Optimasi Instagram Dalam Meningkatkan Penjualan Di Tengah Pandemi Covid-19

 Abstract views: 378

Authors

  • Ulfa Puspa Wanti Widodo
  • Christina Menuk Sri Handayani
  • Siti Istikhoroh
  • Mohamad Afrizal Miradji
  • Suharyanto Suharyanto

DOI:

https://doi.org/10.36456/ekobisabdimas.2.2.4855

Keywords:

Pemasaran media sosial, Instagram, Penjualan, UMKM, Covid-19

Abstract

Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat yang ditetapkan oleh pemerintah menimbulkan dampak negatif bagi perekonomian masyarakat Indonesia terutama bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Penurunan pendapatan sangat dirasakan oleh UMKM, salah satunya yang ada di Desa Dukuh Menanggal, Gayungan-Surabaya. Salah satu faktor kurangnya pendapatan UMKM di desa tersebut karena masih belum memanfaatkan pasar digital dengan alasan keterbatasan keterampilan dalam mengakses teknologi. Program pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mendorong optimalisasi media sosial khususnya Instagram sebagai salah satu langkah memanfaatkan pasar digital untuk meningkatkan penjualan terutama dalam kondisi pandemi Covid-19 saat ini. Metode yang digunakan adalah penyuluhan yang diikuti dengan pendampingan yang berfokus pada optimasi penggunaan Instagram Ads sebagai sarana peningkatan penjualan. Output dari penggunaan Instagram Ads sebagai salah satu alternatif bagi UMKM antara lain memperluas pangsa pasar UMKM, meningkatkan brand-awareness produk UMKM, dan secara tidak langsung dapat meningkatkan penjualan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hartoyo, Y. R., & Sitorus, O. F. (2021). Utilization Instagram as a Marketing Communication Media in the Covid-19 Pandemic A Case Study: Oppa Akademi Korean Language Course Institute. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 547, 194–198.

Katadata. (2021). PPKM Darurat Berlaku, Omzet UMKM Diperkirakan Anjlok 60% - Industri Katadata.co.id. https://katadata.co.id/safrezifitra/berita/60dd8bfdc60ea/ppkm-darurat-berlaku-omzet-umkm-diperkirakan-anjlok-60

SuaraCom. (2021). PPKM Bikin UMKM Menderita, Jualan Online Jadi Solusi. https://www.suara.com/bisnis/2021/08/06/135746/ppkm-bikin-umkm-menderita-jualan-online-jadi-solusi

Varma, M., Dhakane, N., & Pawar, A. (2020). Evaluation of Impact of Instagram on Customer Preferences: The Significance of Online Marketing. International Journal of Scientific and Technology Research, 9(2), 548–554.

Downloads

Published

2021-12-31

Issue

Section

Articles