Pendekatan Sales Booster Dan Marketing Dalam Upaya Optimalisasi Usaha Di Masa Pandemi Covid-19 Di Desa Dukuh Menanggal Kecamatan Gayungan Kota Surabaya Tahun 2021

 Abstract views: 88

Authors

  • Yuli Kurnia Firdausia
  • Sugijanto Sugijanto
  • Teguh Purwanto
  • Edy Sulistiyawan
  • Moch. Munir Rachman

DOI:

https://doi.org/10.36456/ekobisabdimas.2.2.4997

Keywords:

Sales Booster, Marketing, Optimalisasi Usaha, Pandemi Covid-19

Abstract

Mayoritas UMKM sebesar 82,9% merasakan dampak negatif dari pandemi ini dan hanya 5,9% yang mengalami pertumbuhan positif. Kondisi Pandemi ini bahkan menyebabkan 63,9% dari UMKM yang terdampak mengalami penurunan omzet lebih dari 30%. Hanya 3,8% UMKM yang mengalami peningkatan omzet. Beruntung dengan di era sekarang ini hidup kita sudah erat dengan globalisasi dan kemajuan yang pesat dalam bidang teknologi. Hal ini dikarenakan dengan kemudahan mengakses komunikasi yang dapat mengikis ruang dan waktu, sehingga orang dari seluruh dunia dapat berinteraksi dengan mudah melalui internet, termasuk interaksi jual beli antara penjual dan pembeli. Dengan menggunakan media sosial sebagai sales booster, para pelaku UMKM meningkatkan penjualan mereka. Kelurahan Dukuh Menanggal Kecamatan Gayungan Kota Surabaya, adalah salah satu wilayah kelurahan di kota Surabaya yang berada di jalan Dukuh Menanggal XII/6 Surabaya. Warga Dukuh Menanggal yang mempunyai pendapatan perkapita rendah juga mengakibatkan kemampuan Sumber Daya Manusia ( SDM ) menjadi rendah. Maka dari itu ada benarnya dilakukan pemberdayaan pedagang kaki lima dan para pelaku UMKM di Dukuh Menanggal. Hal ini menjadi latar belakang Fakultas Ekonomi dan Bisnis untuk menjadikan Desa Dukuh Menanggal Surabaya sebagai tempat untuk pengabdian masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Regina Ayu,Sherine,Uun ralita Dalam Artikel Penerapan Strategi Online Marketing UMKM Pada Era Normal Baru 2021

Kantor Kelurahan Dukuh Menanggal Kecamatan Gayungan Kota Surabaya

http://puslit.dpr.go.id ISSN 2088-2351 com/ekonomi/405511/realisasidan-serapan-program-pen-2021- dinilai-lebih-baik, diakses 18 Mei 2021.

“Rektor UI: Holding BUMN Ultra Mikro Berdayakan UMKM”, 7 Mei 2021, https://www. beritasatu.com/ekonomi/770899/ rektor-ui-holding-bumn-ultramikro-berdayakan-umkm, diakses 19 Mei 2021.

“Sederet Jurus Pemerintah Pulihkan UMKM di Masa Pandemi”, 28 April 2021, https:// www.cnbcindonesia.com/ news/20210428163320-4-41590/ sederet-jurus-pemerintahpulihkan-umkm-di-masapandemi, diakses 18 Mei 2021.

“Strategi Utama Pemerintah Menjaga Momentum Pemulihan Ekonomi 2021”, 6 Mei 2021,

https://www. kemenkeu.go.id/publikasi/ berita/strategi-utama-pemerintahmenjaga-momentum-pemulihanekonomi-2021, diakses 18 Mei 2021.

“UMKM Optimistis Kondisi Lebih Baik”, Bisnis Indonesia, 17 Mei 2021, hal. 1.

Downloads

Published

2021-12-31

Issue

Section

Articles