Pemberdayaan UMKM Disabilitas Trenggalek untuk Peningkatan Pendapatan Pasca Pandemi melalui Upgrading Sosial Media

 Abstract views: 265

Authors

  • Evita Purnaningrum
  • I Made Bagus Dwiarta
  • Tri Ariprabowo
  • R. Bambang Dwi Waryanto
  • Aji Prasetyo

DOI:

https://doi.org/10.36456/ekobisabdimas.2.2.4858

Keywords:

pemberdayaan, disabilitas, UMKM, sosial media, teknologi

Abstract

Percepatan dan pertumbuhan teknologi tidak dapat dipungkiri mengalami kenaikan yang siginifikan dan terjadi lonjakan akibat adanya pandemi. Para pelaku UMKM yang belum memiliki persiapan terdapat perubahan yang siginifikan ini akan merasa kualahan bahkan hingga gulung tikar. Hal tersebut menjadi latar belakang pemberdayaan masyarakat ini terutama bagi para pelaku UMKM Disabilitas yang membutuhkan teknik ekstra dan penanganan khusus. Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan di Kota Trenggalek dengan sasaran adalah disabilitas tuna rungu yang memiliki UMKM jenis katering. Kegiatan dilakukan dengan cara hybrid learning yakni daring dan tatap muka secara langsung dengan pendekatan berbasis penyuluhan dan praktek secara langsung. Terdapat beberapa tahapan yang dilakukan yakni: pendalaman permasalahan, pengantar mengenai teknologi, praktek pembuatan sosial media, evaluasi dan hasil akhir. Hasil akhir dari kegiatan ini adalah pelaku UMKM dapat melakukan upgrading sosial media secara mandiri dengan teknik yang tepat dan efisien

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afrirudin, S. (2020). 5 Manfaat Pemasaran Melalui Media Sosial. Retrieved from iBrand website: https://ibrand.id/manfaat-pemasaran-melalui-media-sosial/

Christy, F. E. (2021). Jumlah UMKM di Indonesia. Retrieved from Tempo website: https://data.tempo.co/read/1111/jumlah-umkm-di-indonesia

Jauhari, M. N., & Purnaningrum, E. (2021). PELATIHAN BISNIS ONLINE BAGI KOMUNITAS DISABILITAS DIMASA PANDEMI COVID-19. Kanigara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, 1(2), 133–139. https://doi.org/https://doi.org/10.36456/kanigara.v1i2.4041

Kusumawardhani, D. A., & Purnaningrum, E. (2021). Penyebaran Pengguna Digital Wallet Di Indonesia Berdasarkan Google Trends Analytics. INOVASI, 17(2), 377–385. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29264/jinv.v17i2.8069

Nafah, H. K., & Purnaningrum, E. (2021). Penggunaan Big Data Melalui Analisis Google Trends Untuk Mengetahui Perspektif Pariwisata Indonesia di Mata Dunia. SNHRP, 3, 430–436.

Novandari, W., & Suliyanto, S. (2019). Efektivitas Program Pendampingan Kewirausahaan dan Program Pelatihan Berbasis Partisipatory Training Untuk Mendorong Kemandirian Ekonomi Bagi Komunitas Penyandang Disabilitas di Kabupaten Purbalingga. Darma Sabha Cendekia. https://doi.org/10.20884/1.dsc.2019.1.1.2182

Purnaningrum, E., & Ariqoh, I. (2019). Google Trends Analytics dalam Bidang Pariwisata. Majalah Ekonomi.

Purnaningrum, E., & Ariyanti, V. (2020). Pemanfaatan Google Trends Untuk Mengetahui Intervensi Pandemi Covid-19 Terhadap Pasar Saham Di Indonesia. Jurnal.Unipasby.Ac.Id.

Suprihati, Muhammad Tho’in, Sumadi, S. N. (2021). PENDAMPINGAN MANAJEMEN PEMASARAN BATIK CIPRAT KARYA PENYANDANG DISABILITAS. Jurnal Budimas.

Susilawati, I. (2016). Pemberdayaan Masyarakat Miskin Penyandang Disabilitas Melalui Pengembangan Industri Kreatif “Limbah Singkong” Di Kabupaten Ponorogo. Lentera.

Downloads

Published

2021-12-31

Issue

Section

Articles